Search This Blog

Thursday, August 14, 2014

The Boy who Ate Stars


Judul : The Boy who Ate Stars
Pengarang : Kochka
Penerjemah : Rahmani Astuti
Tebal : 104 hlm
Cetakan : 1, 2008
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 
 
[cover.jpg]

                Buku ini tipis sekali, saking tipisnya saya langsung selesai membacanya sekali duduk dalam perjalanan naik transJogja yang hari itu padat sekali sampai perjalanan dari Malioboro ke Prambanan yang biasanya hanya 40 menit molor menjadi 2,5 jam (numpang curcol). Tapi, meskipun tipis, buku ini fokus sekali membahas tentang gejala autism secara lengkap dan (ini yang saya suka) sederhana. Tanpa dibuat rumit, penulis mencoba menjelaskan gejala rumit ini lewat sudut pandang Lucy yang berusia 12 tahun. Yang berarti, pembaca akan belajar tentang autisme lewat sudut pandang anak SD yang bukannya membosankan, tapi malah menyenangkan dan unik. Tidak perlu rumit-rumit, kadang yang sederhana malah lebih mengigit.

                Gejala autisme adalah sebuah keistimewaan dalam dunia psikologi. Orang-orang dengan autism hidup di dunia mereka sendiri, berpusar di planetnya sendiri. Sangat sulit untuk berkomunikasi dengan mereka, dan mereka sendiri juga jarang mau berkomunikasi dengan orang-orang di luar planernya sendiri. Kadang, sangat sulit untuk memahami anak istimewa seperti mereka, tetapi ketika mau mencoba memahami kondisi mereka, sesungguhnya mereka itu istimewa. Kisah hangat namun penuh pemahaman dalam buku tipis ini membuktikannya.

Lucy, seorang anak kecil berusia 12 tahun, menemukan Matthew, seorang penderita autism berusia 4 tahun yang kemudian menjadi temannya. Sebagai anak kecil, awalnya Lucy menganggap Matthew hanya anak nakal biasa yang tidak mau menurut kepada orang tuanya. Tapi, pelan dan pasti, ia menemukan bahwa Matthews berbeda, dia istimewa. Penjelasan dari Ibu Matthew tentang kondisi anaknya telah memunculkan pemahaman baru dalam diri Lucy. Sebuah pemahaman baru tentang autisme yang jauh lebih mudah dipahami ketimbang istilah-istilah kamus yang terlalu asing.

“Orang-orang autistik berbeda, mereka tidak terbuka terhadap orang lain, dan mereka menarik diri. Dunia tidak ada di luar diri mereka, dan hanya ada di dalam sana. Mereka hidup sendirian jauh di dalam dunia mereka, di dalam ruang yang tidak kita kenal sama sekali.” (hlm 38)

Seiring dengan semakin akrabnya persahabatan kedua anak ini, semakin Lucy menemukan hal-hal istimewa di dunia Matthew yang mungkin tidak akan dianggap ada oleh orang awam. Bahwa Tuhan tidak menciptakan sesuatupun dengan sia-sia di dunia ini. Bahkan Matthew pun terbukti memiliki fokus luar biasa, yang mengarahkannya untuk mengabaikan dunia luar, termasuk pesimisme, sehingga di penghujung buku ini, sebuah ending manis telah menanti. Benar-benar cerita yang menghangatkan hati.

Penggunaan sudut pandang anak-anak untuk menggambarkan kondisi anak-anak istimewa ini terbukti sangat berhasil dalam buku ini. Terutama ya itu, bisa menjelaskan gejala-gejala autisme secara sederhana dan tidak ribet. Pembaca akan belajar banyak dan mulai semakin memahami apa yang sebenarnya terjadi kepada anak-anak yang istimewa itu. Lucy juga masih menyimpan keajaiban anak kecil. Mereka cenderung memandang dunia dan orang-orang di dalamnya sebagai arena permainan, sama sekali tidak ada prasangka ataupun dugaan miring terhadap kondisi Matthews yang oleh orang-orang dewasa—yang tidak paham—dianggap sebagai anak bodoh. Lucy yang masih 12 tahun saja bisa, mengapa kita tidak?

5 comments:

  1. wah sepertinya menarik nih...memang lebih "membumi" bila kita memahami suatu situasi dari sudut pandang anak-anak...

    ReplyDelete
  2. Betul mas, lebih mudah baca ini ketimbang baca artikel di majalah atau surat kabar. Lewat cerita, kisahnya jd lebih menyentuh di hati.

    ReplyDelete
  3. Buku ini kira-kira masih ada di toko buku ga ya, Mas?

    ReplyDelete
  4. Sepertinya sudah ditarik Mbak, tp coba cari di sale biasanya ada.

    ReplyDelete