Search This Blog

Thursday, March 2, 2023

Heartbreak Formula, Ampuhkah Larutan Penghapus Kenangan?

Judul: Heartbreak Formula

Pengarang : Mpur Chan

Tebal: 284 hlm

Terbit: Desember 2017

Penerbit: Haru Media





"Terkadang, manusia terlalu berlebihan dalam menghadapi persoalan. Itulah yang menyiksa hidup."

Ada beberapa kenangan yang ternyata terlalu pahit untuk terus disimpan. Kenangan yang sedemikian kelam sehingga mengingatnya saja dapat memicu munculnya perasaan negatif. Beberapa kenangan bahkan terus membayangi meskipun pemiliknya berusaha sekuat tenaga untuk melupakan. Akhirnya, depresi dan keinginan mengakhiri diri sendiri pun menghampiri.

Untuk kenangan seperti inilah para ilmuwan di Zansol Survival Center berusaha menciptakan sebuah formula untuk menghapus suatu kenangan buruk. Formula bernama Olvidelo ini masih dalam tahap uji coba. Dibutuhkan 12 objek penelitian dengan permasalahan beragam namun punya kesamaan: rusak karena kenangan buruk. Dua belas orang ini dinamai sesuai nama bulan dalam setahun, dan mereka mendapat suntikan Olvidelo sebagai tes sebelum formula dilempar di pasaran.

Summer, yang kemudian diberi nama April, masuk sebagai objek uji coba. Dengan latar belakang keluarga yg kacau (orang tua berpisah dan kesepian akut), April dua kali mencoba bunuh diri. Untung dia masih diselamatkan. Ketika mendapat tawaran sebagai objek formula Olvidelo, April setuju karena mau gimana lagi, nggak ada ruginya. April sendiri merasa sudah tidak ada yg peduli dengannya. Setelah ayahnya menghilang begitu saja, ibunya sibuk dalam pekerjaannya, dan kemudian sahabat terbaiknya pun berpaling demi cewek lain.

Di pusat riset Zansol, April bersama 11 obyek penelitian lain mendapat latihan, konseling, obat, dan perawatan. Para ahli menyebut beberapa objek tes hanya akan mendapatkan placebo alias bukan formula yg asli. Ini untuk mengecek apakah formula itu punya dampak yg ampuh ataukan pikiran manusia ternyata bisa menyembuhkan dirinya. April berteman baik dengan June, seorang cowok "bermasalah" yang ternyata penderita gangguan sukar memusatkan perhatian dan terlampaunaktif. Masa lalu June semakin menambah beban pemuda itu hingga dia pun melupakan mimpinya untuk bisa menebus kesalahan masa lalu.

Sayangnya, judulnya sepertinya kurang cocok--meski memang lebih menjual dan membikin penasaran sih. Olvidelo adalah formula penghilang kenangan, bukan penyembuh patah hati. Dan patah hati tidak sembuh dengan melupakan, tetapi dengan memaafkan.

"Bukankah kita yang ada sekarang adalah hasil dari proses yang telah terjadi di masa lalu? Jika kita menghapus satu penggal kehidupan yang kita anggap buruk, semua jalan hidup bisa berubah dan kita belum tentu ada di titik ini."

No comments:

Post a Comment