Search This Blog

Thursday, November 15, 2018

How to Stay Single, No Answer Here

Judul : How to Stay Single
Author : Christian Simamora
Penerbit : Twigora
Halaman : xii + 460 hlm
Cetakan : Pertama, January 2017
ISBN : 978-602-60748-0-5

 33413665

Blurb:

EMMA MORANO, PEREMPUAN TERTUA DI ITALIA,
MEMBEBERKAN RAHASIA UMUR PANJANGNYA:
MAKAN TELUR MENTAH TIGA BUTIR SETIAP HARI
DAN TETAP SINGLE SAMPAI SEKARANG.


Malika tak bisa berhenti tersenyum saking bahagianya bisa bekerja di acara Juan Carlos Bautista, celebrity chef ternama sekaligus idolanya sepanjang masa. Sayang, mimpinya itu berakhir tragis dengan cepat ketika dia tahu kepribadian Juancar yang sebenarnya: bermulut kasar dan sangat ditakuti para krunya.

PEREMPUAN TERTUA DI SKOTLANDIA, JESSIE GALLAN,
JUGA MENGAKUI KALAU MENJAUHI LAKI-LAKI
MEMBANTUNYA TERUS BERTAHAN HIDUP.


Lebih baik jadi sosok yang ditakuti ketimbang dicintai—begitulah prinsip yang dipegang Juancar sejak dulu. Logikanya, antipati Malika terhadap dirinya tak memengaruhi konsentrasi saat bekerja di depan sorotan kamera. Lantas, kenapa perubahan sikap itu malah membuat Juancar disengat perasaan tak nyaman? Kenapa dia sebegitu pedulinya dengan pendapat Malika tentang dirinya?

"MEREKA [LAKI-LAKI] LEBIH BANYAK MEMBUAT MASALAH KETIMBANG FAEDAHNYA," AKU JESSIE DALAM WAWANCARANYA
DENGAN THE DAILY MAIL.


Ini adalah cerita cinta yang tak punya masa depan. Terlalu banyak perbedaan, terlalu banyak rintangan—begitu alasan mereka. Namun, kenapa keduanya sama-sama tak rela kalau berpisah? Apakah cinta masih layak disebut cinta meskipun tak pernah bersatu?


***

Ini tumben pake blurb, Yon? Iya, soalnya setelah penjelasan yang panjang lebar begitu, saya nggak menemukan jawaban dari judul besarnya. 



Buat pembaca yang akrab dengan seri #JBoyfriend, Anda pasti sudah bisa memperkirakan endingnya. Keduanya jadian, menikah, dan bahagia. Resep yang klise sih, ala-ala Cinderella. tapi saya nggak keberatan  kok asal menggarapnya jago. Buktinya, saya memberikan bintang empat pada sebagian besar buku beliau. Kelebihan penulis ini ada pada humor-humornya yang kekinian banget, dipadukan dengan situasi serta tren terbaru. Kita seperti bisa memandang dunia romansa para jetset dan sosialita dengan cara yang menyenangkan bukannya mengintimidasi. Sayangnya, untuk judul ini ... aduh. 

Kalau dibanding seri jboyfriend lain, buku ini ibaratnya terjun bebas banget. Tebal sih tapi kayak ada bagian yang dicepetin dari konflik hingga resolusi. Banyak ulasan bilang buku ini berisi banyak banget perintilan yang memang penting tetapi kurang mendukung alur cerita. Penulis memang jeli dalam memberikan porsi detail, tetapi detail ini menyebar rata ke semua tokoh sampai akhirnya Juancar - Malika agar terpinggirkan. Kayak ... udah gitu aja? Cuma dibentak langsung jatuh cinta? Cukup dengan berantem lalu udah kelar gitu? Hubungan keduanya dibangun dengan ujug-ujug Juancar jatuh cinta dan Malika jual mahal.

Karakter Juancar ini juga agak gimana ya, strong di luar tapi menye banget kalo sama Malika. Kalo usia masih abg atau awal kuliah sih okay but he is a grown up, and damned rich-fehmeuz bachelor in the city. Tingkahnya sama Malika ini kayak dia baru pertama kali jatuh cinta. Lalu Malika, kayaknya dia ini the real villain here. Tau sih alasannya dia gojak gajek karena takut cm dimanfaatin scr fisik aja, tp ujung2nya dia juga mau dan menikmati loh. Malah minta nambah eh. Di saat yang sama, dia belum mau lepas sama Nino. Waduh nggak tahu ini spoiler atau bukan, semoga bukan karena cerita besarnya sendiri sudah bisa diraba-raba.



Terus, kurang baik apa sih Nino ya. Masak alasan Malika mutusin hanya karena Nino ga pernah ngomong I.Lov.U pdhl segala tindak tanduknya udah nyerminin cintanya. Trus setelah segala yg indah dr Nino, Malika menolaknya hanya gara2 kata cinta itu ga keluar. Hadeh bilang aja lebih demen sama dada berbulunya Juancar. Duh pliz deh Malika. Seenggaknya si Tafika nggak muna lah ya. *dibalang sutil. Malika ini kayak mencari kesempurnaan dari sebuah hubungan. Begitu tahu kelemahan kecil Nino, dia kayak fokus aja pada kelemahan itu dan mengabaikan lebih banyak hal positif dari cowok tersebut. Begitu, bukannya hubungan cinta itu untuk saling melengkapi dan menerima kekurangan, bukan tentang mengejar kesempurnaan?

Satu poin plus di buku ini mungkin referensinya yg detail dan banyak seputar dunia masakan, chef, pilipin, dan entah apa saking banyaknya jadi lupa. Tapi, alurnya kayak dikorbanin. Terlalu banyak pemanasan tetapi kurang resolutif di penyelesaian. But still it is a fun yet exiciting novel to read. Chrismor juga pandai membangun semestanya dengan menciptakan plesetan-plesetan ngakak kayak Keramat (plesetan waralaba yang itu) serta seri drama FTV Siang Jadi Ancaman, Malam jadi Impian (Woy ... salah judul kamu Yon).  Cukup tiga bintang saja kali ini.

1 comment:

  1. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete