Search This Blog

Thursday, August 9, 2018

Review dan Pengumuman Pemenang Giveaway: Things about Him


Judul Buku : Things About Him
Penulis : Nara Lahmusi
Penyunting: Aditiyo Haryadi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 248 Halaman
Cetakan: Pertama, Agustus 2018
Sampul : Orkha Creative



Pertama, saya suka sampul novel ini. Segar dan  tampak muda sekali, apalagi dibalut warna hijau kesukaan saya. Judulnya juga unik, bikin penasaran, dan nggak kayak judul teenlit kebanyakan. Ditambah lagi, ada nama saya sebagai salah satu karakternya *pede kuadrat*. Begitu saya ditawari untuk mengulas sekaligus menjadi host untuk blogtour novel Things about Him, saya pun langsung menyanggupi *buang dahulu naskah lemburan, abaikan Pak RT #eh. Ini novel kedua Mas Sayfullan yang saya baca setelah Rival Brother dan saya masih menemukan keunggulan yang sama: tulisan yang mengalir dan enak diikuti. Saya menghabiskan novel ini dalam sekali duduk, dari jam satu sampai setengah empat dini hari. Bagi saya, novel yang bagus adalah novel yang pembaca nikmat membacanya--apa pun genrenya. Things about Him adalah salah satunya.

"Tugas manusia itu hanya berjalan ke depan, bukan ke belakang." (hlm. 239)

Secara tema dan karakterisasi, novel ini tidak jauh berbeda ketimbang novel-novel teenlit yang lagi hits di pasaran. Tema jatuh cinta, persahabatan, dan kekeluargaan dirajut dalam kisah yang khas remaja banget. Adalah Cinta dan Dion, dua remaja yang bertetangga sejak kecil. Saat SMP keduanya sudah hampir tak terpisahkan. Keduanya seolah ditakdirkan bersama hingga di masa depan. Dion juga yang mendampingi Cinta dalam masa-masa terkelamnya saat kedua orangnya memutuskan bercerai. Cinta yang penuh semangat diam-diam mengagumi Dion yang kalem dan tenang. Sampai suatu ketika, Dion menghilang tanpa kabar. Cinta sudah berupaya mencari informasi tentang cowok itu tetapi hasilnya nihil. Satu tahun pertamanya di SMA diwarnai dengan upaya mencari informasi tentang Dion. Tapi, Dion seolah raib entah ke mana.

"Kalau kamu lagi marah dan benci dengan seseorang, coba ingat-ingat lagi kebaikan dan pengorbanannya selama ini buat kamu." (hlm. 238)

Satu tahun pertama SMA cinta juga dihadiri oleh sosok lain bernama Jason. Berbeda dengan Dion, Jason ini orangnya pemaksa banget. Dia juga soktau, arogan, mau menang sendiri, dan entah kenapa selalu mengganggu Cinta. Tetapi, Jason memiliki hobi fotografi, hobi yang sama dengan Dion. Sejak pertama melihat cowok itu, Cinta juga langsung teringat sama sahabat lamanya yang menghilang itu. masalah makin pelik karena Jason mendadak menunjukkan gejala ingin mendekati Cinta. Pantang menyerah cowok itu terus memepet Cinta, mulai dari mengantar-jemput ke sekolah, selalu siap dengan tisu di saku (tentu untuk mengusap air mata  (Cinta), sampai berusaha merebut hati ayahnya Cinta. Cewek itu pun waswas sekaligus galau: benarkah Jason adalah sang pengganti Dion? Apakah cowok itu benar tulus kepadanya?

"Jangan menilai orang dari luarnya." (hlm. 151)

Masalahnya nggak sampai di sini. Ramon, anak culun yang menjadi teman sebangku Cinta terus memberi tahunya bahwa Jason berbahaya. Dia meminta gadis itu untuk menjauhinya. Saat ditanya alasannya, Ramon berkata bahwa Jason memiliki hubungan dengan masa lalu Cinta. Maka Cinta pun terombang-ambing antara menerima Jason, mengkhianati Dion, atau mempertimbangkan saran dari Ramon. Dalam kebingungan inilah penulis kemudian dengan santainya mengajak pembaca flashback ke masa lalu Cinta saat masih bersama Dion. Teknik pengalihan yang cerdik sekaligus segar karena dari masa lalu itu jugalah Cinta akhirnya menemukan jawaban atas masalah-masalahnya. Novel ini ditutup dengan happy ending khas bacaan remaja yang memuaskan sekaligus bikin terharu. Jadi, Dion sebenarnya menghilang kemana? Mana yang akan dipilih Cinta, Dion atau Jason? Siapa sebenarnya Ramon?

"Cinta yang sebenarnya itu akan membuat kita bahagia jika melihat orang yang kita cinta juga bahagia." (hlm. 233)


Satu kalimat untuk novel ini: teenlit yang rapi. Gimana ya ngejelasinnya, kayaknya penulisnya sudah bikin semacam skema gitu saat menulis novel ini. Si A anunya di B, yang adalah anunya si C kemudian nanti si A dan C saling menganu. Ini yang bikin Things about Him terasa enak sekali dibaca, bahkan ketika ada banyak adegan flashback yang bersliweran. Kemudian, dengan twist yang muncul sebagai penutup untuk melengkapi proses pembacaan novel ini. Gaya menulis yang mengalir ditambah kerapian susun adegan adalah dua hal yang menjadi poin plus untuk novel ini, selain sampulnya tentu saja. Penulis juga banyak mencantumkan ilmu biologi dalam novel ini, apalagi ada bagian tentang teknik pembuatan nata de coco. Malam-malam saya langsung membuka kulkas demi mencari nata de coco sambil baca novel ini. Seger sih kayak sampul buku ini.

"Karena berubah menjadi lebih baik itu wajib." (hlm .162)

Karakterisasi mungkin yang agak klise. Saya masih menemukan aroma Edward Cullen dan Bella dalam interaksi antara Jason dan Cinta. Jason ini tipe cowok yang sempurna banget: atletis, berkulit putih, dan tumpangannya motor sport merah. Tipikal kakak kelas idola banget gitu. Klise memang,  tapi justru tokoh-tokoh seperti ini yang mungkin dicari para pembaca remaja--yang mengingatkan saya kembali bahwa ini memang novel remaja. Jujur, saya agak terganggu dengan penggunakan istilah "sayko" (merujuk pada psiko-nya ppsikopat) yang banyak muncul di novel ini. Tapi, kata penulisnya, itu dari editornya jadi ya bagaimana lagi. Mungkin untuk menghindari serapan Inggris yang nanggung. Eh, tapi ada kata 'halu' juga ding. 

Untuk typo ada beberapa dan wajar-wajar saja, kecuali di halaman 114 ada kata "mengendus" yang mungkin maksudnya "mendengus". Beberapa bagian percakapan antara Dion dan Cinta juga  menurut saya agak terlalu berat untuk bisa diucapkan seorang remaja SMP. Tapi, siapa tahu juga kalau anak SMP sekarang memang sudah berat gitu pemikirannya. Untungnya, penulis menuliskan dialog serta interaksi antar karakternya dengan begitu mulus, khas kayak anak-anak abg--yang bikin buku ini semakin terasa teenlitnya. Apalagi ya ... hmmm ... pokoknya mending baca sendiri novelnya kalau ingin lebih terpuaskan. Intinya, jika kamu ingin membaca teenlit yang ringan sekaligus menghangatkan hati, Things about Him adalah pilihan yang bagus. 

GIVEAWAY




Terima kasih, teman-teman. Luar biasa memang antusiasme calon pembaca novel Things about Him ini. Peserta yang ikut mencapai 33 orang (walau ada satu yang nyasar dari Jepitu *digebuk Tiwi). Sungguh jumlah yang cukup banyak. Kalau tidak salah, jumlah peserta GA yang lebih banyak dari postingan ini adalah saat saya memposting Blogtour and Giveaway novel Milea dari Pidi Baiq. Semua berkat sampul bukunya pasti ... eh nggak ding, berkat penulisnya dong. Sesuatu yang ditulis dengan sepenuh hati pasti mendapatkan banyak hati. Tanpa berpanjang lebar lagi, saya umumkan saya pemenangnya. Yah, walau beliaunya lebih milih Jason ketimbang Dion, tapi mau bagaimana lagi. Semesta telah berbisik untuk memilih pemenangnya sebagai berikut:


Nama: A.A. Muizz
Twitter/Email: @aa_muizz/dereizen@gmail.com
Kota: Semarang
Link share: https://twitter.com/aa_muizz/status/1027434956404883456?s=19
Jawaban: Jason


Selamat kepada pemenang. Silakan langsung setor alamat kirimnya ke mas Sayfullan ya lewat twitter @naralahmusi. Atau DM saya juga boleh ding, nanti tak kirimin alamatnya ke mas Say. Terima kasih sudah berkunjung di Baca Biar Beken. Jangan lupa ikuti terus rangkaian blogtour dan instatour novel Things about Him di media sosial.


33 comments:

  1. nama : FArida ENdah
    twitter/FB/email : Twitter : @farida_271 / email : faridaendah@gmail.com
    kota domisili : Pacitan Jawa Timur
    Link Share : https://twitter.com/farida_271/status/1027363307391315968
    jawaban : Dion

    ReplyDelete
  2. Nama : Hamdatun Nupus
    Twitter : @HamdatunNupus
    Kota Domisili : Depok, Jawabarat
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/1027376719987003392?s=19
    Jawaban : Jason

    ReplyDelete
  3. Nama : Reni
    IG/twitter : koalalien/renifz
    Kota domisili : Jakarta
    Jawaban : Dion

    Kenapa nggak boleh pake alasan, Mas? Kan aku mau sepik-sepik dikit gitu. Cewa ih.

    ReplyDelete
  4. nama: park jimin
    twitter: inichimmy
    kota: busan, korea selatan
    jawaban: jason

    aku tetep ngasih alasan. jason itu kayak nama idol. sedangkan dion itu lebih ke seorang cowok yang sering disuruh-suruh pak rt, penulis, penerjemah, plus penyambut tamu adek adek gemas minta bantuan buku. dion itu, nggak ada idol-idolnya blas. bhay~

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Nama: Ade Yuanita Putri Pratiwi
    Twitter: @AdeYuanitaPutr4
    Email: adeyuanitaputri8@gmail.com
    Kota: Purwokerto
    Jawaban: Dion

    ReplyDelete
  6. Nama: A.A. Muizz
    Twitter/Email: @aa_muizz/dereizen@gmail.com
    Kota: Semarang
    Link share: https://twitter.com/aa_muizz/status/1027434956404883456?s=19
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  7. Nama: Desty
    Twitter/FB/email:@destinugrainy
    Kota domisili: Palopo
    Link share: https://twitter.com/destinugrainy/status/1027449483322372096

    Jawaban: Dion (((joenjoengankoe)))

    ReplyDelete
  8. Nama:Ibnu Majah
    Twitter/FB/email:den.bagoes33@gmail.com
    Kota domisili:Boyolali, Jateng.
    Link share: https://www.instagram.com/p/BmQNaQ6FysK/?taken-by=ibnu_berkicau
    Jawaban:DION

    ReplyDelete
  9. Nama: Mahfudz Dwipatra
    Twitter: @MDwipatra_
    Kota Domisili: Jogjakarta
    Link share: https://twitter.com/MDwipatra_/status/1027569140553281537?s=19
    Jawaban: Jason (karena dia bukan Dion) 😅

    ReplyDelete
  10. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114
    Domisili: Surakarta
    Link: https://twitter.com/bety_19930114/status/1027576165622472705
    Jawaban: Dion

    ReplyDelete
  11. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter/email: @desitaw97 / desitaw97@gmail.com
    Kota domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/1027581768633729024
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Nama : Vika Atika
    FB/IG : Vika Atika / @hujansecangkir
    Domisili : Jogjakarta
    Link share : https://www.instagram.com/p/BmRKKjDHpm1/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=f3u5s4yvx2h7
    Jawaban : Jason

    ReplyDelete
  14. Nama : Noedy
    twitter : Noedy96
    Domisili : Surabaya
    Link share : https://twitter.com/noedy96/status/1027680608560893952
    Jawaban : Dion

    ReplyDelete
  15. Nama : Dedik A
    twitter : @ardeto_khan
    Domisili : Lamongan
    Link share : https://twitter.com/ardeto_khan/status/1027710388404539392
    Jawaban : Dion

    " Aku maksa banget buat ngasih alasan ya,.. hehehe. Karena Dion itu orang yang baik hati. Hehehe,.. contohnya pemilik blog ini namanya Dion. Dia baik banget mau bagi-bagi review buku bagus. "

    ReplyDelete
  16. Nama: Dhamala Shobita
    IG/Twitter: dhamalashobita
    Kota domisili: Pangkalan Kerinci
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  17. Nama : Bintang Maharani
    Twitter : @btgmr
    Domisili : Palembang, Sumatera Selatan
    Link share : https://twitter.com/btgmr/status/1027779811802902529
    Jawaban : Jason

    ReplyDelete
  18. Nama : Yokko Cesoeria lubis
    Twitter : yo yamakaze lubis
    Domisili : Banda aceh
    Jawaban : dion
    Link share : https://mobile.twitter.com/Yo_yamakaze/status/1027788989871181824

    ReplyDelete
  19. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Kota domisili: Serang
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/1027833604917739520
    Jawaban: Dion

    ReplyDelete
  20. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Kota: Aceh
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/1027938878521454592?s=19

    ReplyDelete
  21. Nama : Revi Rusfiani
    Twitter : @Revi_Rfi26
    Domisili : Kuningan, Jawa Barat
    Link Share : https://mobile.twitter.com/Revi_Rfi26/status/1027945202978308097?p=v
    Jawaban : Jason

    ReplyDelete
  22. Nama: Arifah Itsnaini
    Twitter/FB/email: @arifah_itsnaini
    Kota domisili: Teluk Lingga, Kutai Timur
    Link share: @Arifah_Itsnaini: https://twitter.com/Arifah_Itsnaini/status/1028075580158238723?s=01
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  23. Nama : Sofhy Haisyah
    Twitter : @Sofhy_Haisyah
    Domisili : Makassar
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/1028086166011097088

    Jawaban : Dion

    ReplyDelete
  24. Nama : Ayu Widyastuti
    Twitter : @widyayu15
    Domisili : Palembang
    Link share : https://twitter.com/widyayu15/status/1028102433136828416
    Jawaban : Dion

    ReplyDelete
  25. Nama:Yohana
    Twitter/FB/email:yohanasiallagan23@gmail.com
    Kota domisili:RIAU
    Link share:https://mobile.twitter.com/MrsSiallagan/status/1028224682074431489?p=v
    Jawaban: Pilih Dion

    ReplyDelete
  26. Nama: Iput A. Futhona
    Twitter: @my_booklicious
    Domisili: Tasikmalaya
    Link share:
    https://twitter.com/my_booklicious/status/1028385283127959552?s=19
    Jawaban: DION

    ReplyDelete
  27. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Domisili: Kota Palembang
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/1028319552403197952
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  28. Nama : Fanny Fenanda
    Email : fannyfenanda76@gmail.com
    Kota domisili : Yogyakarta
    Link share : https://www.instagram.com/p/BmXJf1OHUuz/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1s5y87s13yi20
    Jawaban : Dion

    ReplyDelete
  29. Nama : Rini Cipta
    Twitter : @rinicipta/email :rinspiration95@gmail.com
    Domisili : Karangasem, Bali
    Link share : https://twitter.com/RiniCipta/status/1028501525780295680?s=19
    Jawaban : Jason

    ReplyDelete
  30. Nama: Insan Gumelar CG
    Twitter/email: @san_fairydevil / alamadt_saya@yahoo.com
    Kota domisili: Surakarta
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/1028545127495553024?s=19
    Jawaban: Jason

    ReplyDelete
  31. Nama : Seffisoffi
    Twitter : @seffiii - seffisoffi@gmail.com
    Domisili : Bandung
    Linkshare : https://twitter.com/seffiii/status/1028586472113233920?s=19

    Jawaban : Dion

    ReplyDelete
  32. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Domisili: Palembang
    Link share: https://twitter.com/murniaya/status/1028640644279894017

    Jawaban: Jason

    ReplyDelete