Search This Blog

Tuesday, November 12, 2013

#5BukuDalamHidupku Buku Dale Carnegie Bikin Saya Cerewet



Judul Buku : Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain
Penulis : Dale Carnegie
Alih Bahasa : Nina Fauzia N.S
Penyunting : Dr. Lyndon Saputra
Cetakan : pertama, 1995
Halaman : 382 hlm
Penerbit : Binarupa Aksara




                Banyak orang mengaku telah diubah setelah membaca buku ini. Saya bukannya ikut-ikutan, tapi jujur saya adalah salah satu pribadi yang telah diubah dengan membaca buku ini. Pertama kali saya membaca Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain pada sekitar tahun 2002, masa-masa awal saya masuk ke bangku kuliah dan diperkenalkan dengan "perpustakaan yang sebenarnya". Sejak remaja, saya adalah pelahap buku yang giat mengunyah semua jenis bacaan. Apapun saya lahap selama itu berbentuk kata dan kalimat. Sayangnya, kondisi keuangan kala itu masih sangat pas-pasan untuk saya bisa membeli buku. Jangankan beli buku, uang untuk transport kampus-rumah saja nge-pas (3 tahun saya kuliah naik sepeda bolak-balik sekitar 14 km). Karena tidak ada uang, jadilah perpustakaan kampus UPT UNY jadi sasaran. Dan, buku Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain ini adalah salah satu buku nonfiksi non pelajaran yang saya baca.
               
                Tahun 2000-an adalah masa-masa booming buku psikologi populer. Karena saya termasuk orang yang mudah terseret arus, saya kemudian mencoba mencari bacaan yang memang sedang populer saat itu, dan jadilah buku ini sampai di tangan saya. Lembar demi lembar buku ini telah mengubah cara pandang saya terhadap apa itu buku. Masa SMP dan SMA saya diwarnai oleh majalah dan tabloid, dan bayangan saya tentang buku nonfiksi adalah buku-buku selain novel, yakni buku pelajaran. Buku Dale Carnegie ini seperti sebuah gerbang yang menyadarkan saya bahwa buku itu beragam, bahwa sebuah buku serius juga bisa dinikmati dan dibaca sambil santai, serta dipraktikkan. Tema-tema psikologi yang semula saya kira berat langsung dijungkir balikkan lewat cara menulis Carnegie yang akrab dan ramah. Sebagaimana judulnya yang berembel-embel “mencari kawan”, buku ini ternyata juga cenderung berkawan dengan pembaca, membuat pembaca betah. Dan, lebih dari itu, buku ini mengajak pembacanya untuk bertindak aktif dan bukan sekadar membaca pasif.
               
                Efek terbesar yang ditimbulkan oleh buku ini adalah saya bertindak. Buku ini benar-benar menyemangati saya untuk mau mengubah cara pandang kita terkait hubungan dengan orang lain. Sebelumnya, saya termasuk orang yang cenderung pendiam dan introvert. Jangankan menyapa teman baru, dengan teman sekelas namun kurang akrab saja saya susah nyambungnya. Dale Carnegie menyelamatkan saya. Beliau membedah dan menyodorkan fakta-fakta terkait hubungan personal. Salah satunya yang masih saya ingat adalah “bahwa setiap orang ingin disapa duluan.” Egoisme dalam diri kitalah yang membuat kita enggan menyapa orang lain. Kita inginnya orang lain yang menyapa kita karena ini menjadi tanda bahwa orang lainlah yang butuh bicara dengan kita, bukan sebaliknya. Dan, hal ini ternyata keliru menurut Carnegie.
               
                Bagi Carnegie, orang-orang yang mau mengambil inisiatif dan berbesar hati untuk menyapa orang lain terlebih dahulu adalah orang-orang yang berjiwa besar. Memulai pembicaraan bukanlah tanda kerendahan, melainkan tanda kemuliaan karakter seseorang. Kita tahu setiap orang ingin disapa duluan. Kita tahu rahasia ini. Maka, orang yang menyapa duluan-lah sebenarnya yang lebih tinggi nilainya. Masih banyak lagi hal yang saya dapatkan dalam buku ini, tentang debat yang lebih sering mendatangkan rasa puas diri alih-alih kebenaran, tentang cara-cara untuk bisa “dianggap hangat” di berbagai lingkungan, tentang dorongan untuk selalu menjalin persahabatan dengan orang-orang baru. Belajar mendengarkan, itu juga pelajaran paling utama dalam buku ini. Masih banyak lagi hal-hal terkait relasi antar-insan yang terjabarkan dengan begitu ramahnya dalam buku ini. 



                 Percaya atau tidak, membaca Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain telah menjadikan saya pribadi yang lebih hangat, lebih ceria, lebih ramah, dan juga lebih dewasa. Yang jelas, saya menjadi jauh lebih cerewet (dalam arti positif tentunya) setelah membaca buku yang konon disebut sebagai salah satu buku babon psikologi Barat modern ini. Terima kasih kepada Dale Carnegie. Saya, sebagaimana jutaan pembaca buku Anda, berutang banyak atas sumbangan istimewa yang Anda berikan dalam buku luar biasa ini. Dengan ini saya bersaksi bahwa saya telah diubah secara positif oleh buku ini! Mari baca dan buktikan sendiri.

13 comments:

  1. Jadi pengin baca buku ini. Karena saya termasuk yg pendiam dan introvert, dan.. sombong gak mau nyapa duluan. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama, dulu saya jg introvert banget. Buku ini benar2 menolong saya

      Delete
  2. Wow, sepertinya bagus sekali ya. Jelas saya juga harus membaca buku ini :D
    Segera masuk wishlist (˘▿˘)ง

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus, saya saja sampe beli lo walo udah baca

      Delete
  3. saya dulu baca buku ini juga waktu masih ikut MLM, tapi sekarang udah ga aktif mlm apapun. bagus bukunya, bikin banyak orang berubah lebih baik. tapi saya sampe sekarang masih belum pinter mempengaruhi orang lain meski udah baca buku ini haha, cuma buku ini rekomendasi deh, isinya benar2 positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mempengaruhi orang itu yang juga belum saya kuasai. Kayaknya ini butuh stamina dan karisma khusus wkwk

      Delete
  4. Itu terbitan tahun 1995, aku masih SD, masih unyu :p

    ReplyDelete
  5. Ada link download ebooknya gak?
    Please help me hehe

    ReplyDelete
  6. Halo... Buku yang sangat menarik untuk dibaca dan dipraktekkan. Terutama bagi kita yang merasa introvert. Buku yang saya punya versi sampul ijo harga 20 rb an. Dulu saya belum tertarik untuk membacanya karena pada waktu itu saya belum memiliki konsep diri yang bagus. Kemudian saya membaca buku Psyco-Cybernetic buku inilah pelopor utama buku2 pengembangan diri sekarang/ babonnya. Kalau tertarik kalian bisa baca buku ini dulu sebelum baca buku pengembangan diri yang lain. Sumpah ini mengubah masa lalu saya menjadi lebih powerfull.

    ReplyDelete
  7. berawal dari nganter temen ke salah satu pasar buku bekas akhirnya saya nemuin buku mungil ini, dr judulnya saja temen sy yg wkt itu sdg cari buku fiksi nertawain sy yg ingin beli buku ini wkt itu harga 15000. sampai dirumah lgsg dibaca dan efeknya sangat hebat. recomend bua semua yg bermasalah dg yg namanya berhubungan dengan org lain. keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh minta gbr bukunya? Kemarin saya ada, mmg pengaruh banget baca buku itu saat merasa kecil. Tapi hilang ntah kmana buku itu. Lagi butuh pencerahan dr buku itu. Saya lihat di google image, gak ada yg sampulnya seperti yg saya punya dulu

      Delete
  8. Masih ada buku lain dari Carnegie associate lho, judulnya The Leader In You, baru terbit dalam bahasa Indonesia.

    ReplyDelete