Search This Blog

Friday, November 1, 2019

Kisah Demit rasa Internasional dalam The Magical Tales of Gandaloka, Halfie

Judul: The Magical Tales of Gandaloka, Halfie
Pengarang: Priscila Stevanni  
Tebal: 200 Halaman
Cetakan: Pertama, October 2019
Penerbit:  Clover


48548883. sx318



Konsep dunia manusia hidup bersanding dengan mahkluk gaib sebenarnya sudah lebih dulu ditemukan dalam seri The Mortal Instruments Casandra Clare. Di  seri itu , digambarkan makhluk-mahkluk seperti vampir, peri, iblis, warlock dan sejenisnya hidup berdampingan bersama manusia di kota New York. Hanya saja, mereka menyembunyikan jati dirinya dalam sebuah dunia yang disebut shadow world alias dunia bayangan. Gandaloka juga mengadopsi konsep ‘hidup berdampingan’ ini, tetapi lewat diksi yang lebih lokal. Para mahkluk gelap di serial ini dijuluki sebagai kaum demit.

Waktu mendengar ada novel fantasi yang mengangkat demit, sebagai penimbun buku fantasi lokal saya tentu senang dong karena mahkluk supranatural lokal turut diangkat. Ini menunjukkan bahwa budaya dan tradisi kita ternyata kaya akan tema-tema yang seksi untuk diangkat dalam novel fantasi. Jika bisa diolah dnegan konsep lokal, nyatanya bisa bagus kok. Seri Vandaria salah satunya, serta buku Karung Nyawa karya Haditha. Saat ditawari mengulas seri Gandaloka ini, tentu saya langsung mengiyakan. Seneng saya kalau fantasi lokal maju begini.

Seri pertama dari total lima seri Gandaloka yang saya baca adalah The Magical tales of Gandaloka: Halfie.  Novel ini berkisah tentang murid pindahan bernama Naira. Mengikuti ibunya, Naira pindah ke kota Gandaloka dan bersekolah di salah satu SMA di kota satelit-nya Jakarta tersebut. Gadis itu sama sekali tidak mengetahui bahwa di Gandaloka manusia dan kaum demit hidup saling berdampingan. Kaum demit ini beraktivitas selayaknya manusia biasa. Mereka bersekolah, bekerja, bahkan ada yang menjadi selebgram juga. Saya suka premis ceritanya.

Di SMA barunya, Naira langsung berkenalan dengan seorang cowok jutek bernama Gesta. Tipe-tipe cowok badboy yang cakep tapi otaknya encer gitu lah. Dari sini, alur ceritanya mirip dengan novel-novel remaja kebanyakan. Si cewek suka tapi juga sebel sama si cowok badboy yang lama-lama mirip Edward Cullen ini. Twist serunya muncul ketika si Gesta ternyata adalah seorang bangsa demit! Dalam sebuah pertarungan dengan bangsa demit yang lain, secara tidak sengaja Naira terluka parah. Tidak ada jalan lain untuk menyelamatkan gadis itu kecuali mentransfusikan sebagian diri demit Gesta ke tubuh Naira. Gadis itu pun kini menjadi seorang halfie.

Selanjutnya, ceritanya bergulat seputar perjuangan Naira yang berusaha menerima dirinya sebagai seorang halfie alias separuh manusia separuh demit. Ini yang bikin novel ini unik karena penulis ternyata lebih fokus pada pergulatan batin Naira ketimbang pertempuran antar demitnya. Memang untuk sebuah novel fantasi, adegan pertempurannya kurang banyak menurut pendapat saya. Tapi saya entah kenapa malah suka keputusan penulis yang memilih pertempuran dalam batin Naira, bagaimana dia akhirnya bisa menerima dirinya sendiri salau dengan proses pergulatan yang panjang. Pergulatan batin Naira ini dikisahkan dengan sangat alami dan manusiawi sekali. Jadi seneng dan cepat bacanya.
Kekurangannya, ternyata demit di buku ini masih demit ala Barat. Jujur, saya agak kecewa sih. 

Ekspektasi saya penulis akan menghadirkan demit verso lokal alih-alih mahkluk-mahkluk mitos barat seperti peri, goblin, dan lain-lain. Sayangnya, entitas mitologis barat itu masih saya temukan di Gandaloka. Apa kita memang masih belum bisa move on ya dari Harry Potter dan Lord of the Rings sampai mahkluk demit pun masih menghadirkan peri, goblin, troll, dan lain-lain? Andai saja demit-demit nusantara dihadirkan, pasti buku ini akan semakin terasa "Gandaloka" 

Di luar kekurangannya itu, buku ini ditulis dengan seru sekaligus menyegarkan, serta digarap dengan lumayan matang. Jadi penasaran pengen baca seri-seri gandaloka lainnya.       


2 comments:

  1. ada game seru loh di sini.. hanya di AJO Q Q, COM.. yuk mainkan dan dapatkan bonusnya,,, WA : +855969190856
    website : AJOPK.ORG

    ReplyDelete
  2. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    At least 160000 men and women are trying a easy and secret "liquid hack" to burn 2 lbs each and every night as they sleep.

    It is simple and it works on anybody.

    Here's how to do it yourself:

    1) Go get a glass and fill it up half glass

    2) Proceed to follow this weight loss HACK

    so you'll become 2 lbs lighter as soon as tomorrow!

    ReplyDelete