Search This Blog

Friday, May 26, 2017

Pengumuman Pemenang Blogtour and Giveaway: Man's Defender

Judul: Man’s Defender
Penulis: Maisie Junardy dan Donna Widjajanto
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Editor: Hetih Rusli
Cover: Eduard Iwan Mangopang
Cetakan: Pertama
Terbitan: Jakarta, 2017
Tebal: 288 Halaman
ISBN: 978-602-03-3983-2






Selama ini, banyak dari kita yang takut dengan perbedaan. Padahal, perbedaan sama sekali bukan sesuatu untuk ditakutkan. Perbedaan di dunia ini adalah sebuah kewajaran adanya. Dalam satu ayatNya, Tuhan juga telah menegaskan bahwa perbedaan adalah suatu fitrah dalam ciptaanNya. Mengapa harus takut pada perbedaan dan keberagaman? Mungkin, kita hanya belum tahu tentang betapa samanya kita dalam perbedaan. Bahwa setiap kita adalah unik dan berbeda, dan itulah persamaan yang menyatukan kita. Mempromosikan tentang pentingnya memahami dan menghargai perbedaan sebagai sebuah keunikan ini juga bisa dilakukan lewat bacaan. Hal indah inilah yang dilakukan Maisie Junardy dan Donna Widjajanto lewat novel ini. Memadukan asyiknya teknologi game virtual dengan kisah khas remaja belasan tahun, kedua penulis ini berhasil menyisipkan jubelan materi tentang indahnya keberagaman lewat kisah yang cukup seru untuk disimak.

"Tidak ada manusia di dunia ini yang sepertimu, dan tidak pernah akan ada lagi. Begitu juga menusia lainnya. Kalian memiliki kesamaan untuk berbeda." (hlm. 109)

Perasaan takut inilah yang awalnya dirasakan Alexander Putra Rosetti. Dilahirkan dari orang tua yang berbeda ras menjadikan dirinya anak ras campuran. Dirinya selalu terlihat berbeda di antara teman-temannya. Ini semakin diperparah dengan orang tuanya yang sering berpindah-pindah tempat tinggal. Dalam usianya yang masih enam belas tahun, Alex sudah pernah tinggal di banyak negara, mulai dari Tiongkok hingga Turki, dari Indonesia hingga India. Hampir setiap tahun, keluarganya berpindah rumah ke negara lain. Sayangnya, pengalaman terus berpindah-pindah inilah yang tidak disukai Alex. Terlalu cepat tinggal di suatu negara membuatnya tidak memiliki teman akrab. Baru saja dia menemukan teman-teman yang cocok, orang tuanya keburu mengajaknya berpindah negara. Maka makin nggak punya temanlah dia. Fisiknya yang berbeda juga sering membuatnya ditolak, seperti pengalaman buruknya selama tinggal di India.

"Kita tidak bisa mengubah orang lain, Alex. Tapi kita bisa mengubah diri kita sendiri." (hlm. 143)



Marco, Ayah Alex sendiri seperti tidak peduli dengan putranya. Pria itu begitu disibukkan dengan pekerjaannya hingga bahkan istrinya sendiri pun tidak tahan dengan pilihannya ini. Apa yang sebenarnya sedang dikerjakan Marco? Dia ternyata sedang merancang
CAASI–Culture Art Application and Simulation Interface, sebuah alat yang ditujukan untuk memperkenalkan keragaman budaya manusia di penjuru dunia. Dan putranya, Alex, akan menjadi subjek ujicoba yang pertama kali menggunakan CAASI ini. Apa sih sebenarnya CAASI ini? Alat ini berbentuk sarung tangan dan dikenakan saat penggunanya sedang tidur. Melalui titik-titik akunpuntur yang ada di ujung jari, CAASI akan membawa penggunanya ke alam mimpi tempat dia bisa bertemu serta berinteraksi bersama avatar pilihannya. Selama tidur, si pengguna akan diajak untuk berkeliling dunia dalam rangka mengenal anekaragam manusia dan kebudayaannya.

"Dunia kita ini sangat kaya budayanya. Banyak sekali harta karun yang bisa kita eksplorasi." (hlm. 182)

Berkat CAASI, Alex bisa melanglang buana mengunjungi berbagai manusia di berbagai belahan dunia, mulai dari suku Aborigin di Australia hingga ikut dalam penyerbuan bangsa Mongol yang pernah menguasai hampir seperempat dunia. Bagian inilah salah satu yang paling menarik dari buku ini. Sebagai pembaca, kita juga turut disuguhi banyak pengetahuan etnologis dan antropologis tentang banyak hal: tentang filosofi onsai di Jepang, tentang suku bangsa di Filipina yang memiliki sinonim terbanyak dari nasi, tentang Papua Nugini dengan dialek bahasa terbanyak di dunia, hingga perlambang dari tarian sufi yang berputar-putar itu. Pokoknya, banyak banget ilmu dan pengetahuan baru yang bakal kamu dapatkan dengan membaca novel ini.

"Dan kau tidak aneh. Berbeda itu tidak aneh." (hlm. 72)

Walau demikian, sebagaimana yang dikeluhkan Alex, CAASI masih cenderung mengajari dengan cara menguliahi atau menggurui. Beberapa pembaca mungkin juga akan merasa kalau novel ini hampir-hampir seperti ensiklopedia dengan banyak data di dalamnya sehingga tugas 'berceritanya' agak terganggu. Tetapi, mengesampingkan itu, buku ini tetap masih bisa dinikmati sebagai bacaan yang mengasyikkan. Kisah Alex juga mengingatkan kita pada bacaan-bacaan remaja ala-ala novel terjemahan. Lebih dari itu, novel ini turut mengemban sebuah tugas mulia yang teramat kita butuhkan saat ini: menghargai perbedaan. Di masa ketika dunia maya begitu riuh dengan ujaran kebencian karena perbedaan, buku ini sedikit banyak akan menyadarkan kita betapa sejatinya kita semua sama karena setiap kita adalah unik dan berbeda. 

“Alex, berbeda itu bukan kesalahan… Keunikanmu berharga… Keunikanmu adalah kelebihanmu…”  (hlm.75)





Pengumuman Pemenang


Mohon maaf atas molornya pengumuman pemenang GA novel Man's Defender. Ternyata, mengurusi perbaikan website kantor butuh begitu banyak perhatian, kesabaran, dan ketelitian. Tetapi, alhamdulillah sudah lumayan senggang ini dan di Minggu pagi nan ceria ini, inilah pemenangnya:


Frida Kurniawati
Twitter: @kimfricung
Email: vreesanthemum@gmail.com
Link share: https://twitter.com/kimfricung/status/869575016723079172

Selamat untuk pemenang. Silakan tunggu colekan saya di Twitter ya. Buat yang belum beruntung, tenang dulu. Mulai Senin ini bakal ada lagi giveaway keren di Baca Biar Beken. Hadiahnya DUA NOVEL yang tebal dan MAHAL. Ikutan ya.


Terima kasih sudah ikutan.

25 comments:

  1. Nama: Tike Yuliana Pratama
    twitter: @tikeyuliana
    Email: tikeyuliana@gmail.com
    Link:  https://twitter.com/tikeyuliana/status/868013092419928064?s=09

    Keunikan saya, ini kata orang-orang terdekat saya.
    Yaitu, katanya saya ini masih aja absurd dan aneh, padahal usia saya sudah memasuki angka 2. Saya yang masih aja suka lagu anak-anak,dan menyanyikannya di depan anak-anak kecil yang ada di lingkungan rumah saya, kalau hari libur tentunya. Karena menurut saya, di zaman sekarang, anak-anak itu kehilangan haknya, apalagi untuk hiburan. Jadi, karena saya suka anak-anak kecil dan ingin jadi pendongeng, setiap hari libur, saya berusaha membujuk anak-anak tetangga saya untuk main ke rumah saya. Dan menjadi korban kelakuan absurd saya yaitu mereka mendengarkan suara aneh saya yang nyanyi lagu anak-anak (terkadang diselingi lagu daerah dan nasional), mendongengkan mereka cerita anak-anak atau legenda nusantara, dan membuat mereka betah di perpustakaan mini milik saya supaya mereka mau membaca buku.

    ReplyDelete
  2. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Email : hamdatunnupus@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/868129246056660992

    Jawaban :

    Entah apa hal ini bisa disebut suatu kelebihan/keunikan. Tapi dari yang aku sadari aku mudah menebak karakter seseorang. Bahkan kepada seseorang yang baru pertama kali bertatapan sekalipun. Dan aku mempunyai intuisi/firasat yang nyaris selalu tepat.
    Biasanya, akan dengan mudah kutempatkan mana orang yang harus kusukai dan mana orang yang harus kubenci hanya dari pandangan pertama yang tersirat melalui matanya, aku bisa menebak seseorang sedang berbohong atau tidak. Karena menurutku gesture nya sangat terlihat jelas. Karena mata adalah satu-satunya organ terjujur setelah hati menurutku.
    Hal ini juga yang membuat teman-teman disekelilingku acap nyaman berbicara apapun kepadaku. Karena aku bisa mengimbangi obrolan mereka, bisa berempati dengan segala kerumitan hati dan pikiran mereka.
    Tapi kadang bakat ini bisa membuatku jahat. Karena aku juga bisa mengarahkan seseorang untuk memutuskan hal-hal yang sesungguhnya menjadi kehendakku. Meski lebih sering membuat yang retak menjadi satu, aku juga bisa membuat yang satu menjadi lebur tanpa sisa. Oke itu menakutkan, tapi untungnya aku hanya melakukan hal-hal semacam itu kepada orang2 yang menurutku pantas mendapatknya :)

    ReplyDelete
  3. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Domisili: semarang-jawa tengah
    Link share: https://twitter.com/Virscnd/status/868172012300247040
    Jawaban:
    Keunikan yg aku miliki? Aku suka membaca sifat dan reaksi seseorang dari kondisi yg dia alami sendiri, mungkin ini lebih mengarah ke psikologi, dan aku sukaa

    ReplyDelete
  4. Nama: Rimadian Ulfa Y.
    Twitter/Facebook: @AdinRim/Rimadian Ulfa Yusfia
    Email: rulfayusfia[at]gmail[dot]com
    Link share: mobile.twitter.com/AdinRim/status/868095640110157830?p=v
    Jawaban: keunikanku adalah tiba-tiba suka sama seseorang gitu aja, meski awalnya biasa aja, tahu-tahu sadar kalau saya naksir orang itu *padahal dia-nya malah udah biasa aja sama saya*.
    wah itu keunikan nggak sih? tapi itu fakta yg lagi terjadi saat ini *sekalian numpang curhat*.

    ReplyDelete
  5. Nama: Khairunnisa Istiyana
    Twitter/Facebook: Khaisti_11/khaisti
    Email: khaistii11@gmail.com
    Link share:
    https://twitter.com/Khaisti_11/status/868255650182184960

    Jawaban :

    Dipanggil tante di umur yang masih dibilang muda.
    Ini di mulai dari aku yang nyanyi lagu CJR-Tante Linda dan berujung kini hampir setengah kelas adalah keponakkanku πŸ˜‚πŸ˜­
    Dari keunikan ini aku mulai bertindak layaknya "tante" pada umumnya. Salah satunya: temanku yang lelet, selalu kutungguin kalau misalnya ganti ruangan, seperti ke lap IPS, lapangan untuk olahraga atau MTK yang tak menentuπŸ˜‚
    Terus ada lagi, aku selalu dengerin curhatan temanku yang sebangku, layaknya tante pada ponakkan πŸ˜‚
    Lalu, mau itu di dalam kelas sampai lingkungan sekolah di panggil tante oleh teman-temanku itu! Kan parah banget! Apa lagi pas upacara tetep manggil TANTE. Tapi anehnya, aku gak kesel πŸ˜‚ sepertinya aku harus periksa ke dokter, mungkin otakku terbentur sesuatu πŸ˜‚

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Nama:Sandra Hamidah
    Twitter/Facebook:@Sandra_artsense / Sandra Hamidah
    Email:sandra.artsense@gmail.com
    Link share:https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/868313263582224384

    Halo Kak Dion, salam kenal ya makasih atas kesempatannya. Kalau ditanya keunikan dan kelebihan yang bikin bangga adalah karena saya satu-satunya lulusan Manajemen Bisnis yang jadi Drawing Teacher paska lulus kuliah haha mungkin orang bilang enggak nyambung dan ilmu enggak kepake padahal itu salah besar. Ilmu manajemen saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari terutama sebagai New mom seperti sekarang dimana saya harus telaten dan mandiri merawat anak serta harus tetap berkarya mengejar passion saya di bidang seni. Jadi, enggak ada istilah salah milih jurusan ya selama enggak salah milih tujuan hidup hihi

    ReplyDelete
  8. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter/FB: @bety_19930114/Bety Kusumawardhani
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    Link share:https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/868324454429990912?p=v
    Jawaban:
    Keunikan yang aku miliki itu bisa tidur dengan cepat dalam hitungan detik dan bisa tidur dalam kondisi apapun serta dimanapunπŸ˜‚ Aku bangga punya keunikan itu karena ternyata efek yg aku rasakan luar biasa.. Misal: aku tidak mudah lupa, lebih produktif dalam berkarya, bersemangat dalam menjalani hari terutama saat bekerja, tidak gampang stress, muka terlihat lebih fresh dibandingkan dengan orang yang kurang tidur dan insomnia, serta aku lebih percaya diri karena tidak punya mata panda🐼😁

    ReplyDelete
  9. Nama: MUkhammad Maimun Ridlo
    Twitter/Facebook: @MukhammadMaimun / Mukhammad Maimun Ridlo
    Email: maimun_ridlo@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/MukhammadMaimun/status/868506488058159104

    Keunikan saya adalah tubuh saya yang lumayan lebih gede dibandingkan orang 'normal'. Sehingga ini membuat saya mudah sekali dikenali diingat dan dikenali saat sedang berkumpul, pelajaran/diklat dan sebagainya. Dipadukan dengan sifat saya yang memang kadang suka ngebanyol sehingga membuat teman-teman banyak yang suka.
    Tapi konsekuensinya, saat ada apa-apa, yang dibully atau ditunjuk ke depan pasti saya dulu....

    ReplyDelete
  10. Nama: Veronika Septi Rahayu
    Twitter: @ayu_vero29
    E-mail: ayu.veronika@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/ayu_vero29/status/868580079256743937

    Jawaban:
    Keunikan yang aku miliki dan aku bangga karenanya, diantaranya:
    1). Umurku 27 tahun, aku sudah menikah dan meliliki balita berusia 3 tahun. Aku seorang ibu yang memilih berkarir. Badanku kecil hingga kadang orang-orang di sekitarku tak mengira umurku sudah sekian :D dikiranya aku masih diawal2 20tahun hehe (padahal sudah tua) dan katanya memang mukaku belum tampak seperti umurku kini. Pernah ketika aku di Bank berkonsultasi dg costumer servicenya beliau mengira aku masih kuliah :D :D kadang di kondisi semacam ini aku ingin berontak, "Saya sudah bekerja, sudah menikah dan punya anak". Dan sering sekali ketika jalan-jalan bertiga bersama balitaku dikiranya anakku ini adalah adikku -___- . Yaah...kadang sedih sih dengan pernyataan mereka bahwa aku tak tampak seperti usiaku kini, tak tampak jika telah menikah dan punya anak. Tapi di situ kadang ada terselip rasa bangga bahwa paling tidak diriku awet muda bagi sebagian orang :).
    2). Aku tipe orang yang workaholic. Sebagian waktuku dari jam 8 pagi hingga jam setengah 5 sore kuhabiskan dengan berbetah ria di depan komputer. Saking hardworker nya....istirahat makan siangpun ku lalui didepan komputer, kadang makan siangpun bisa multitasking dengan memegang mouse dan menatap layar menyelesaikan pekerjaan. Yaaa...aku memang betah duduk. Dan kadang memang 1 atau 2 macam pekerjaan bahkan lebih...bisa kuselesaikan dalam sekali waktu. Dan aku bangga dengan multitasking yang ada di diriku :) sebab aku memiliki prioritas, yakni pekerjaan utk 1 hari harus aku selesaikan hari itu juga. Dan karena itulah aku tidak pernah terlambat dalam menyelesaikan deadline kerjaku.

    ReplyDelete
  11. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Email: riinafitrii68@gmail.com
    Link Share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/869015232701636608

    Keunikanku adalah aku itu orangnya perfeksionis, sangat-sangat perfeksionis. Jadi pekerjaan atau kegiatan apapun itu pasti kulakukan dengan terencana dan sistematis. Aku paling tidak bisa dengan hal-hal yang mendadak atau tidak terencana, serta hal-hal yang tidak teratur. Banyak kelebihan yang kudapatkan dari sifat perfeksionisku ini. Aku bisa lebih maksimal ketika menghadapi ujian karena aku sudah belajar sejak jauh-jauh hari. Jika ada tugas makalah, maka dapat dipastikan makalah tersebut jauh dari typo dan kesalahan-kesalahan lainnya. Karena sifatku yang perfeksionis, aku membaca kembali keseluruhan isi makalah untuk memastikan makalahku benar-benar sempurna. Kelebihan lainnya, semua barang-barangku tersusun dengan rapi. Dari mulai fotokopian tugas, kumpulan buku dan novel, serta susunan baju di lemari. Banyak juga yang memuji bahwa catatanku sangat rapi seperti memang didikte untuk ditulis oleh dosen. Padahal sebenarnya aku hanya mencatat apa yang disampaikan dosen di depan, hanya saja aku menulisnya secara teratur dan rapi. Tetapi sifatku ini juga memiliki kelemahan, yaitu aku butuh waktu yang lebih lama dari orang lain untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Tetapi itu sepadan bukan dengan hasilnya yang sempurna?

    ReplyDelete
  12. Nama:Sri Muh. Kusumantoro
    Twitter:@adikhyuan
    Email:adayasindisi@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/adikhyuan/status/869024544048033793
    Keunikanku adalah berbeda dengan kebanyakan teman-temanku yang lain. Relitas kebanyakan temanku suka musik barat, aku malah suka musik timur. Temen-temenku suka nonton bola, aku malah suka nonton kartun. Temen-temenku suka merokok, aku malah suka permen. Temen-temenku suka ngopi, aku malah suka ngeteh. Temen-temenku suka ngegame, aku malah suka baca buku. Meskipun demikian.. kami masih bisa berteman.. Adanya perbedaan terhadap hal yang disukai membuat kita saling share (ya.. meskipun ada bumbu.. saling ejek-mengejek... tapi itu hanya bercandaan) Berteman tidak harus sama.. karena inti dari berteman adalah main dan kumpul bareng...:D

    ReplyDelete
  13. Nama: Yohana
    Twitter: @mrssiallagan
    Email:yohanasiallagan23@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/MrsSiallagan/status/869043509910675457
    Jawaban : Keunikan sekaligus kelebihan saya adalah saya tipe orang yang "chatty" alias cerewet. Saya bisa ngomel adik2 saya bahkan hal sepele pun. Misalnya, adik saya sehabis mandi asal saja meletakkan handuk. Saya bakal cerewet, hal ini tentunya memperingatkan dia saja, tidak lebih. Sy juga bisa menjadi alaram buat mereka. Misalnya, bangunin mereka sekolah, suruh tidur pas waktunya, atau ngingatin supaya tidak ketinggalan buku pelajaran.Tapi saya tidak cerewet sama orang yang baru saya kenal lho :)

    ReplyDelete
  14. Nama: Sti Nihlatul Fuadah
    Twitter: @Nihlafuadah09
    Email: nihlafuadah@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/Nihlafuadah09/status/869084526328201216

    Jawaban:
    Bercermin dari kisah Alex. Mungkin, aku juga sedikit sama seperti dia. Sering berada ditempat yg berbda dgn cepat, membuatku sadar. Ketika aku ingin memiliki teman atau sahabat itu kadang merasa sulit. Dan aku fikir, aku bukan orang yg supel, cerewet parah sama orang yg aku anggap nyaman aja. Dan kedua sifat yg bertolak belakang ini ada pada diri aku sekaligus. Kedua sifat ini juga yg menjadi bumerangku, karna aku sering sekali cenderung tak bisa menikmati moment, atau tak mampu berbaur, dengan sipatku yg kata orang lebih sering disebut introvert ini. Juga ketika aku telah nyaman dngn seseorang, sering kali ornag itu malah menjauhiku karna berfikir aku terlalu mengganggu. Aku fikir, itu sih kekurangan dari sifatku yg bisa kusebut sbgai kekurangan jga kelebihan.

    Karna dengan introvert misalnya, aku mampu menjaga diriku untuk tidak terkontaminasi dgn pergaulan yg tidak-tidak. Juga, kata orang aku termasuk orang yg sulit terpengaruh karna sifatku yg satu ini. Lalu, dengan keceriwisan aku, yg super cerewet hnya padaa orang-orang yg membuatku nyaman itu mampu membuat mereka tersenyum. Ibadah bukan? Dan aku akui itu sedikit kelebihanku.

    Hehehe.. agak aneh juga sih, sepertinya jawabanku, tapi, emng itu sih yg aku rasakn pd dirikuy sendiri.

    ReplyDelete
  15. Keunikanmu adalah kelebihanmu. NNama: Insan Gumelar Cipraning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    Link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/869279361135853569

    "Keunikanmu adalah kelebihanmu. Nah, share dong di sini keunikan yang kamu miliki dan kamu bangga karenanya?"

    Aku cerewet. Aku orang yangvsangat cerewet kalau sudah merasa nyaman dengan orang lain, namun kalau belum kenal, aku bisa diam seribu bahasa. Kenapa aku bangga dengan kelebihanku itu? Sebab, dengan begitu aku merasa lebih bahagia, lebih ceria, dan menghibur orang. Soalnya, di keluargaku sendiri, kalau aku lagi sakit atau aku lagi enggak ada, rumah seketika sepi. Semacam peramai suasana. Terus kalau lagi kumpul sama temen tuh semacam jadi pembuka pembicaraan. Muncul aja apa yang dikepala. Dan biasanya yang aku ucapin itu sesuatu yang bikin orang langsung noleh dengan wajah bingung. Hahahaha πŸ˜†πŸ˜† maksudnya, yang aki ucapin itu sering enggak terduga gitu.
    Seneng aja. Hahaha πŸ˜†πŸ˜†

    ReplyDelete
  16. Nama: Aulia
    Twitter: @nunaalia
    Email: auliyati.online@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/nunaalia/status/869401214244462592
    Jawaban:

    "Keunikanmu adalah kelebihanmu. Nah, share dong di sini keunikan yang kamu miliki dan kamu bangga karenanya?"

    Bicara kelebihan diri sepertinya agak sulit, karena sebenarnya orang lain yang menilai apa kelebihanku. Kalau ngaku-ngaku kesannya malah sombong, apalagi kalau ternyata berbeda dengan penilaian orang lain hehehe...

    Tapi satu hal yang bisa aku banggakan dari diriku, aku orang yang paling apik sama barang, terutama barang-barangku sendiri. Aku selalu tahu barang-barang itu ditaruh dimana karena setiap habis pakai, pasti aku akan selalu menaruhnya kembali di tempatnya. Orang-orang di rumah pun lebih suka menanyakan suatu barang kepadaku dibanding pada yang lain, karena aku selalu bisa menemukan barang yang mereka cari. Senang sih kalau bisa membantu orang lain menemukan barang yang mereka butuh. Walau kadang kesal juga kalau mereka selalu saja ceroboh ketika habis memakai barang, menaruhnya sembarangan, dan ketika butuh lagi jadi kelimpungan nyari-nyari. Kadang aku suka ngomel-ngomel, tapi tetap saja aku suka juga ngerawatin barang-barang mereka, dan memberitahu dimana barang tersebut jika mereka butuh. :D

    ReplyDelete
  17. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Email: desitaw97@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/869427457643782144

    Jawaban:
    Saya unik karena saya adalah saya. Setiap orang unik jika ia mau dan bangga menjadi dirinya sendiri.
    Ye! saya bangga menjadi saya yang tidak apa adanya, tapi ada apanya ('apa'-nya banyak banget, hehe)

    ReplyDelete
  18. Nama: Nurul Hikmah
    Twitter: @cupureader
    Email: thecupureader@gmail.com
    Link Share: https://mobile.twitter.com/cupureader/status/869457510436143104?p=p

    Jika ditanya tentang keunikan, saya tidak tahu apakah ini bisa disebut sebagai keunikan apa tidak..hehe
    Hmm.. Jujur, saya orangnya pelupa banget, teman2 dan keluarga saya sudah hapal banget sifat saya yang satu itu
    Pelupa saya itu parah, bener-bener parah, bahkan saya bisa lupa apa yang barusan saya lakukan..wkwk
    Gara2 ini saya sering dibilang "tua" sama teman2..haha
    Tapi, saya bersyukur memiliki teman2 seperti mereka karena sudah mau memaklumi tentang kelupaan saya itu.

    ReplyDelete
  19. Nama : Melati setiyaning prakerti
    Twitter : @melatist
    email : melatisetiya48@gmail.co.
    link share : https://mobile.twitter.com/melatist/status/869465314437627904?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8344239568


    keunikan saya?
    Jujur saja ini bisa dibilang keunikan atau engga, karena kelebihan atau keunikan yang tau hanya orang lain mereka berhak menilai diri saya.
    Yang jelas aku itu orangnya paling teliti bisa dibilang cermat.
    contohnya aja kalau aku mengerjakkan sesuatu jika belum mendapat hasilnya , akan terus mencari sampai ketemu. walaupun sudah ketemu dan hasilnya tidak sesuai disitu saya kecewa, tapi saya bangga karena itu adalah hasil kerjaan sendiri.
    dan keunikan lainnya Aku selalu kefikiran dengan orang2 yang membenci saya, sampai2 dibawa tidur. nta itu ada masalah sama teman, pacar atau keluarga pasti akan terasa gelisah,aku mempunya sifat yang peduli. tidak bodo amat makanya setiap hal sepele apapun itu akan menjadi fikiran buat aku. orangnya tidak tegaan baper banget.
    #MansDefender

    ReplyDelete
  20. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Link: https://twitter.com/anabahtera/status/869507024144302082
    Jawaban:
    Keunikan aku mnurut teman2 sangat bisa dgn cepat beradaptasi dgn berbagai keadaan, selalu bisa mnjadi penengah kalo ad perselisihan maka tak heran jadi Tong sampahnya teman2 krena bisa menjadi pendengar terbaik walaupun sosuli yg diberikan gak semua berhasil terealisasikan..Haha
    Kalo menurut aku sendiri uniknya aku itu bisa tiba2 dalam keadaan kepepet mndapatkan ide yg brilian, disitu deadline disitu pulak idenya baru keluar, wlaupn sbnarnya wktu diberikan malah biasanya udh lebih semingguan πŸ˜‚

    ReplyDelete
  21. Nama : Athaya
    Twitter : @jeruknipisanget
    Email : athaya.irfan97@gmail.com
    lINK: https://twitter.com/JeruknipisAnget/status/869511649379573763

    Sekalian promote blogku ahh ,, hehehe http://theboochconsultant.blogspot.com/

    ReplyDelete
  22. Nama : Melsyana
    Twitter : @melsybumsso
    Email : Melsyanabumsso@gmail.com
    link share : https://twitter.com/melsybumsso/status/869554944415637504

    jawaban :
    keunikan saya yaitu selalu mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja.kecuali ketika shalat dan membaca al-qur'an. dan saya selalu menjadi diri saya sendiri tanpa peduli dengan komentar orang sekitar.

    ReplyDelete
  23. Nama: Lynn Melody
    Twitter/Facebook: @justlynn23/Leny Quenna
    Email: lovelynn.melody@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/869574650543484932
    Jawaban: Keunikanku itu adalah selalu kepo alias kepengen tahu. Aku orangnya selalu kepo terhadap sesuatu hal bahkan sampai terlalu kepo. Sehingga aku selalu berusaha mencari tahu hal-hal yang aku ingin tahu tersebut. Nah dari situ jadi banyak pengetahuan yang kudapat, pengetahuanku jadi bertambah. Aku bangga dengan keunikanku ini. Karena secara tidak langsung aku jadi tahu berbagai hal hanya dari satu hal yang awalnya bikin aku kepo tadi.

    ReplyDelete
  24. Nama :Dini Auliana Putri
    Twitter :@Dini_Auliana28
    Email : dinieembemz@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/Dini_Auliana28/status/869571906352988160

    Keunikanku? Aku tipe orang yang selalu memikirkan hal-hal yang sudah aku alami ataupun belum aku alami sebelum tidur. Entah itu memikirkan orang, memikirkan buku, dll. Aku paling nggak bisa namanya tidur cepat. Karena meskipun udah siap tidur dari jam 9, pasti aku baru bisa tidur jam 11 an. Maka dari itu aku menghindari baca buku dengan genre horor ataupun thriller. Pernah suatu waktu aku baca novel dengan genre thriller dimana tokoh utamanya seorang phsycopat. Waduh, aku nggak bisa tidur sampai pagi. Membayangkan bagaimana jika aku yang jadi korbannnya. Grrr.. Tapi di sisi lain aku senang. Karena aku bisa merenungi hal-hal(buruk) yang pernah aku lakukan untuk tidak mengulanginya lagi. Aku bisa merencanakan dengan matang apa yang ingin aku lakukan esok hari.

    ReplyDelete
  25. Frida Kurniawati
    Twitter: @kimfricung
    Email: vreesanthemum@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/kimfricung/status/869575016723079172

    Jawaban:

    Keunikanku, hmm, adalah hobi ngupil di mana aja dan hobi nggigitin kutikula jari sampai berdarah-darah.

    Ngg, bercanda, Mas. Eh, tapi yg tadi beneran, lho.

    Keunikanku yg aku banggain adalah aku suka mikirin banyak hal, sampai kadang aku merasa kewalahan dg isi kepalaku. Aku juga open-minded dan punya prinsip, yg mungkin bagi orang kebanyakan terlihat nggak wajar, tentang agama dan pernikahan. Well. Yeah.

    Aku bangga karena aku bisa melihat dan menerima banyak hal secara lebih objektif karena aku tdk membiarkan apa pun "mengikat" diriku (misal, fanatisme terhadap hal tertentu). Kegemaranku utk mempertanyakan banyak hal juga membantu memperkaya pemikiranku. Tapi bukan berarti aku nggak punya prinsip sendiri; justru prinsipku kuat di dalam, tapi aku bisa jadi "bunglon" di luar.

    Btw, makasih kesempatan buat ikut GA ini, Mas! Aku tertarik dg virtual reality, makanya pengin banget baca novel ini >•<

    ReplyDelete