Search This Blog

Friday, February 8, 2019

Blogtour and Giveaway Winner: I Just Met You and This Is Crazy

Judul Buku : I Just Met You and This Is Crazy
Penulis : Sekar Aruna
Penyunting: Gemma V
Sampul: Muhammad Abdul Hakim
Penerbit : Laksana (Diva Press)
Tebal : 324 Halaman
Terbit : 2018




“Biarkan saya berjuang. Biarkan saya melakukan tugas saya. Saya akan mengusahakan semuanya buat kamu. Tugas kamu hanya menunggu saya datang.” 

Novel ini memiliki blurb yang sangat manis sekali. Sekilas membaca, kita bisa menebak bahwa novel berjudul panjang ini akan berisi  hubungan cinta jarak jauh alias long distance relationship dengan segala drama dan romantikanya. Harus diakui, tema LDR memang menjadi salah satu yang menarik untuk menulis kisah asmara selain tema "cinta bertepuk sebelah tangan", "teman tapi mesra", serta "jalani saja dulu, lihat nanti gimana." Ahhh ...ceritanya pasaran dong? Sebentar, kalau baca blurb-nya saja mungkin terkesan pasaran, tetapi setelah mulai membaca halaman-halaman awal, buku ini memiliki sesuatu yang unik. Selain drama LDR, ada dua hal menarik yang ditawarkan novel ini: humor dan kesan bawha si penulis "ikut campur" dalam cerita. Anehnya, justru dua hal ini yang bikin novel ini unik.

Dalam sebuah perjalanan menggunakan pesawat dari Jakarta ke Jogja, secara tidak sengaja Niar dipertemukan dengan Jendra. Dua insan ini bertemu secara kebetulan dalam sebuah perjalanan. Hmmm ... premis yang umum dan pasti sudah sering banget digunakan dalam berbagai film atau novel roman. Bisa ditebak, benih cinta mulai tumbuh dalam hati keduanya, lalu dimulailah sebuah perjalanan panjang sebelum benih itu bisa tumbuh, berkembang, dan menghasilkan buah-buah cinta. Jendra mulai merasakan ada yang berbeda dalam hatinya setelah bertemu Niar. Cowok yang biasanya dingin dan males sama yang namanya cewek itu kini entah mengapa selalu ingin melihat Niar. Jendra bahkan bela-belain datang ke Jogja dengan alasan yang dibuat-buat agar bisa ketemu Niar.

"Tuh kan, baru terasa efeknya saat kamu udah kehilangan dia. Cinta mah gitu." (hlm. 271)

Memang yang namanya virus cinta, kalau sudah kena pasti bikin siapa pun jadi aneh. Jendra merasakan betul betapa dirinya jadi alay kalau sudah chatting sama Niar. Gombalan-gombalan kering meluncur dari mulut dan jari-jarinya, semua untuk seorang Laksita Juniarlin. Padahal Rajendra Chandakusuma sendiri adalah cowok mapan berusia 35 tahun pemilik usaha start up libursaja.com yang lagi naik daun itu. Asli deh, ngakak baca gombalan-gombalan Jendra yang garing dan lawas banget buat Niar. Untung ganteng! Sementara Niar sendiri tipe cewek cuek yang antibanget sama yang namanya gombalan. Bisa dibayangkan tarik ulur hubungan dua orang ini. Yang satu jatuh cinta setengah mati, satunya lagi ilfil setengah hidup. Sumpah saya ikut gemes liat relasi kedua anak ini. Cinta memang luar biasa. 

"Mestinya harus bisa tegas sama perasaan sendiri, buat kebahagiaan sendiri. Kalau emang kamu cinta sama Mamas, ya sudah, buruan bilang sama dia." (hlm 271)

Secara keseluruhan, alur dan juga ending novel ini tidak jauh berbeda dengan novel-novel dengan tema serupa. Hanya saja, cara penulis menuliskannya yang bikin novel ini menarik. Pertama adalah humor. Saya sampai nggak sadar bisa membaca sisa 200 halaman novel ini dalam satu malam saking asyiknya. Penulis berkali-kali menyelipkan humor di bagian tak terduga. Ini yang bikin ceritanya seger dan nggak cheesy. Terutama saat mengisahkan Niar, cewek ini memang punya pesonanya sendiri. Meskipun saya berulang kali menyumpahinya karena tega-teganya nganggurin Jendra yang baik baget itu, Niar memang punya pesona sendiri. Anak ini selera humornya kena banget, menghibur tapi tidak terlalu berlebihan. Jadi kadang malah menyatu dengan ceritanya. Pantas Jendra tergila-gila. 

"Rambut bercabang aja terindikasi rusak minta dipangkas, apalagi hati." (hlm. 300)

Hal lain yang menarik adalah cara penulis hadir dalam cerita. Entah berapa kali, penulisnya ikut campur dengan mengomentari isi cerita. Wajar sih karena penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga maha tahu. Cuma, kadang-kadang (eh banyak kali ding) penulis ikut mengomnetari tokoh-tokohnya. Dan ini entah bagaimana jadi ceritanya semakin asyik. Teknik yang serupa telah digunakan lebih dahulu oleh Christian Simamora dalam novel-novel Jboyfriend seriesnya (Eh, Jendra berawalan J juga, loh btw). Hanya saja, penulis novel ini menggunakan teknik yang lebih "ketimuran" dan sopan. Bagi saya, hal ini tidak mengganggu cerita. Malahan, saya merasa penulis bisa menyatu dengan sosok Niar sehingga kisahnya semakin hidup. Cuma ya itu, Jendra dan Niar ini kayak kelamaan gitu muah-muahnya. Gemes! (*ngakak) Kamu kudu coba baca juga buku ini biar saya nggak gemes sendirian.



Penerbit DIVA Press menyediakan satu eksemplar novel "I Just Met You and This Is Crazy" GRATIS untuk satu pemenang yang beruntung. Silakan cek cara ikutannya berikut ini.


PENGUMUMAN PEMENANG

Selain percaya dan setia, menurut kamu apa sih rahasia berhasilnya sebuah hubungan LDR? Jawab hanya dalam SATU KATA ya.



Saya cenderung dengan jawaban "KOMUNIKASI" karena ahem saya juga sedang mengalami hubungan LDR seperti ini. Berhubung ada beberapa peserta menjawab sama, yakni komunikasi, maka terpaksa saya memilih dengan menggunakan sistem undian. Untuk yang beruntung dalam giveaway kali ini adalah:

Nama : Misbahudin
Twitter : @misbahMd98
Link share : https://twitter.com/MisbahMd98/status/1093708887293751296?s=20
Jawaban : "Komunikasi"

Selamat kepada pemenang yang beruntung. Kamu berhak mendapatkan satu novel ini GRATIS yang akan langsung dikirim ke alamat kamu. Saya akan menghubungi pihak pemenang melalui media sosial. Terima kasih sudah ikut dan meramaikan kuis ini (^_^)/.

23 comments:

  1. Nama : Misbahudin
    Twitter : @misbahMd98
    Link share : https://twitter.com/MisbahMd98/status/1093708887293751296?s=20

    Jawaban : "Komunikasi"

    ReplyDelete
  2. Nama: Yuliza S
    Twitter: @zasachi
    Link share: https://twitter.com/zasachi/status/1093713506065539072?s=19

    Jawaban: Do'a

    ReplyDelete
  3. Rini Cipta
    Twitter @rinicipta
    https://twitter.com/RiniCipta/status/1093714645217468416?s=19

    Komitmen

    ReplyDelete
  4. Nama: Maulidi Zikri Nur
    Facebook: Maulidi Zikri Nur
    Link Share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1412316322243573&id=100003956562754

    "Kejujuran"

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nama : Riska Sri Pujiyanti
    Email : riskasripujiyanti@gmail.com
    Share via Instagram : @riskasripujiyanti
    Jawaban : Keyakinan

    ReplyDelete
  7. Nama : Seffi Soffi
    Twitter : @seffiii
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/1093745100859920387?s=19

    Jawaban : Komunikasi

    ReplyDelete
  8. Nama : Sri hidayat
    Twitter : @hyda_15
    Linkshare : https://twitter.com/Hyda_15/status/1093839293821272065
    Jawaban : Komunikasi yang lancar

    ReplyDelete
  9. Nama: Rika Oktaviani
    Twitter: @rikaoktvnn
    Link share: https://twitter.com/rikaoktvnn/status/1093992373325942785?s=09

    Jawaban: Kejujuran

    ReplyDelete
  10. Nurul Lailatul FajriyahFebruary 9, 2019 at 8:20 AM

    Nama : Nurul Lailatul Fajriyah
    FB/Email : Nurul Syrf / nurulll040801@gmail.com
    Link share : https://www.facebook.com/100004363006853/posts/1205726406249448/
    Jawaban : komunikasi

    ReplyDelete
  11. Nama : Thessa
    Twitter : @mybooklyfe
    Link share : https://twitter.com/mybooklyfe/status/1094562679979597825?s=19
    Jawaban : Cinta

    ReplyDelete
  12. Nama : Amelia Fitri Josicha
    Twitter : @afjosichaa
    FB : Amelia Fitri Josicha
    Email : josichaa@gmail.com
    Link : https://www.instagram.com/p/BtuSr-Yh8UP/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=14hp8bxexb8a
    Jawaban : pengertian

    ReplyDelete
  13. Nama:Farida Endah
    Twitter/FB/Email kamu: twitter : @farida_271
    Link share:https://twitter.com/farida_271/status/1094940603270422529
    Jawaban:pulsa

    ReplyDelete
  14. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Link: https://twitter.com/bety_19930114/status/1095062225331486720?s=20
    Jawaban: Komitmen

    ReplyDelete
  15. Nama : Hamdatun Nupus
    Twitter : @HamdatunNupus
    Link share: https://twitter.com/HamdatunNupus/status/1095145262719295490
    Jawaban : Ikhlas

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Nama: Farrah Nur Fadhilah
    Twitter: fadhilah_farrah
    Link: https://twitter.com/fadhilah_farrah/status/1095173749295304705
    Jawaban: Kabar

    ReplyDelete
  18. Nama : Maulidia Fityani Marsus
    Facebook : Maulidia Fitya
    Link : https://m.facebook.com/fit.fitya?ref_component=mfreebasic_home_header&ref_page=%2Fwap%2Fhome.php&refid=8&_rdr
    Jawaban : Pengertian

    ReplyDelete
  19. Nama : Agus Hernowo
    Twitter : @aghernowo
    Link : https://twitter.com/aghernowo/status/1095243325441855488?s=19

    Jawaban : Kepedulian

    ReplyDelete
  20. Nama : Amrullah
    Fb: Amrullah
    Email: Amrullahnew2016@gmail.com
    Link share : https://mobile.facebook.com/story.php?story_fbid=2221051121450550&id=100006370510330&refid=17&ref=opera_speed_dial&_ft_=mf_story_key.2221051121450550%3Atop_level_post_id.2221051121450550%3Atl_objid.2221051121450550%3Acontent_owner_id_new.100006370510330%3Athrowback_story_fbid.2221051121450550%3Astory_location.4%3Astory_attachment_style.share%3Athid.100006370510330%3A306061129499414%3A2%3A0%3A1551427199%3A7004824135780336633&__tn__=%2AW-R


    Jawaban :
    "KOMITMEN"

    ReplyDelete
  21. Nama:Leny
    Twitter:@melodyhujan23
    Link share: (https://twitter.com/MelodyHujan23/status/1096011912918163457?s=17)
    Jawaban:Keikhlasan

    ReplyDelete
  22. Nama:Leny
    Twitter:@melodyhujan23
    Link share: (https://twitter.com/MelodyHujan23/status/1096011912918163457?s=17)
    Jawaban:Keikhlasan

    ReplyDelete
  23. Nama:Leny
    Twitter:@melodyhujan23
    Link share: (https://twitter.com/MelodyHujan23/status/1096011912918163457?s=17)
    Jawaban:Keikhlasan

    ReplyDelete