Search This Blog

Monday, April 24, 2017

Review and Pengumuman Pemenang Giveaway 'Seribu Tahun Mencintaimu"

Judul: Seribu Tahun Mencintaimu
Penulis: Sanie B. Kuncoro, Pringadi Abdi, Faisal Syahreza, Naminist, Novanka Raja, Dodi Prananda, Alvian Hanandi, Andhika Rahmadian Purnama, Nikotopia
Penyunting: Nikotopia
Pemindai Aksara: Jenny M. Indarto
Penggambar Sampul: Imam Bucah
Tebal: 253 halaman
ISBN: 978-602-6799-23-4
Penerbit: Exchange




"Cinta hadir untuk dirasakan. Cinta seperti benih, harus disiram dan dijaga, dengan hati yang baik dan rasa percaya. Cinta akan membebaskanmu untuk menjadi sejatinya dirimu."  (Hlm. 52)


Cerita tentang memang tak ada habisnya. Kita juga telah banyak membaca dan mendengar ragam kisah cinta yang entah untuk keberapakalinya dituliskan dan dikisahkan ulang. Tetapi, buku ini membawakan cinta dengan rasa lain. Esensinya tetap cinta, tetapi para pelaku cintanya yang  berbeda. Bayangkan seekor tikus yang mencintai kucing pemangsanya, atau seekor belalang yang jatuh cinta pada bocah baik yang dilihatnya di lapangan bola, atau yang lebih absurd lagi, cinta jalan kepada wanita yang menapakinya. Tidak ada yang gila ketika berkenaan dengan cinta. Dan, karena orang bilang cinta itu universal, maka sah-sah saja ketika ikan mas koki jatuh cinta pada pemilik toko ikan yang menjualnya. Seperti yang dikisahkan dalam buku ini, akan kita temukan 13 kisah tentang cinta dengan beragam warnanya.

1. Seribu Tahun Mencintaimu
Ini adalah cerita paling panjang sekaligus paling saya sukai di buku ini. Ada sedikit elemen fantasi di dalamnya, genre cerita favorit saya. Ceritanya, ada tikus yang jatuh cinta pada seekor kucing. padahal, kucing itu dulu telah memangsa ayahnya. Bagaimana ceritanya seekor tikus bisa cinta sama kucing padahal kucing aja nggak cinta sama saia *skipp? Yang jelas, inilah bentuk cinta paling luar biasa. Orang bijak bilang, ketika kamu bahkan sudah mencintai musuhmu, maka saat itulah cintamu sudah mencapai kesempurnaan yang paripurna. Dan kisah pertama ini, indah dengan caranya sendiri.

2. 3 Warna
Ini adalah cerita kedua favorit saya. Secara teknik bercerita, kisah karya mbak Sanie ini juwara. Teknik penceritaan adalah yang paling matang menurut saya dibandingkan kisah-kisah yang lain. Dari awal, mbak Sanie membuat pembaca bertanya-tanya ini kisahnya siapa dan cinta siapa yang tengah diceritakan sebelum ending yang menghangatkan hati akan menyambut kita di endingnya.

3. Hitam Putih Merpati
Kadang, cinta yang besar pun tidak terlampau besar untuk bisa mematahkan penghalang yang ada. terlebih, ketika penghalang itu telah mengakar kuat dalam budaya kita. Inilah kisah kasih tak sampai si merpati hitam pada si merpati putih. 

4.  Mas Kawin dan Mas Koki
Ketika ada seekor mas koki cemburu pada mas-mas yang hendak melamar gadis penjaga toko ikan mas, ceritanya bakal lucu-lucu unyu gimana gitu. Saya suka dengan keteguhan ikan mas yang dari awal sampai akhir sebel sama si mamas. 

5. Pulang
Kisah ini agak beraroma bilogi, eh ekologi. Tentang seekor lutung Jawa yang seperti menolak ketika hendak dipulangkan ke rumah aslinya di Jawa. Dia yang selama ini lahir dan dibesarkan di kebun binatang di Inggris merasakan bahwa cinta sejatinya ada di Inggris, bukan di pulau tempat leluhurnya berasal. Begitulah, rumah seringkali tidak selalu bermakna tempat kita berasal. Rumah yang sejati adalah tempat ketika kita merasa bahagia dan nyaman kembali kepadanya.

6. Selembar Harapan Malam
Tak pernahkan terpikirkan oleh kita, bahwa benda-benda yang kita dekat dengan mereka setiap hari, mungkin saja menjadi saksi dari segala tindakan kita. Seperti dalam kisah ini, sehelai kerudung yang menangis ketika menyaksikan pemiliknya telah mencampakkan kehormatan dirinya sebagaimana dia mencampakkan kain hijab ini. Cerpen ini sedikit 'berkhotbah' menurut saya--hal yang harusnya sebisa mungkin dihindari dalam menulis sastra karena telah merebut hak pembaca untuk menyimpulkan sendiri pesan moral ceritanya.

7. Filosofi Walangkekek
Balas budi juga merupakan salah satu sumber dari terbitnya mata air cinta. Seperti dikisahkan dengan unik di buku ini, tentang seekor belalang yang selalu menempel pada bocah yang tanpa sengaja menolongnya dulu. Tanpa sadar, pertemuan keduanya menjadikan si belalang teman setia si remaja dalam menghadapi hidupnya yang pahit. Walau keduanya tak bisa saling berkomunikasi, tetapi cinta dan persahabatan kadang hadir tanpa perlu ada kata-kata. 

8. Sayap Sepuluh Purnama
Ini juga termasuk cerpen yang saya sukai di buku ini, terutama terkait setting lokalnya yang unik dan jarang ditulis. Diksinya terasa nyastra banget, saya seperti tengah membaca cerpen koran saat membaca cerpen ke delapan ini.

9. Sepasang Sepatu yang Menemukan Cintanya
Dari semua kisah cinta di buku ini, kisah nomor sembilan ini menurut saya adalah yang paling terasa tidak dipaksakan. Jika di kisah-kisah-kisah lain, pelakunya berbeda secara drastis, maka di kisah ini pelakunya sama-sama sepatu. Nah gimana ketika sepatu sneaker ketemu sama sepatu jinjit cewek? Kisah yang unik adalah jawabannya.

10. Napas Terakhir
Cerpen ini memiliki aroma yang sama dengan cerpen ke-6, rupanya karya penulis yang sama. Tema religi tampaknya jadi pilihan sang penulis, yang memberikan warna sejuk di buku ini. Kisah cinta di sini adalah tentang pengurbanan seekor kambing yang hendak dikurbankan di Hari Raya Idul Adha. Dan, lagi-lagi orang bijak bilang, cinta sejati adalah ketika kita selalu siap berkurban untuk sang tercinta.

11. Boneka Kelinci yang Menanti Keajaiban di Sudut Etalase
Dari semua cerpen di buku ini, kisah kesebelas ini adalah satu-satunya yang memiliki plot-twist yang mengejutkan. Kita serasa sedang membaca cerpen psikologis, keren!

12. Mata Uang
Siapakah cinta sejati orang modern? Cinta atau uang? Ataukah cinta itu hanya uang dalam bentuk lain? Kisah kedua belas ini mengingatkan kita untuk sesekali merenung.

13. Jalan yang Salah mencintaimu tapi Tak Menyesal 
Seorang eh selajur jalan yang jatuh cinta pada seorang gadis pelayan kafe yang jatuh cinta pada pria muda pemilik kafe. Sebuah kisah yang absurd tetapi sangat unik dan dibawakan dengan menarik.

Menulis cerpen  itu sulit terutama karena penulis dituntut untuk bercerita dalam porsi yang pendek. lebih sulit lagi ketika temanya adalah teman unik macam di buku ini: cinta antara pihak-pihak yang tidak saja berbeda secara esensi, tapi juga bertentangan menurut hukum alam. Tetapi, selamat kepada para penulis di buku ini. Kalian semua keren karena telah membuktikan lewat cerita tentang agungnya cinta sehingga menerabas batas-batas yang kokoh dan kadang berbahaya.




Terima kasih atas partisipasi teman-teman sekalian. Dengan ini, saya umumkan pemenangnya adalah:

Rizka Andriana
Facebook/Twitter : Rizka Andriana Sinaga/ Maaf sya tidak punya twitter kak :')
Email : rizkaandriana808@gmail.com


Irman Syah
Facebook:irmansyah.hpai
Email:irmansyahkanz@gmail.com



Selamat kepada para pemenang. Kepada masing-masing pemenang akan saya hubungin lewat email untuk konfirmasi pengiriman hadiah. 



24 comments:

  1. Nama: Amaliya Khamdanah
    Facebook/Twitter: Amaliya Khamdanah/@AmaliyaKh7
    Email: khamdanahamaliya@gmail.com
    Alamat: Ds. Sriwulan RT 06/01 Kec. Sayung, Kab. Demak.
    link share: https://www.facebook.com/amaliya.khamdanah7
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja): Filosofi Walangkekek, penasaran banget sama cerpen ini. Terkadang saya berpikir lama ketika melihat hewan ini, bukan karena jijik tapi penasaran 'apa sih yang ada dibenaknya ketika melihat orang' dan sewaktu kecil dulu sering banget mainan walangkekek, jadi membaca cerita pendek ini akan berasa nostalgia.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Nama : Rizka Andriana Sinaga
    Facebook/Twitter : Rizka Andriana Sinaga/ Maaf sya tidak punya twitter kak :')
    Email : rizkaandriana808@gmail.com
    Alamat kirim di wilayah NKRI : Jln jenderal Sudirman Asrama Kodim 0208/Asahan, Kel. Mekar Baru, Kec. Kota Kisaran Barat, Kab. Asahan Sumatera Utara
    Link Share : https://www.facebook.com/shinseina.rizkaai
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja) : Seribu Tahun Mencintaimu...
    Siapa sih yang tidak sedih ketika tahu ayah kita meninggal karena dibunuh? Atau di makan?
    mungkin bisa saja saya bunuh diri ketika mengetahui hal itu. Dendam akan menyelimuti hati saya. Mencari siapa yang memakan beliau dan bahkan menekankan kepadanya agar menebus perbuatannya dengan nyawa pula. Intinya berduel hingga akhirnya tahu siapa yang akan menang.
    Namun, siapa sangka. Dalam proses mencari cara untuk membunuh si kucing, rasa cinta itu malah tumbuh perlahan-lahan. Salut dengan penulis cerita ini. Mengangkat cerita yang mau gak mau harus diakui bahwa itu kisah real. Dulu waktu saya SMP, ada seorang guru yang bercerita dikelas saya. Kata beliau, beberapa tahun silam ada satu murid laki-laki dan perempuan yang hobi sekali berkelahi. Jambak-jambakkan, saling caci maki, saling jijik jijikan kalau ketemu, dan bahkan hal itu berlanjut hingga mereka tamat. Alasannya karena murid laki-laki mengejek orang tua si murid perempuan. Entah ejekan yang serius atau hanya luapan emosi. Yang jelas begitulah kata si guru. Ehmm dilihat dari sisi lain, hal itu benar-benar buruk. Lalu apa yang terjadi selanjutnya??
    Berita gembira datang setelah beberapa tahun terlewat. Kedua murid tersebut menikah. Ya menikah???
    Sya yang mendengar cerita ini langsung tertawa dan kagum. Pasangan itu juga sudah dikaruniai anak. Menikmari indahnya hidup yang tak pernah mereka bayangkan.
    Ternyata benar, ketika cinta datang menghampiri meski orang tersebut adalah musuhmu, raga dan jiwa tak bisa berkutik..:) Intinya, kekuatan cinta itu sangatlah kuat..Rasa yang dengan gratisnya diberikan Allah kepada kita.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Elsita F. Mokodompit
    @sitasiska95
    elsitafransiska@gmail.com
    Https://dionyulianto.blogspot.co.id/2017/04/review-and-giveaway-seribu-tahun.html?m=1
    Alamat kirim: Kos Dwi Putri Kamar 4, Desa Bahodopi, Kec. Bahodopi, Kab. Morowali, Sulawesi Tengah (ada kemungkinan berubah karena ada rencana pindah kos kosan tp masih dalam wilayah kecamatan yang sama)
    Favorit: Seribu Tahun Mencintaimu
    Buat saya, kisah ini adalah salah satu bentuj representasi dari masalah rasis. Bagaimana sebuah cinta dilarang dipersatukan karena beda suku dan bangsa. Inilah mungkin yang dialami si tikus pada si kucing. Dan saya bener-bener penasaran sama kisah lengkapnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://twitter.com/sitasiska95/status/856695698770743296 link sharenya yang ini ding :v

      Delete
  5. Nama: Insan Gumelar Ciptaning Gusti
    Twitter: @san_fairydevil
    Email: alamadt_saya@yahoo.com
    link share: https://twitter.com/san_fairydevil/status/857062489564905472
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja):

    Ini kisah cinta yang di buku ini? Maaf, soalnya agak ambigu karena ada tulisan (boleh apa saja).
    Hehehehe ^^

    Kalau, dari cerita-cerita di atas, aku paling suka yang 3 warna. Soalnya penulisnya adalah mbak Sanie. Aku sudah pernah dibuat jatuh cinta dengan bukunya yang berjudul Ma Yan. Dulu bacanya di perpustakaan daerah dan rela nyari sampe lama banget buat dapat buku itu walaupun hanya buku second. Nah, karena review per cerpennya hanya pendek, aku makin penasara. Sebab, bahkan sampai ending pembaca masih dibuat bertanya-tanya tentang cinta itu walaupun begitu, pembaca tetap saja masih penasaran.

    ReplyDelete
  6. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/ccchhy/status/857197970755698688

    Boneka Kelinci yang Menanti Keajaiban di Sudut Etalase

    Kenapa aku pilih yang itu sebagai cerita yang paling bikin aku kesemsem? Simple. Because I love plot-twist and I like psychology things. Oh ya, ditambah lagi karena host bilang "keren!" di ujung komennya. Jadi makin tertarik deh ^^

    ReplyDelete
  7. Facebook:irmansyah.hpai
    Email:irmansyahkanz@gmail.com
    linkshare:https://www.facebook.com/irmansyah.hpai/posts/806358049532118

    Satu kisah cinta favorit: Nomor 12. Mata Uang
    Siapakah cinta sejati orang modern? Cinta atau uang? Ataukah cinta itu hanya uang dalam bentuk lain? Kisah kedua belas ini mengingatkan kita untuk sesekali merenung. :)

    Alamat kirim : Kp Pisang Pule Rt 03 rw 06 kelurahan karadenan kecamatan cibinong kabupaten bogor
    Kec. Cibinong, Kota/Kab. Kab. Bogor
    Jawa Barat, 16913

    ReplyDelete
  8. nama: Yossi Yaumil Rachman
    twitter: @yaumilrachman
    email: yaumilrachman@gmail.com
    link share: https://twitter.com/YaumilRachman/status/857580104989290496

    satu kisah cinta:

    sebenarnya ini pilihan yang sulit, karena pada dasarnya saya suka sekali cerita berGendre fantasi. tapi berhubung mas Dion yang kece udah kasih review, maka saya putuskan untuk memilih *drumroll


    yak "SAYAP SEPULUH PURNAMA" sudah terlihat dari judul yang keliatannya nyess banget dan berhubung saya penikmat keindahan sastra, jadi saya putuskan untuk memilih cerita ini sebagai terfavorit dari yang favorit.
    kali aja, setelah baca nanti bisa memperluas pengetahuan saya tentang diksi.

    jujur saya haus refrensi tentang buku dan ini kali kedua saya ikut GA ini. saya penasaran dengan ke13 cerita pendek di dalamnya. kenapa? karena baru kali ini saya menemukan cerita cinta yang aneh dan mungkin nggak pernah terjadi.

    jadi saya harap kali ini saya berkesempatan untuk bisa memiliki buku ini.

    eh.. malah curhat*lemparsendal


    alamat: jalan seroja (lap. kuncup) RT 05, RW, 05, pringsewu barat, kec. pringsewu, kab. pringsewu lampung 35373

    ReplyDelete
  9. Yang ikutan GA, komennya mantap-mantap (^___^)V

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Facebook : Riza Putri Cahyani
    Email : rizaputricahyani@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/857968184002990082

    Jawaban :
    Kisah cinta favorit aku itu kisah cintanya Sayyidina Ali r.a dan Fatimah Azzahra. Bagaimana keduanya saling mencintai dalam diam bahkan syaitan tdk tahu isi hati keduanya. ALi yg terpesona pada Fatimah ketika ia membersihkan luka dan darah pada tubuh Rasulullah. Lalu Allah dgn jalan-Nya mempersatukan mereka. Ali yg tdk punya apa-apa justru diterima oleh Fatimah padahal sudah banyak bangsawan dan orang terpandang yg melamarnya bahkan sahabat nabi sekelas Abu Bakar dan Umar bin Khattab pun ditolaknya. Rasulullah bahkan berkata bahwa Allah telah menikahkan mereka di langit sebelum Rasul menikahkan mereka di bumi. hanya dengan mahar sebuah baju besi pernikahan mereka penuh hikmah dan berkah. Biarpun Fatimah dan Ali saling mencintai tapi keduanya tetap diam, tdk mengumbar kepada siapapun. Keduanya mengungkapkan isi hati masing-masing ketika mereka sudah sah dalam ikatan pernikahan.

    ReplyDelete
  12. Nama: devira belin
    Twitter: @virscnd
    Email: deviraindra@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/Virscnd/status/858033290091089923
    Domisili: semarang-jawa tengah
    Jawaban:
    Kisah Cinta Raskal dan Joana (Wedding with Converse) ini luar biasa banget. Mereka masih remaja dan sudah mengalami hidup yang begitu berat. Dari masalah narkoba, persahabatan yang ternoda, MBA, perjuangan untuk bangkit, memperbaiki diri, hingga mampu berdiri dengan kepala tegak dan pantas mendapatkan apa yang diperjuangkan. Ceritanya sarat dengan konflik, emosional, dan penuh makna. Bikin kesel, gemas, sampe nyesek dan mewek, tapi tersenyum puas diakhirnya. Aku benar-benar suka dan kagum dengan kisah ini.

    ReplyDelete
  13. Nama: Sandra Hamidah
    Email: sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense
    Domisili: Bandung
    Link share:
    https://mobile.twitter.com/Sandra_artsense/status/858132122275528704
    Saya sangat tertarik membaca buku ini karena judulnya saja sudah mensugesti sebuah pengharapan, apalagi bagi yang sudah menikah, pasti ingin menikah sekali seumur hidup mengahabiskan waktu bersama pasangan dan anak-anak. Saya penasaran dengan judul kisah Mata Uang karena jaman sekarang siapa sih yang tidak mau menikah dengan pasangan yang mapan sekaligus saling mencinta, tapi kadang hidup tidak seperti apa yang kita inginkan, hidup itu seperti apa yang kita jalani, terkadang kita harus memilih dan pilihan saya adalah menikah dengan pasangan yang saya cinta dan beliau mencintai saya dengan membahagiakan hidup saya, bersama membangun keluarga dan menua dengan karya yang mebakjubkan aamiin. Makasih kesempatannya Mas, semoga Bumil menang hehe^^

    ReplyDelete
  14. NAMA : SITI FATIMATUS ZEHRO

    TWITTER : @Chocoqueeny

    EMAIL : BANANA.CIHUY@GMAIL.COM

    LINK SHARE : https://mobile.twitter.com/Chocoqueeny/status/858271914288087040?p=v

    LOVE STORY FAVORITE :
    Beauty and the Beast :) alasannya sebab cerita itu menceritakan bagaimana cinta yg tulus itu bener2 diuji. Apakah cinta itu akan lulus ujian dan mendapat predikat "Cinta yg tulus" ataukah Cinta tersebut akan tertahan dan gagal hanya sebagai nafsu belaka. Disitulah keseruannya.

    ReplyDelete
  15. Nama: Rina Fitri
    Twitter: @Rinafiitri
    Email: Riinafitrii68@gmail.com
    Link share:
    https://twitter.com/Rinafiitri/status/858480168993644544
    Satu kisah cinta favoritku:
    Ini aku bingung kisah cintanya yang termasuk dalam cerita novel ini atau enggak. Pesertanya ada yg pilih dari situ ada yg enggak sih soalnya. Kalo dari kumcer ini, yang menjadi kisah cinta favoritku adalah "Sepasang Sepatu yang Menemukan Cintanya". Aku pengen tahu gimana sih kalo sepatu jatuh cinta. Soalnya aku pernah ngalamin suatu kecelakaan dan pada saat itu bukan aku yang luka, tapi sepatuku. Jadi aku merasa kayak punya ikatan batin gitu sama sepatuku, dia rela terluka demi ngelindungi kakiku. Mungkin bakalan beda ceritanya kalo hari itu aku nggak memakai sepatu. Aneh sih, tapi itulah yang aku rasain. Dan aku bener2 pengen tahu gimana pemikiran si sepatu ini melalui cerita seribu tahun mencintaimu. Semoga aku beruntung yaa

    ReplyDelete
  16. Nama: Regina Kencono Putri
    Facebook/Twitter: Regina Kencono Putri/@inase_michaelis
    Email: inase_michaelis@yahoo.co.id
    link share: https://twitter.com/inase_michaelis/status/858494431762108416
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja):
    Hmm pertanyaan sulit soalnya kisah cinta itu banyak banget,bisa dari buku,film,teater,kartun,sama lain-lainnya.
    Mungkin aku pilih dari Lion King.Soalnya kisahnya komplit,nggak cuma cinta dengan pasangan.Tapi ada juga kisah cinta antar orangtua-anak kayak Mufasa sama Simba ato Simba sama Kiara.Terus kisah persahabatan antara Simba sama Timon dan Pumba juga serasa sehidup semati.Klop banget!
    Cintanya Simba sama Nala itu favoritku banget,soalnya mereka saling menjaga dan lebih kelihatan sbg sahabat."Sahabat Hidup" ^^

    ReplyDelete
  17. Wardah
    @missfiore_
    sepuluh.cokelat@gmail.com
    https://twitter.com/missfiore_/status/858586138474192896

    .......... kisah cintaku denganmu /bohongding

    Ahaha, di antara semua cerpen, mungkin "Seribu Tahun Mencintaimu". Penasaran habis, gimana sih rasanya cinta selama seribu tahun ini. Makin penasaran habis denger diskusi kala kopdar ama Mba Truly pula. Sepertinya cerpen-cerpen di buku ini punya karakter yang menarik ya. XD

    ReplyDelete
  18. Nama: Bety Kusumawardhani
    Facebook/Twitter: Bety Kusumawardhani/@bety_19930114
    Email: aki.no.melody@gmail.com
    link share: https://mobile.twitter.com/bety_19930114/status/858588845733957632?p=v
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja): Mata Uang

    Uang dan cinta adalah dua hal yg tidak akan pernah habis untuk diperbincangkan. Mereka selalu berjalan beriringan dalam kehidupan manusia. Hidup manusia tidak bisa lepas dari kedua nya. Dalam sebuah filosofi mengatakan cinta memang seperti dua sisi mata uang. Di satu sisi, seseorang merasa amat bahagia ketika sedang merasakan cinta. Namun di sisi lain, cinta bisa menimbulkan luka yg fatal.

    Lalu, di jaman sekarang ini, cinta bisa muncul disebabkan oleh uang. Banyak orang yg rela menikah tanpa cinta hanya demi uang. Kebersamaan keluarga diabaikan demi uang dengan terus bekerja tanpa istirahat. Manusia modern terus mengejar dan menimbun uang sedangkan cinta dalam hatinya semakin luntur, buktinya mereka tanpa merasa bersalah melakukan kriminalitas demi uang.

    Aku penasaran dengan kisah mata uang di buku ini, apakah uang atau cinta yg akan menang di akhir?

    ReplyDelete
  19. Nama : Ikal Harun
    facebook : Ikal Harun
    ig : @ikal.harun
    twitter : @justikal
    rifandiharun@gmail.com@gmail.com
    link share : https://twitter.com/justikal/status/858595789160894466

    Aku tertarik dengan judul "Pulang".
    Kebanyakan kita mengartikan rumah adalah sebagai sebuah bangunan atau sebuah sejarah dimana kita terlahir dan mengenal dunia. padahal menurut saya pribadi rumah tidaklah selalu tentang sebuah tempat atau bangunan namun lebih kepada melibatkan emosional atau perasaan. ketika kita memahami dimana hati dan jiwa kita terpaut maka disitulah rumah kita berada. saya sangat tertarik cerpen ini mengingat cerita ini dilihat dari sudut pandang seekor Lutung, tentunya akan menarik :)

    ReplyDelete
  20. Nama: Ana Bahtera
    Fb: Anna Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Link share: https://twitter.com/anabahtera/status/858658174269743104
    Jawaban:
    Aku tertarik ada cerita "Nafas Terakhir"
    Cerita tentang kambing yang rela berkurban untuk di sembelih ada Hari Raya Idul Adha.
    Kiasan yang sangat bagus sekali untuk kita agar bisa belajar bagaimana merelakan sesuatu yang sangat kita sayangi dan cintai untuk dikorbankan demi hasil yang lebih memuaskan.

    ReplyDelete
  21. kak pengumuman siapa yg mndapt buku dimna ya?? Terima kasih

    ReplyDelete
  22. Nama: Rizki Fitriani
    fb/twitter: kiki ryeo/@Kikii_Rye
    email: kikiryeo@gmail. com
    link share: https://twitter.com/Kikii_Rye/status/858721933105414146

    Seribu tahun mencintaimu.
    seperti yg bang Dion bilang, genre fantasy juga favorit saya. membaca judul spt memiliki kekuqtan magis tersendiri mengenai cinta. terlebih kisah kucing dan tikus. mengantarkan kita pada kesimpulan bhawa cinta itu buta, cinta tak mengenal ras, warna dan rupa. siapa sangka orang yg paling dibenci bisa menjadi orang yg paling dicintai.

    ReplyDelete
  23. Nama: Lynn Melody
    Facebook/Twitter: Leny Quenna/@justlynn23
    Email: lovelynn.melody@gmail.com
    link share: https://mobile.twitter.com/justlynn23/status/858674712309661697
    Satu kisah cinta favoritmu (boleh apa saja): Boneka Kelinci yang Menanti Keajaiban di Sudut Etalase. Karena cerita ini memiliki plot-twist yang mengejutkan, dan pasti endingnya susah untuk di tebak. Jadi pasti akan membuat kita bertanya-tanya ketika membacanya.

    ReplyDelete