Search This Blog

Monday, January 18, 2016

[Review + Pengumuman Pemenang Giveaway] Andy F. Noya: Kisah Hidupku



  
    


 Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan tokoh yang satu ini. Sejak pertama kali menyapa pemirsa MetroTV dalam acara Kick Andy yang sangat segar dan inspiratif, nama Andy F. Noya langsung melejit di tanah air. Tentu bukan saja karena acara TV-nya yang banyak mengundang simpati penonton, namun juga karena gerakan positif yang digagasnya untuk masyarakat, mulai dari mendirikan yayasan untuk membuat kaki palsu hingga membagikan doorprize berupa buku kepada setiap penonton yang hadir dalam acara Kick Andy. Dari sini, penonton jadi tahu kalau tokoh yang satu ini memiliki pandangan yang jauh ke depan serta sangat mendorong generasi muda dalam berbuat positif dan baik. Mengenal dan membaca kehidupan beliau tentu akan menjadi pembelajaran yang sangat berharga.

"Buku ini bercerita apa adanya. Menjadi salah satu contoh bagaimana kesuksesan dan masa depan gemilang terbuka bagi siapa pun, asal diperjuangkan dengan kerja keras, tuntas, dan jeli melihat celah kesempatan." (Pengantar oleh Jakob Oetama, hlm vii)

                Dalam buku Andy Noya: Kisah Hidupku ini, pembaca akan diajak mengenal sosok Andy Flores Noya, mulai dari kecil hingga menjadi tokoh jurnalis keren seperti saat ini. Dibuka dengan pengantar oleh dua tokoh press ternama negeri ini, Jakob Oetama dan Surya Paloh, pembaca serasa diajak langsung oleh Bung Andy untuk mundur ke belakang ke masa kecilnya. Bagi saya, membaca bagian awal buku ini terasa banget betapa keras dan beratnya kehidupan Bung Andy sejak kecil, terutama sejak kedua orang tuanya bercerai. Saat di Surabaya, Bung Andy kecil bahkan pernah menjadi anak jalanan (bukan anak jalanan ala Stevan William lho). Tapi, sering kali, tempaan dari ketasnya kehidupan akan membentuk manusia berjiwa permata seperti bung Andy ini.

"Ada jurang yang dalam antara yang miskin dan yang kaya. Mereka yang miskin seakan tidak mendapat tempat dan juga kehilangan hak bersuara. Jangan berharap suara Anda didengar jika Anda miskin. Kemiskinan juga meniadakan penghargaan atas nilai-nilai kemanusiaan." (hlm. 53)

                Jika separuh pertama terasa banget muramnya, maka di separuh terakhir pembaca akan diajak menelurusi kehidupan professional seorang Andy F Noya yang sesungguhnya. Menjadi jurnalis merupakan cara Semesta menempatkan sang putra pilihannya ini. Pindah ke Jakarta sepertinya adalah titik awal dari bandul nasib yang segera mengangkatnya sebagai salah satu putra terbaik negeri ini. Di sini, pembaca akan diajak menelusuri dunia wartawan yang dijalaninya, mulai dari menjadi jurnalis dan pimpinan Media Indonesia, ketika dia ‘dipinjamkan’ ke Seputar Indonesia; Bung Andy menunjukkan ketegasan dan prinsip jurnalismenya. Termasuk ketika dia ‘mengakali” seorang jajaran petinggi ABRI di masa Orde Baru karena liputannya dirasa dapat mengusik Pak Harto. Juga, ketegasannya saat memimpin redaksi Metro TV. Ada banyak cerita di balik layar yang mungkin akan membuat pembaca terperangah sekaligus mendapat pengetahuan serta pengalaman baru. Sungguh, sangat jarang hal-hal seperti ini diungkap di depan khayalak kecuali sedikit. Buku ini salah satu dari yang sedikit itu.

                Dengan kecerdasan, ketegasan, dan juga pengalamannya; hidup pria ini menjadi sesuatu yang sangat kaya.Satu hal yang dapat diambil dari buku ini, Andy F. Noya adalah seorang anak yang bandel di masa remajanya, namun tetap bandel di masa dewasanya; tentunya bandel di sini dalam artian yang positif. Membaca buku ini akan sangat memberi inspirasi dan motivasi kepada para pembaca muda bahwa masa depan adalah kita yang tentukan, dan Bung Andy telah menunjukkan betapa masa depan yang gemilang selalu dapat dicapai oleh mereka yang mau berusaha dan pantang menyerah. Demikian pula kepada para pembaca dewasa, buku ini seperti menampar kita bahwa tidak pernah ada kata telah untuk berbuat kebaikan, apa pun. Andy F. Noya melalui keberadaan dirinya telah menunjukkan betapa besarnya kekuatan yang dimiliki seseorang yang bertekad mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik. Bung Andy bisa, kita niscaya juga bisa!

Setelah membaca semua jawaban, saya rasa buku pilihan mas Ahmad Rosyid Mustaghfirin ini adalah yang paling cocok untuk diangkat dalam acara Kick Andy. Selamat ya, Mas. Akan segera saya hubungi via Twitter.

Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
Domisili : Yogyakarta
Akun Twitter : @ahmadrosyidmus
Link Shara : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/689252048877948928


Saya merekomendasikan buku “Inspirasi Dari Gayo” untuk dibagikan oleh program Kick Andy.

Buku ini merupakan kumpulan artikel tentang sosok penyuluh dan petani inspiratif dari Datran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, yang ditulis oleh Fathan Muhammad Tufiq, seorang penulis yang tulisannya sudah banyak dimuat di surat kabar. Buku pertama dari dua seri buku tentang penyuluhan, pertanian dan ketahanan pangan di Dataran Tinggi Gayo yang merupakan buku yang sudah digarap oleh Fathan M Taufiq ini berisi kisah tentang sosok penyuluh dan petani inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis yang mengangkat kiprah dan geliat pembangunan sektor pertanian di daerahnya sendiri, yang sangat jarang sekali penulis mengangkat hal yang demikian itu ke media masa. Menurutnya, kebanyakan penulis hanya mengangkat Gayo dengan fokus kepada sektor budaya dan kopi saja, karena kedua hal tersebut yang paling menonjol di tanah Gayo. Padahal sebenarnya masih banyak potensi lain yang layak diangkat ke permukaan yang selama ini tidak diketahui publik. Celah itulah yang diangkat oleh Fathan M Taufiq untuk mulai menulis, termasuk tulisan-tulisan dalam buku yang ia terbitkan kali pertama ini (menurut tulisan yang saya kutip dari akun Fathan Muhammad Taufiq di akun Kompasiananya).

Tujuan Fathan M Taufiq menuliskan artikel-artikel tentang keunikan Dataran Tinggi Gayo ini adalah agar dapat memberikan informasi yang inspiratif bagi pembacanya. Begitu juga dengan buku “Insirasi Dari Gayo” yang ia terbitkan berusaha menginformasikan sosok-sosok yang sangat inspiratif di Gayo, terdiri dari penyuluh dan petani yang selalu bergeliat memajukan pembangunan sektor pertanian di sana. Dalam buku ini ada kisah pelopor budidaya jamur tiram di Gayo. Ada juga penyuluh yang memanfaatkan limbah jadi pupuk cair. Ada yang berhasil mengembangkan kedele. Juga, penyuluh perempuan dan kelompok pertanian perempuan yang mengolah limbah menjadi pupuk. Bahkan, sosok pertanian inspiratif dari Gayo ini sempat diliput dan ditayangkan SCTV, beberapa waktu yang lalu. Banyak kisah-kisah inspiratif lainnya, mulai dari muda sampai yang sudah berusia senja (73 tahun) (dikutip dari lintasgayo.co). Hingga akhirnya bukunya ini mendapatkan respon dan apresiasi dari para petinggi di kabupaten Aceh Tengah, seperti Bupati Aceh Tengah, Kepala Dinas Pertanian Aceh, Sekretaris daerah Kabupaten Aceh Tengah, Staf Ahli Bupati Aceh Tengah, Kepala Dihubkominfo, Kepala bagian Perekonomian Setdakab.

Selain saya merekomendasikan buku “Inspirasi Dari Gayo” ini untuk dibagikan, saya juga berharap semoga penulis dari buku ini, yaitu Fathan Muhammad Taufiq, bisa diundang di acara Kick Andy. Harapan saya ini beralasan agar pembangunan pertanian di Gayo bisa menginspirasi petani-petani dan para penyuluh di daerah-daerah Indonesia. Namun sayangnya, buku ini menurut penulisnya yang diutarakan di akun Kompasiananya, memaparkan bahwa bukunya ini hanya diterbitkan sejumlah 500 eksemplar. Tapi hal ini justru bisa menjadikan program Kick Andy turut berapresiasi untuk menyebarkan buku ini agar penerbit juga bisa memperbanyak cetakannya lagi, mungkin pada cetakan ke-2, mengingat buku ini yang inspiratif dan mengangkat salah satu sektor utama pembangunan di Indonesia, yaitu pertanian.


Terima kasih buat teman-teman yang sudah meramaikan. Bagi yang belum beruntung, masih bisa ikutan kok giveaway selanjutnya di Blog Kak Ridho. Nantikan blogtour selanjutnya di bulan Februari 2016. Satu kumcer 'Reruntuhan Musim Dingin' karya Sungging Raga berikut ini mungkin bakal jadi milik kamu.

18 comments:

  1. Nama:Desty
    Kota domilisi:Palopo, Sulawesi Selatan
    Twitter/Facebook/Email: @destinugrainy/ Pauline Destinugrainy/ destinugrainy[at]gmail[dot]com

    Share : https://twitter.com/destinugrainy/status/688979467239174145

    Jawaban kamu:
    Saya mau merekomendasikan buku novel Di Tanah Lada karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Novel ini tentang kehidupan anak yang mengalami perlakuan tidak menyenangkan dari orang tua. Yang menarik karena novel ini diceritakan dari sudut pandang anak kecil, hal yang jarang dijumpai di novel-novel tentang KDRT. Dan juga novel ini menang juara 2 Sayembara Menulis Dewan Kesenian Jakarta.

    ReplyDelete
  2. Nama: Sylvia L'Namira
    Domisili: Depok
    Twitter: @sylnamira / FB: Sylvia L'Namira / Email: aku.syl@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/SylNamira/status/688986235457638400
    Jawab:
    Buku Kambing & Hujan: Sebuah Roman by Mahfud Ikhwan. Why? Karena sekarang sudah enggak ada lagi buku roman yang bagus, yang bisa dijadikan bahan bacaan wajib seperti jaman dulu: Siti Nurbaya, Layar Terkembang, dll.

    Roman pemenang pertama Sayembara Menulis Novel Dewan Kesenian Jakarta tahun 2014 ini, mungkin bisa dijadikan bacaan wajib dan memperkaya wawasan remaja yang sedang digempur oleh banyaknya teenlit dan novel ala k-pop.

    ReplyDelete
  3. Nama: Kristi Lingga
    Kota domilisi: Medan
    Twitter/Facebook/Email (salah satu saja):@kristi_lingga

    Buku yang saya rekomendasiin yaitu "Ketika Ibu Melupakanku" by Dy Suharya & Dian Purnomo

    Buku ini istimewa, karena ditulis penuh cinta dan hormat oleh seorang anak kepada ibundanya. Istimewa, karena pengalaman DY membuka wawasanku akan Alzheimer , kesulitan yang dihadapi dan bagaimana cara menyikapinya. Istimewa karena buku ini jauh dari kesan membosankan, padahal sedang menyinggung tentang Alzheimer, penyakit serius yang belum banyak dikemas dalam bentuk novel.

    Membaca buku ini, saya seolah sedang membuka halaman demi halaman buku harian seorang DY Suharya. Bahasa yang dipakai juga ringan, namun tidak terlalu berkesan "buku harian banget".


    Air mata haru sempat menetes saat saya membaca bab 'Jurnal Kesehatan dan Kasih Sayang'. Bab ini benar-benar menyentuh, saya merasa terhubung dengan perasaan DY dan keluarga. Setiap bab yang ada dalam Ketika Ibu Melupakanku mengajarkan saya untuk selalu perhatian dan waspada dengan segala perubahan perilaku yang dialami orang-orang sekitar kita, utamanya orang terkasih. Seringkali kita menyepelekan ingatan orang tua kita yang tak lagi tajam, menganggapnya sebagai pikun biasa. Namun bila kita tak menajamkan kepekaan, bukan tidak mungkin rasa penyesalan akan menghantui seumur hidup, seperti yang dirasakan DY.

    Membaca buku ini juga seperti diingatkan kembali bahwa sebagai manusia harus senantiasa rendah hati dan berbakti pada orangtua. Semaju apapun karirmu, setinggi apapun pendidikanmu, semua pasti ada berkat doa dan restu kedua orangtua, terutama ibu.

    Saya suka sekali, niat DY yang diungkap dalam bukunya, berusaha sebagai manusia yang sebaik-baiknya,karena membawa rahmat dan kesejahteraan bagi semua orang memang penting, tapi akan lebih baik kalau mendahulukan orangtuamu sendiri yang ternyata lebih perlu bantuan.

    Buku yang menghangatkan hati, dan wajib dibaca semua orang !

    ReplyDelete
  4. Nama: Tri
    Domisili: Ciamis
    Twitter: @tewtri

    Buat saya buku Blogging: Have Fun and Get the Money dari Carolina Ratri cocok banget. Karena yang menonton Kick Andy dari semua usia yah kalau saya lihat-lihat, sudah begitu juga di dominasi oleh anak-anak muda. Dan di tahun serba teknologi, di mana semua tangan dapat menggenggam gadget sekaligus internet. Rasa-rasanya ngeblogging bukanlah hal yang 'kaku' lagi serta akan sangat baik, berprospek, pun membanggakan bila generasi-generasi ini bukan hanya memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai hiburan belaka tapi mampu 'menghasilkan'. Mengoleksi rupiah melalui blog sendiri sudah cukup ngetren dan buku ini pasti bisa membimbing dengan baik khususnya buat para pemula. Really recommended lah.

    ReplyDelete
  5. Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
    Domisili : Yogyakarta
    Akun Twitter : @ahmadrosyidmus
    Link Shara : https://twitter.com/ahmadrosyidmus/status/689252048877948928

    Saya merekomendasikan buku “Inspirasi Dari Gayo” untuk dibagikan oleh program Kick Andy.

    Buku ini merupakan kumpulan artikel tentang sosok penyuluh dan petani inspiratif dari Datran Tinggi Gayo, Aceh Tengah, yang ditulis oleh Fathan Muhammad Tufiq, seorang penulis yang tulisannya sudah banyak dimuat di surat kabar. Buku pertama dari dua seri buku tentang penyuluhan, pertanian dan ketahanan pangan di Dataran Tinggi Gayo yang merupakan buku yang sudah digarap oleh Fathan M Taufiq ini berisi kisah tentang sosok penyuluh dan petani inspiratif dari Dataran Tinggi Gayo. Hal yang menarik dari buku ini adalah penulis yang mengangkat kiprah dan geliat pembangunan sektor pertanian di daerahnya sendiri, yang sangat jarang sekali penulis mengangkat hal yang demikian itu ke media masa. Menurutnya, kebanyakan penulis hanya mengangkat Gayo dengan fokus kepada sektor budaya dan kopi saja, karena kedua hal tersebut yang paling menonjol di tanah Gayo. Padahal sebenarnya masih banyak potensi lain yang layak diangkat ke permukaan yang selama ini tidak diketahui publik. Celah itulah yang diangkat oleh Fathan M Taufiq untuk mulai menulis, termasuk tulisan-tulisan dalam buku yang ia terbitkan kali pertama ini (menurut tulisan yang saya kutip dari akun Fathan Muhammad Taufiq di akun Kompasiananya).

    Tujuan Fathan M Taufiq menuliskan artikel-artikel tentang keunikan Dataran Tinggi Gayo ini adalah agar dapat memberikan informasi yang inspiratif bagi pembacanya. Begitu juga dengan buku “Insirasi Dari Gayo” yang ia terbitkan berusaha menginformasikan sosok-sosok yang sangat inspiratif di Gayo, terdiri dari penyuluh dan petani yang selalu bergeliat memajukan pembangunan sektor pertanian di sana. Dalam buku ini ada kisah pelopor budidaya jamur tiram di Gayo. Ada juga penyuluh yang memanfaatkan limbah jadi pupuk cair. Ada yang berhasil mengembangkan kedele. Juga, penyuluh perempuan dan kelompok pertanian perempuan yang mengolah limbah menjadi pupuk. Bahkan, sosok pertanian inspiratif dari Gayo ini sempat diliput dan ditayangkan SCTV, beberapa waktu yang lalu. Banyak kisah-kisah inspiratif lainnya, mulai dari muda sampai yang sudah berusia senja (73 tahun) (dikutip dari lintasgayo.co). Hingga akhirnya bukunya ini mendapatkan respon dan apresiasi dari para petinggi di kabupaten Aceh Tengah, seperti Bupati Aceh Tengah, Kepala Dinas Pertanian Aceh, Sekretaris daerah Kabupaten Aceh Tengah, Staf Ahli Bupati Aceh Tengah, Kepala Dihubkominfo, Kepala bagian Perekonomian Setdakab.

    Selain saya merekomendasikan buku “Inspirasi Dari Gayo” ini untuk dibagikan, saya juga berharap semoga penulis dari buku ini, yaitu Fathan Muhammad Taufiq, bisa diundang di acara Kick Andy. Harapan saya ini beralasan agar pembangunan pertanian di Gayo bisa menginspirasi petani-petani dan para penyuluh di daerah-daerah Indonesia. Namun sayangnya, buku ini menurut penulisnya yang diutarakan di akun Kompasiananya, memaparkan bahwa bukunya ini hanya diterbitkan sejumlah 500 eksemplar. Tapi hal ini justru bisa menjadikan program Kick Andy turut berapresiasi untuk menyebarkan buku ini agar penerbit juga bisa memperbanyak cetakannya lagi, mungkin pada cetakan ke-2, mengingat buku ini yang inspiratif dan mengangkat salah satu sektor utama pembangunan di Indonesia, yaitu pertanian.

    ReplyDelete
  6. Nama: Cahya
    Domisili: Palembang
    Twitter: @chynrm
    Link share: https://twitter.com/chynrm/status/689442933200723969

    3 Sisi Susi. Alasannya karena acara di Kick Andy itu kan biasanya ngundang tokoh-tokoh berjasa atau unik dan juga suka membagikan buku-buku yang inspiratif, kebanyakan yang kutahu sih buku yang membahas seseorang. Jadi menurutku buku 3 Sisi Susi adalah buku yang cocok untuk dibagikan di sana karena berisi tentang perjalanan hidup menteri Susi Pudjiastuti yang dulunya cuma lulusan SMP tapi bisa mandiri membangun usaha sendiri dari nol hingga sukses seperti sekarang. Even better kalau tokohnya sendiri, Ibu Susi, yang bisa hadir ke acara tersebut membagikan pengalamannya kepada orang banyak. ^^

    ReplyDelete
  7. nama: Ulfa Nursyifa
    domisili: Purwakarta, Jawa Barat
    twitter: @ulfaminha

    menurutku buku NO EXCUSE karya Isa Alamsyah. Kenapa? secara program Kick Andy adalah program yang inspiratif, program yang dapat memberikan motivasi kepada penontonnya, Nah buku NO EXCUSE ini cocok untuk dibagikan. Sesuai judulnya, buku ini berisi tentang pengalaman orang-orang hebat yang tidak menjadikan alasan 'kelemahan yang mereka miliki' menjadi sebuah ketidakberdayaan . intinya, buku ini membuat seseorang tidak memiliki alasan untuk tidak bahagia, mengeluh, apalagi menyerah. So, buku ini layak dibaca semua orang.

    ReplyDelete
  8. Nama: Amilah Rahmatunnisa
    Kota domilisi: Jakarta Timur
    Twitter/Facebook/Email (salah satu saja): @RnMilaa

    Jawaban kamu:


    Haloo kak dion ikutan giveawaynya yaa

    Sebenarnya ada beberapa buku yang ingin aku rekomendasikan untuk dibagikan di acara populer Kick Andy. Tapi yang disuruh hanya satu. Akhirnya aku berhasil memilih satu buku yang layak dibagikan dan di share ke semua orang:)

    AYAT-AYAT CINTA 2
    KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

    Kenapa buku ini layak untuk dibagikan? Karena aku yakin semua orang pernah tau ataupun pernah menonton film ayat-ayat cinta yang fenomenal dan berkesan. Untuk itu saat novel yang kedua ini membuka pre order, aku langsung memesannya karena aku penasaran bagaimana kelanjutan kisah cinta Fahri dan Aisha. Aku yakin banyak juga diantaranya yang penasaran dengan kisah mereka berdua. Tak hanya itu ayat-ayat cinta juga memberikan banyak pelajaran hidup khusunya kepada orang islam bagaimana cara menghadapi musibah yang datang dan juga cobaan yang berat dalam hidup ini & pelajaran-pelajaran hidup lainnya. Ayat-Ayat Cinta 2 sangat layak di bagikan di acara Kick Andy kepada semua orang karena buku ini menceritakan tentang bagaimana keadaan umat islam yang merupakan minoritas di negara Skotlandia. Di dalam novel ini Juga ada romantisme, perjuangan dan konflik. Bagaimana Fahri menunjukkan wajah Islam yang lembut, damai, penuh kasih, toleran, dan rahmatan lil alamin kepada orang-orang di Edinburgh. Aku merasa novel ini perlu dibagikan kepada semua orang. Agar semakin menguatnya rasa bangga menjadi umat islam, dan aku yakin novel ini adalah novel pengembangan diri dan dapat memotivasi banyak orang. Bahkan novel ini juga dapat merubah mindset seseorang. Aku juga pernah mendengar bahwa novel ini membuat seseorang menjadi sarjana. Aku sangat merekomendasikan novel ini dibagikan ke orang banyak di acara Kick Andy. Bukan hanya hal di atas saja. Aku ingin semua orang dapat membaca novel ini dan semakin terarah kehidupannya. Juga memiliki pikiran positive. Karena jujur aku sendiri pun sangat menyukai novel ini karena novel ini memberikan banyak motivasi & perubahan ke arah yang lebih baik. Terutama ke arah sang pencipta yaitu, Allah SWT. Aku rasa novel ini sangat sayang kalau dilewatkan. Karena benar-benar menginspirasi :)

    "Ini bukan sekedar novel, tapi sebuah cita-cita dan pemikiran besar!
    - Prof. Dr.Yunahar Ilyas,waketum MUI



    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Nama: Kitty
    Kota domilisi: Jakarta
    Twitter: @womomfey
    Link Share: https://twitter.com/WoMomFey/status/689912390687686656

    Jawaban kamu:

    Menurut saya buku yang layak dibagikan dalam acara Kick Andy adalah Stand Strong karya Nick Vujicic. Siapa yang tidak mengenal Nick Vujicic? Seorang pria tanpa tangan dan kaki nampaknya begitu rapuh dan patut dikasihani, namun ia sanggup mematahkan semua paradigma tersebut dan membuktikan bahwa tanpa tangan dan kaki pun ia sama NORMALnya dengan pria lain. Ia tumbuh sebagai pribadi yang luar biasa dan bahkan akhirnya menjadi motivator handal yang telah banyak membantu orang lain memiliki kepercayaan dirinya kembali!

    Dalam buku ini dikisahkan bagaimana Nick mengalami berbagai “bullying” karena perbedaan yang ia miliki, namun pada akhirnya ia mampu membangun sebuah sistem pertahanan bullying yang membuatnya menang atas bullying yang menimpanya. Buku ini mendorong kita agar dapat keluar dari semua bullying yang mungkin saat ini sedang menimpa kita dengan berbagai tips dan cara mengatasinya.Buku ini juga menegaskan bahwa tidak cukup hanya keluar dari bullying, kita pun WAJIB membantu siapapun yang berada dalam kondisi ter-bully!

    Buku ini sangat baik dibaca oleh penonton Kick Andy untuk menyadarkan kembali konsekuensi serius akan bullying yang kerap terjadi dalam masyarakat kita. Buku ini cocok untuk semua kalangan baik itu pelajar, mahasiswa, praktisi pengajar/pendidik/guru, orang tua dan kita semua.

    ReplyDelete
  11. Nama : Nur Isnaini
    Kota Domisili : Semarang
    Twitter : @is_nhaa (https://twitter.com/is_nhaa)

    Salah satu buku yang tepat dibagi di acara kick andy adalah buku Personality Plus karangan Florence Littauer.
    Dalam buku tersebut kita dituntun untuk memahami orang lain dengan memahami diri sendiri, yakni memahami kelebihan dan kekurangan diri kita sendiri. Dengan begitu kita dapat memahami dunia dan manusianya, kita dapat memperlakukan manusia dengan manusiawi sesuai dengan kepribadian orang masing-masing sesuai dengan prinsip bahwa setiap manusia adalah unik. Dengan begitu, hubungan yang lebih baik akan terjadi dan dapat meningkatkan rasa saling percaya serta meningkatkan sinergisitas dalam hubungan
    Buku ini layak dibaca oleh semua kalangan, baik itu anak muda, dewasa, maupun orang tua. Karena pembelajaran pemahaman orang lain itu tidak berhenti pada usia tertentu. Anak muda butuh memahami bagaimana karakter kawan-kawannya, orang dewasa butuh memahami rekan kerja dan pasangannya, dan orang tua butuh memahami bagaimana karakter anak-anaknya. Dengan pemahaman tentang orang lain dan diri kita sendiri, kehidupan ini akan terasa indah sehingga bisa menginspirasi orang lain. Tanpa kedamaian dalam diri sendiri,kita akan sulit menginspirasi orang lain, dan mungkin malah bisa saja membenci orang lain dengan karakter yang berbeda atau iri hati kepada orang lain yang karaternya melebihi kita.
    meskipun seiring dengan perkembangan zaman, telah banyak dikenal tidak hanya empat kepribadian seperti yang disebutkan pada buku ini, namun tidak pemahaman awal tentang untuk karakter manusia, buku ini masih tetap recomended

    ReplyDelete
  12. Nama: Arie Hendrawan
    Domisili: Semarang
    Akun Twitter: @ArieHendrawan5
    Link Share: https://twitter.com/ArieHendrawan5/status/689825967779360768

    Saya merekomendasikan buku “Mengubah Dunia” karya David Bornstein yang merupakan kumpulan epos dari para wirausahawan sosial (socialpreneur) di berbagai belahan bumi. Mengapa? Sebab, buku tersebut akan banyak menyuguhi kita dengan harapan, bahwa sebenarnya di dunia ini masih ada orang-orang yang berjiwa “altruis”.

    Banyak tokoh di dalam buku tersebut yang tidak hanya memiliki rasa simpati tinggi, tetapi juga mempunyai inovasi-inovasi sosial brilian. Jadi, pembaca buku akan ikut merasakan aura volunterimse yang dipadukan dengan berbagai gagasan cerdas, mulai dari bidang teknologi, kesehatan, sampai pada bidang pendidikan.

    Sederhananya, buku “Mengubah Dunia” —tidak akan tidak— pasti akan menggerakan hati para penonton “Kick Andy” untuk berani menjadi pionir perubahan, salah satunya dengan cara berperan sebagai seorang wirausahawan sosial. Sebab, untuk memantik perubahan, tidak bisa hanya dilakukan dengan menonton. Kita harus berani berAKSI!

    Terakhir, saya ingin mengutipkan sebuah kalimat ajaib dari para socialpreneur, “Dream it! Do it! Grow it!”. Kita hidup di dunia ini memang bukan untuk melakukan apa saja, tetapi untuk melakukan suatu hal dan membuatnya menjadi luar biasa. Semoga buku tersebut benar-benar dapat dibagikan dalam acara “Kick Andy”. Semoga.

    ReplyDelete
  13. Nama : Hayfa Amirah
    Kota/Domisili : Depok, Jawa Barat
    Twitter : @amirahayfa

    Menurutku, buku yang layak dibagikan dalam acara Kick Andy adalah buku karya Wahyu Aditya, yang berjudul 'Kreatif Sampai Mati!' Karena menurut saya, buku ini dapat memotivasi para generasi muda agar dapat berpikir kreatif dan bergerak ke luar garis aman. Bahwa kreatif bukan sesuatu yang buruk. Kreatif adalah cara pandang sekaligus cara untuk bertahan hidup. Dibawakan dengan konsep yang ringan dan penuh gambar, akan tetapi sarat akan makna. Buku ini menunjukkan bahwa tindakan kreatif dapat menunjukkan impact yang nyata bagi masyarakat banyak. Serta banyak cerita cerita inspiratif mengenai susah sedihnya membangun suatu usaha di bidang industri kreatif, berpikir positif, dan lain lain. Buku ini benar-benar super, deh! Sangat cocok untuk para generasi muda dan sayang untuk dilewatkan begitu saja :)

    ReplyDelete
  14. Nama: Amilatun Sakinah
    Kota domilisi: Yogyakarta
    Twitter: @amilatunS
    Link Share: https://twitter.com/amilatunS/status/690902893877075970

    Jawaban kamu:

    Buku yang menurut saya asyik dan layak dibaca banyak orang adalah How to Master Your Habits karya Felix Siauw. Isinya jujur, dimana buku itu membuka pikiran simpel bahwa perubahan kebiasaan itu nggak perlu neko-neko. Sentilan-sentilan dalam bukunya juga membuat kata, "O, iya, ya," keluar berkali-kali. Ilustrasi dalam bukunya juga menarik, jadi betah pegang bukunya, hihi. Dengan ukuran yang pas juga, isinya oke, bisalah jadi 'toleransi' bagi yang belum jatuh cinta sama buku. :)

    ReplyDelete
  15. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Kota Domisili : Medan
    Twitter : @n0v4ip
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/690902594495975424

    Saya merekomendasikan 365 Ideas of Happiness karya Nurilla Iryani. Kenapa buku ini layak untuk dibagikan di Kick Andy Show??? Karena menurut saya buku ini inspiratif. Kita didorong dan dimotivasi untuk melakukan hal-hal baru, menemukan ide-ide yang bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya yang tentunya positif dan bermanfaat. kita didorong untuk berinovasi dan juga diberi arahan agar kita tidak melulu menerima apa yang ada, kita juga bisa membuat sesuatu yang bermanfaat. Dan buku ini layak untuk dibaca terutama bagi para anak muda yang mungkin saat ini butuh pencerahan (seperti saya contohnya.. :D). Dan pastinya jika buku ini dikupas ala Andy F Noya, pastinya isi buku ini akan jauh lebih dieksplor lagi. Karena tidak menutup kemungkinan, beberapa ide yang disajikan dalam buku ini, bisa saja dipraktekan secara langsung oleh seorang Andy. Pasti menarik sekali ketika melihat seorang Andy melakukan salah satu dari ide-ide dalam buku tersebut... :D

    Terima kasih kak ^^

    ReplyDelete
  16. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Domisili : Jember
    Akun twitter : @Agatha_AVM

    Aku rekomendasikan dan pantas banget kalau dibagiin di acara Kick Andy adalah Yang Sulit Dimengerti Adalah Perempuan. Buku ini tidak hanya menyajikan tentang kisah romance tetapi juga berbagai kisah yang terjadi di Pinrang, Sulawesi Selatan tempat kelahiran si penulis sendiri dan bagaimana kehidupan mahasiswa yang kritis dan peduli akan demokrasi. Tidak hanya menitikberatkan bagaimana seorang pria harus memahami segala tingkah laku dan perasaan perempuan, kita juga diajak bahwa sebenarnya dalam hidup kita harus terus berjuang. "Cinta itu harus memiliki. Untuk apa jatuh cinta kalau tidak memiliki."
    Egois sih kedengarannya, di lain sisi pernyataan itu benar adanya. Percuma kan kalau kita mengingini sesuatu dan berusaha sekuat tenaga tapi tidak bisa mendapatkannya. Usaha dan doa pun harus kuat. Buku ini mengulas betapa kelamnya sebuah cerita history di balik cinta yang mulai bersemi. Di buku ini juga sedikit mengulik kebijakan pemerintah dan politik menurutku. Jadi, aku dukung 100 persen kalau buku ini dibagikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengarang Fitrawan Umar
      Penerbit Exchange

      Delete