Search This Blog

Sunday, September 30, 2018

Blogtour dan Pengumuman Pemenang Giveaway Rooftop Buddies

Judul: Rooftop Buddies
Penulis: Honey Dee
Editor: Anastasia Aemilia
Tebal: 264 hlm
Cetakan: Pertama, 2018
Sampul: Sukutangan
Penerbit:  Gramedia Pustaka Utama


"... kalau tidak pernah mengalami apa yang dirasakan orang lain, jangan pernah berpikir kau mengerti apa yang dirasakan orang itu."(hlm. 12)

Masih berusia 17 tahun tetapi sudah divonis mnengidap kanker? Siapa sih remaja yang nggak kalut mendapati kenyataan miris demikian. Rie sudah tidak ingat lagi kapan terakhir kali dia merasa bahagia. Hari-harinya diisi dengan kemoterapi yang seolah mendidihkan tubuhnya dari dalam, selalu membawa inhaler di tasnya untuk meredakan tenggorokannya yang serasa terbakar setiap kali penyakitnya kambuh, serta maknan-makanan sehat yang harus disantapnya demi melawan sel-sel kanker. Rie hanya boleh memakan sayur dan buah, bahkan dia sudah lupa bagaimana nikmatnya makanan bermicin. Bayangkan segala bentuk kenikmatan duniawi yang harus dijauhi oleh seorang remaja yang normalnya bisa memuaskan makan segala jenis jajanan dan makanan junk food itu. Belum lagi rasa sakit secara psikis yang harus dihadapi Rie dari orang-orang di sekitarnya. Rie benci dikasihani. Cukup tubuhnya saja yang menderita, jangan mentalnya juga. Dengan segala tekanan fisik dan psikis itu, Rie kemudian memutuskan akan bunuh diri dengan melompat dari atap gedung apartemennya untuk mengakhiri segala penderitaan.

"Menangis itu hak siapa saja yang punya mata dan hati." (hlm. 130)

Sesaat sebelum melompat, sebuah suara cowok memanggilnya. Bre, nama panggilan cowok itu, ternyata memiliki tujuan yang serupa dengan Rie. Sedikit ngobrol dan perkenalan, keduanya sepakat untuk menjalin persahabatan. Mereka menamakan diri sebagai Rooftop Buddies alias Sahabat Atap dengan mati bunuh diri sebagai tujuan bersama. Baik Rie maupun Bre sama-sama merasakan sudah cukup mereka tinggal di dunia menanggung segala penderitaan itu. Tetapi, untungnya, sebelum keduanya sama-sama khilaf, takdir menyodorkan babak perpanjangan waktu dalam bentuk wishlist atau daftar keinginan untuk dipenuhi sebelum mati. Rie membuat daftarnya sendiri, begitu juga Bre. Cowok itu sempat melihat daftar keinginan Rie, ada 11 keinginan Rie yang belum terpenuhi, beberapa di antaranya belajar nyetir dan makan hamburger 10 kali sekaligus. Rie tidak diperbolehkan melihat daftar keinginan Bre, tetapi cowok itu berjanji akan menemaninya mememuhi daftar keinginan Rie. keduanya sepakat akan bunuh diri bareng begitu daftar keinginan itu terpenuhi.

"Kamu nggak bisa melakukan apa pun kalau terus memikirkan pendapat orang lain. Kamu nggak bisa menyenangkan semua mata." (hlm. 104)

Lalu, dimulailah petualangan nekat demi memenuhi daftar keinginan terakhir mereka. Dimulai dari mengunjungi kota masa kecil Rie. Cewek itu masih memiliki masa lalu yang belum selesai di kota kecil Alerawi. Saat SD dan SMP, ada sekelompok cewek yang selalu membullynya. Mereka yang menjadikan Rie tidak punya teman. Kunjungannya ke masa kecil itu ternyata tidak berbuah seperti diharapkannya. Rie memang puas melihat sebagian dendamnya terbalaskan, tetapi tetap ada lubang kosong di masa kecil yang tak pernah bisa diperbaikinya. Andai dulu dia berani bicara. Andai dulu dia mau melawan. Kemudian, keduanya mulai mewujudkan daftar keinginan-keinginan Rie selanjutnya. Tidak mudah karena bermacam drama selalu mewarnai. Tetapi sepanjang perjalanan ini, Rie mulai mengetahui sosok Bre. Cowok itu ternyata memendam masalah serta masa lalu yang sedemikian kompleks. Rie juga masih harus menghadapi berbagai ujian-ujian berat yang seolah tak berhenti menerpanya. Namun, sepanjang perjalanan itu pula, Rie belajar banyak tentang hidup dan kehidupan. 

"Cinta itu meningkatkan harapan hidup. Dalam banyak kasus, cinta menyembuhkan depresi separah apa pun. Saat mencintai seseorang, yang kamu inginkan adalah kehidupan dan kesehatannya. Begitu juga sebaliknya. Nggak peduli itu cinta ke pacar, anak, suami, orangtua, sahabat, dan siapa pun." (hlm. 250)

Kisah Rie dan Bre ini menyentil saya, dan kita, yang jago sekali menceramahi orang lain tetapi lemah kalau sudah urusan menceramahi diri sendiri. Rie masih 17 tahun, dan ini menjelaskan karakternya yang sering sekali goyah serta mudah gelap mata. Tetapi, saat bercakap dengan Bre, cewek ini suka banget berceramah. Giliran galau, buyar semua deh kedewasaannya. Bre juga demikian, suka banget mengejek Rie yang emosinya suka nggak stabil. Tetapi dia sendiri yang malah lebih cepat menyerah dengan dirinya sendiri. Beberapa pembaca mungkin merasakan ini sebagai inkonsistensi yang konsisten dalam penggarapan karakternya. Tetapi, Rie ini mengidap kanker loh, dan dia masih remaja. Normal banget kalau remaja kelihatan labil begitu. Yang agak samar malah sosok Bre. Jujur, saya enggak bisa membayangkan bagaimana sosok cowok ini. Penulis hanya menggambarkan sosoknya secara general berupa ganteng, bermata hitam, beralis lebat, badannya atletis, dan suka olahraga. Sosok ini terlalu sempurna untuk menjadi "orang sakit" dalam kisah bergenre sicklit gini. Saya malah lebih dapat dengan karakter Devon. 

"Teman yang baik tidak akan menyusahkan sahabatnya."  (hlm. 190)

Novel sicklit kayaknya kurang mantul kalau nggak ada drama dan adegan mengharu birunya. Untungnya, porsi adegan drama di buku ini pas banget, nggak berlebihan. Penulis juga pandai menyebar adegan-adegan haru di sepanjang buku sehingga pembaca tidak sampai ikut-ikutan muram saking terlalu dramanya. Saat menyelesaikan halaman-halaman terakhir Rooftop Buddies, saya bisa memahami mengapa penulis kayak jago banget membangun dunia Rie ini. Walau masih ada sejumlah hal-hal yang menganjal (misal: kenapa kudu aku dan kamu dan bukan adik dan kakak saja, Bre yang langsung akrab dengan Rie, serta melimpahnya kebetulan baik di buku ini), buku ini memuat banyak sekali pesan positif untuk para remaja dan pembaca umum, baik untuk mereka yang tengah mendapatkan ujian lewat penyakit yang berat ataupun kita yang sehat tetapi kadang selalu lupa mensyukuri nikmat terbesar yang dianugrahkan Tuhan ini. Sesekali, tidak mengapa untuk mengeluh tetapi jangan pernah merasa lelah untuk hidup. 

"Mungkin hidup akan sulit, tapi aku akan melewatinya." (hlm. 172)


GIVEAWAY


Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikutan. Jawabannya gokil-gokil sampai saya susah memutuskan. Tetapi "ngeyakinin anak kecil kalo sebenernya dia itu dari masa depan" ini  beneran deh keterlaluan usilnya ngoahahaahaha selamat untuk sang pemenang: 
Nama: Ade Yuanita Putri Pratiwi
Twitter: @AdeYuanitaPutr4

Saya akan segera menghubungi pemenang lewat akun media sosialnya. Selamat ya, mbak Ade. Mohon maaf juga buat teman-teman yang belum beruntung di kuis kali ini. Terima kasih teramat besar saya haturkan karena telah meramaikan blogtour di Baca Biar Beken. Tetap semangat membaca dan menimbun buku ya \(^_^)9



22 comments:

  1. Nama: Ade Yuanita Putri Pratiwi
    Twitter: @AdeYuanitaPutr4
    Link share: https://twitter.com/AdeYuanitaPutr4/status/1046342313687957504?s=19

    Jawaban:
    Oke, ini cuma hasil karya otak yang lagi semrawut. Semoga ini gokil wkwk
    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Lari maraton pake daster
    2. Pura-pura meninggal dunia di tengah pesta
    3. Dandan mirip setan, terus nakut-nakutin tetangga
    4. Ngeyakinin anak kecil kalo sebenernya dia itu dari masa depan
    5. Ngelempar balon isi air sama tepung ke orang ga dikenal

    ReplyDelete
  2. Nama : Siti Al-muhajirin
    Social media : fb : Siti Al-muhajirin
    Email ; redrouzhed01@gmail.com

    Link share :https://m.facebook.com/sharer.php?u=https%3A%2F%2Fdionyulianto.blogspot.com%2F2018%2F09%2Fmasih-berusia-17-tahun-tetapi-sudah.html&t=Baca%20Biar%20Beken!%3A%20Blogtour%20and%20Giveaway%20Rooftop%20Buddies

    Jawaban :

    1. Keliling dunia bareng temen
    2. Datangin satu-satu toko buku buat cek buku kita
    3. Main hujan bareng
    4. Berbagi cerita sambil tiduran di tengah sawah sambil lihat langit
    5. Mencari ujung pelangi

    ReplyDelete
  3. Nama : Aprilia Adinda Putti
    Email : Aprilputri726@gmail.com
    Link share : https://www.facebook.com/100006863778986/posts/2144783142427124/

    Daftar keinginan gokilku:

    1. Berenang sama-sama di Raja Ampat bareng sahabat. Pakai peralatan kayak diving gitu biar bisa bernapas. Nggak pandai berenang soalnya.

    2. Datengin Sehun terus bilang "Saranghe Oppa" sambil bawa buket bunga. Harapannya bakal diterima.

    3. Makan samyang level dewa bareng sahabat di Candi Prambanan. Pengin nggak bawa air biar lebih menantang.

    4. Jalan-jalan keliling Indonesia naik sepeda gayung. Biat seru apalagi bareng-bareng.

    5. Ke Jember nyamperin mantan. Terus bilang, "Gimana kabar lo, Ntan?"

    ReplyDelete
  4. nama : Farida Endah
    Media sosial : twitter @farida_271
    Tautan Share :https://twitter.com/farida_271/status/1046458803141509120
    jawaban :

    5 keinginan gokil aku adalah :
    1. tinggal dan menetap di Turki
    2. dapat suami hafiz yang tajirnya luar biasa
    3. ketrima jadi pns
    4. sinema FTV indosiar masuk nominasi penghargaan
    5. sinyal provider selalu lancar jaya abadi sentosa

    ReplyDelete
  5. Nama: Insan Gumelar CG
    Twitter: @san_fairydevil
    Tautan share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/1046446220019884032?s=19

    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Makan berbagai jenis makanan (yang belum pernah aku makan) dalam sehari dan dibayari.

    2. Jalan-jalan dan bisa foto sama idola (Yamaken, YUI, Heechul).

    3. Punya hewan peliharaan singa jantan.

    4. Main game tanya-jawab seperti di variety show korea, Knowing Brother, bareng-bareng sama temen satu kelas atau satu angkatan.

    5. Ngadain resepsi atau pas dilamarnya di toko buku atau perpustakaan.

    ReplyDelete
  6. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Tautan Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/1046730032461230080

    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Solo traveler, selama ini gak pernah berani kemana2 jauh sendirian.
    2. Pengen jadi pengamen, seru gitu kayaknya nyanyi2 dikasih duit bebas bayar angkutan umum nya.
    3. Pengen tinggal di Finlandia, ini murni karena kekhawatiran sama pendidikan (anak2ku kelak) & lingkungan di negeri sendiri yang meresahkan.
    4. Pengennya sih bisa nikah sama bule, bule Finlandia gak apa yang penting muslim :*
    5. Punya perpustakaan pribadi yang kayak di drakor Chicago Typewriter XD

    ReplyDelete
  7. Nama: Desita Wahyuningtias
    Media sosial/email: @desitaw97 (twitter)/desitaw97@gmail.com
    Tautan share: https://twitter.com/desitaw97/status/1046469565352357888

    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Mengetuk setiap pintu rumah (di desaku) dan bilang kalo aku mau jadi editor. Katanya, harapan yang diucapkan berulang-ulang secara lantang membuat semesta ikut mengamini.
    2. Mau teriak “Aku Pasti Bisa!” di puncak gunung. Pernah sih ngelakuin hal mirip pas mau balik dari Ranukumbolo, tapi kan gak di puncaknya, hehe.
    3. Peluk ayah-ibu-adik dan bilang “Pulang Yuk!”. Hanya Tuhan yang tahu kenapa ini termasuk ‘gokil’, wkwkwk.

    ReplyDelete
  8. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete
  9. Nama: Dianto
    Medsos/email: @dianto_rusdian /dianto.rusdian@yahoo.co.id
    Daftar keinginan gokil:
    1. Keliling Indonesia jalan kaki
    2. Jadi begpacker ke Thailand
    3. Bikin rumah pohon di tengah hutan
    4. Operasi plastik biar ganteng
    5. Menambah tinggi badan dengan minum obat tinggi

    ReplyDelete
  10. Nama : Muhamad Erlangga
    Media sosial/email : erlenggo muhamad (facebook) @erlenggomuhamad (email) erlenggomhmd (instagram)
    Tautan share : https://mbasic.facebook.com/story.php?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C6553720550
    Daftar keinginan gokil :
    1. Pengen jadi penulis, sampe ke macannegara eh mancanegara :v

    2. Pengen lihat matahari terbit tiap hari di balkon rumah, rumahku kan ngga ada balkonnya :(

    3. Pengen kelilingin dunia bareng keluarga/temen, boleh jadi ke luar dunia wew, ketemu wowo tek sembele kotek.

    4. Pengen nyantet orang, yang suka nyiksa kucing

    5. Pensiun dari jomblo

    ReplyDelete
  11. Nama:Sarah Nanda Rahmawati
    Media sosial/email:Fb : Sarah Nanda Rahmawati
    Ig : sarahnandarh
    Tautan share:https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10216989618876924&id=1360342551&refid=8&_ft_=qid.6607755551498998381%3Amf_story_key.5992757343647980230%3Atop_level_post_id.10216989618876924%3Acontent_owner_id_new.1360342551%3Asrc.22%3Astory_location.5%3Astory_attachment_style.share&__tn__=%2As%2As-R
    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Keliling dunia. Kenapa keliling dunia menjadi keinginan gokil saya, karena itu hal yang paling mustahil untuk saya yang seorang difabel
    2. Ingin membuat masyarakat Indonesia awarre dengan penyakit autoimun.
    3. Ingin buat fasilitas-fasilitas umum di Indonesia ramah difabel
    4. Ingin bisa naik kereta, busway, kendaraan umum. Karena selama ini gak bisa naik kendaraan umum dengan kursi roda
    5. Ingin menyelam di laut
    Keinginannya buat banyak orang terlihat biasa. Tapi itu keinginan yang paling gokil untuk saya.

    ReplyDelete
  12. Nama: Meinggi Andari
    Media sosial/email: @meingss (twitter)/meinggiandari@gmail.com
    Tautan share: https://twitter.com/meingss/status/1047169513144250369
    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Mau bbq-an/pesta/sekedar ngumpul2 sama temen di rooftop! Dari dulu selalu suka tempat tinggi, sayangnya malah sama sekali belum pernah ke rooftop suatu bangunan :(
    2. Bisa ngobrol lepas/jalan2 sama kakak kandung sendiri! Mungkin emang nggak gokil, tapi percaya deh, untuk adik dan kakak yang sama2 gengsi, keinginan kayak gini itu termasuk gokil :')
    3. Mau ke jepang sama temen sebangku pas SMA. Dia kuliah jurusan sastra jepang, aku gila akan anime, manga dan makanan jepang. Lumayanlah kalo itu benar terjadi nggak usah sewa translator hihihihi
    4. Bikin penitipan kucing
    5. Bisa bikin aplikasi/web sendiri

    ReplyDelete
  13. Nama : Cahyo Tris Diantoro
    Twitter : @cahyo_tris
    Tautan share : https://twitter.com/cahyo_tris/status/1047312714941394945?s=19

    Daftar keinginan :

    1. Nyegah Jack untuk gak naik kapal Titanic biar masa-masa remajaku gak slalu terngiang backsound nya celine dion

    2. Ngecek keaslian dan kerimbunan kumis mas adamnya mbak inul

    3. Punya kemampuan sihir Harry Potter

    4. Punya buku death note untuk nulis nama2 dalang dibalik hilangnya temen2 waktu orba

    5. Koruptor diberi hukuman utk mendengarkan suara younglex saat freestyle

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama : Nur ayni fitri
      Media sosial : @ayfitr (Ig)
      Tautan share : https://m.facebook.com/nurayni.fitri.9?ref=bookmarks

      Daftar keinginan gokilku :
      1. Because gua pecinta bakso gua pingin banget makan bakso 50 kg dalam waktu 1 jam tapi gak kenyang"
      2. Karena gua sangat mementingkan pendidikan gua ingin tiap lihat sampul buku gua langsung bisa inget semua yang tertulis di dalamnya.
      3. Bisa ngadain konser musik keliling dunia walaupun ya suara gua gak bgus" amat ibaratnya (giant) di film doraemon.
      4. Jalan 1 langkah = 1 km jadi biar gua kalau kemana" gak mengeluarkan keringat hehe (walaupun sebenarnya gak sehat, sekali" bolehlah)
      5. Bisa punya alat tulis yang mandiri. Maksudnya jadi tiap pelajaran udah ada yang nyatetin dan ngerangkum bolehlah nyenengin tangan walau sebentar trus nnti gua tinggal ngedengerin gurunya tanpa bingung nyatetnya sampai mana.

      Delete
  15. Nama: Inka Ayu P

    Media sosial/email: twitter @inkaayu_p

    Tautan share: https://twitter.com/InkaAyu_P/status/1047395152849825792?s=20

    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Selalu mendapatkan apa yang saya mau.
    2. Semua orang bisa mengerti apa yang saya mau tanpa saya bicara lebih dulu.
    3. Semua orang melakukan apa yang saya inginkan dan mereka melakukan dengan senang hati tanpa saya memohonnya.
    4. Tidak ada satu pun orang yang berkhianat.
    5. Setiap hari selalu bahagia dan tak lupa bersyukur.

    ReplyDelete
  16. Nama:Oci Eksa
    Media sosial/email: @kadbytendkxnsk/ravaasre@gmail.com
    Tautan share:https://mobile.twitter.com/Kadbytendkxnsk/status/1047433943924924416
    Daftar Keinginan Gokilku:
    1. Naik kereta tapi di duduk di atas gerbong..
    2. Ngamen, beneran pengen nyoba ngamen rame2 :(
    3. Flashmob!!
    4. Lomba makan ramen :v
    5. Pergi ke luar angkasa :'v

    ReplyDelete
  17. Nama : Revi Rusfiani
    Twitter : @Revi_Rfi26
    Tautan Share : https://mobile.twitter.com/Revi_Rfi26/status/1047478579389505536?p=v
    Daftar keinginan gokilku :
    1. Pengen jadi detektif di Sekolah, menyelesaikan kasus yang susah sampai kasus yang cuman sampah :v
    2. Pengen terbang sama balon gas yang sengaja dibuat banyak, supaya aku bisa terbang :v
    3. Pengen diajarin sama Albert Eisten gimana rahasia bisa jadi orang cerdas :v
    4. Pengen punya konser musik, ditengah tengah hiruk pikuknya orang yang sedang berkeliaran :v bukan ngamen, tapi menyediakan hiburan gratis
    5. pengen punya kedai nasi goreng di afrika :v

    ReplyDelete
  18. Nama : Sumaiyah
    IG : @sumaiyahsmart827
    Tautan Share:https://www.instagram.com/p/BoeF0nDndma/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=10gvyuo7dwbvt

    Daftar keinginan gokilku:
    1. Bisa nulis Novel pertahun dpt diterbitkan 1 kali di Penerbit ternama
    2. Buat perusahaan tusuk gigi sendiri
    3. Bisa menyutradarai artis Korea (salah satunya : Janggeunsuk)
    4. Bisa ngeberangkatin Hajji dan Umroh Ayah, Ibu, kakak dan Adik jg aku sendiri
    5. Bisa punya ingatan yg cepat hapal untuk ngapalin Al-Qur'an lalu bisa istiqomah


    Aamiin Ya Robb

    ReplyDelete
  19. Nama: Tike Yuliana
    Sosmed/Email: @tikeyuliana/tikeyuliana@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/tikeyuliana/status/1047503072715452416?s=19

    5 Keinginan tergokil dalam hidup saya:
    1. Menonton race MotoGP live di sirkuit memakai baju adat atau memakai baju dari kain tradisional Indonesia.
    2. Pakai piyama karakter hewan jerapah sambil naik sepeda keliling kampung.
    3. Makan klepon atau kue carabikang di Papua (ya pokoknya sama orang-orang sana deh) sambil ngobrol di rumah Honai.
    4. Datang ke resepsi pernikahan yang tempatnya di perpustakaan, jadi nanti tamunya itu nggak cuma makan doang tapi juga sambil baca buku.
    5. Pengin lihat Marc Marquez (Pembalap MotoGP) jadi dalang terus ngomongnya bahasa Jawa lengkap dengan memakai baju adat Jawa Tengah atau Yogyakarta (waktu itu Marc sudah pernah memakai blangkon sama bawa wayang kulit sih, tapi kan belum pakai beskap sama ngomong bahasa Jawa).

    ReplyDelete
  20. Nama : DIDI SYAPUTRA
    Twitter/IG : @DiddySyaputra / @bookishman95
    Email : syaputradiddy@gmail.com
    Tautan : https://twitter.com/DiddySyaputra/status/1047518889213550592

    Daftar Keinginan Gokilku;

    Pertama.
    Olahraga sarungan.
    Sebenarnya ini akan terlaksana pada 22 Oktober mendatang. Tepatnya di Peringatan Hari Santri Nasional 2018 yang akan diadakan di Pesantren tempatku mengabdi. Karna temanya santri. Jadi semua harus dikemas sesantri mungkin. Salah satunya dengan sarungan untuk setiap perlombaan olahraga.

    Kedua.
    Pernah ikutan lomba makan kerumpuk ngg pas agustusan? Oke. Pernah. Nah kali ini kemasannya sedikit berbeda. Yak. Selain makan kerumpuk peserta juga akan makan nasi padang yang disuapi panitia. Wenna' kan yak haha. Semoga nanti di agustusan selanjutnya bisa terlaksana yes. Bantu aamiinin ;)

    Ketiga.
    Masih seputar agustusan nih. Kelen pernah liat para pejabat pemda ikutan panjang pinang atau balap karung pas agustusan? Belum? Okelah untuk kali pertama aku ingin mengajak para wakil rakyat membuktikan janji-janjinya yang katanya merakyat. Salah satunya dengan ikut serta langsung bersama rakyat memeriahkan agustusan. Yah daripada tidur-tiduran di kantor DPR mending ikutan lomba lomba gini kan yak. Ngg kebayang pas lomba panjat pinang ketua DPR meluk batang pinangnya erat banget, ngg taunya keasyikan tidur ckckck Haha. *psst, hanya daftar keinginan, tdk ada unsur melecehkan, peace v ;D

    Keempat.
    Karena aku pecinta buku. Satu daftar keinginan gokilku yang berkaitan dengan buku- ngadain taman baca di taman kota. loh, mana gokilnya? Tenang. Sebelum menikmati fasilitas baca gratis dan berkeliling taman kota kelen wajib menjawab 10 teka teki dari penjaga. Bermanfaat banget kan yak? Hahaa.

    Kelima.
    Terakhir, masih dengan read campange ;). Untuk sekarang sedikit berbeda, aku pinginnya di setiap antrean bank, belanja, bahkan toilet umum disediakan buku. Yakali yang boker baca dulu yak, ngg apa juga sih, biar bokernya berasa sweet gitu, tergantung yang dibaca juga, kalau Horor ntar bokernya minta temenin sama penjaga haha ;)

    NB
    Ngawur semua ini. Maafkeun Kang🙏

    ReplyDelete