Search This Blog

Friday, December 23, 2016

Belajar dari Kisah Para Kucing

Judul: Tentang Kucing
Pengarang: Doris Lessing
Penerjemah: An Ismanto
Tebal: 255 hlm
Cetakan: 1, Desember 2016
Penerbit: Basabasi




"Menulis, penulis, tidak muncul dari rumah yang tak punya buku." (hlm. 236)

Buku 'Tentang Kucing' ini sedikit banyak mengingatkan saya pada Istambulnya Pamuk. Jika Pamuk menggunakan kota sebagai refleksi memoarnya, maka Lessing menggunakan kucing. Lebih tepatnya, menggunakan kucing-kucingnya. Ada banyak sekali kucing di buku ini jadi mungkin kalau dibaca sekaligus bisa bikin bosan. Tapi, Lessing menghadirkan cerita tentang kucing-kucingnya dengan cara yang istimewa. Pecinta kucing bakal manggut-manggut membaca tuturannya, sementara bahkan bagi yang bukan penyuka kucing pun akan terpikat oleh teknik bercerita Lessing yang serasa akrab sekali.

"Juru kisah ada di kedalaman diri kita. Juru kisah selalu bersama kita," begitu kata Doris Lessing. Bagaimana kita mengeluarkan dan menyalurkan potensi sang juru cerita dalam diri inilah yang membedakan yang nulis dan yang nggak nulis. Lessing membuktikan, ketika si juru cerita dalam diri terbangkitkan, maka apa pun cerita yang kita tulis akan terasa istimewa. Buku ini buktinya. Siapa sangka, cerita tentang kucing peliharaan bisa diolah jadi seluar biasa ini. Di tangan seorang penulis yang piawai, yang biasa selalu bisa jadi tulisan yang istimewa.


 Kucing dalam pandangan Lessing di buku ini sedikit banyak mengingatkan pada kisah-kisah manusia. Ada kucing yang anggun, pongah, dan sok istimewa seperti si Abu-abu. Ada juga kucing kelas dua yang tunduk pada kuasa kucing lain tapi tetap mempertahankan hak-hak istimewanya seperti si Hitam. Lalu, ada lagi kucing sisihan yang hanya mendapatkan apa yang tersisa dari kucing golongan pertama dan golongan kedua. Bukankah manusia juga demikian? Bukan berarti manusia itu sama kayak kucing loh, hanya saja Lessing mampu menghadirkan cerita kucing-kucingnya yang sekaligus mengingatkan kita bahwa manusia terkadang mendapatkan penggolongan yang serupa.

Ada tiga cerita tentang kucing di buku ini. Cerita pertama, Khusus Tentang Kucing, adalah yang paling panjang sekaligus paling menarik. Awalnya saya mikir bakalan bosan baca cerita beginian. Masak nyeritain kucing aja sampai 157 halaman! Di bab-bab awal kebosanan itu datang, tapi cakar-cakar si kucing dalam cerita perlahan menjerat perhatian saya lewat kisah-kisah mereka. Seperti kucing saja, kisah pertama ini seperti kucing yang menggoda kita dengan elusan ekornya, dengkuran rendahnya yang menenangkan, serta polh lincahnya yang bikin gemas. Tahu-tahu, kisah tentang si abu-abu dan si hitam berhasil menjerat saya untuk membaca sampai tuntas. Tidak disangka, cerita tentang kucing bisa begitu menarik begini. Di cerita pertama ini pula Lessing sedikit banyak berkisah tentang masa kecilnya hingga membentuknya menjadi penulis yang seperti sekarang.

Cerita kedua lebih pendek dan lebih berwarna, kucingnya juga beda. Mungkin bagian ini berasal dari masa-masa dewasa Lessing yang lebih kini. Tulisannya kembali membuat pembaca merenung tentang kucing, dan betapa kita bisa belajar lebih bijaksana dari kehidupan seekor eh dua ekor kucing. Bagaimana orang dewasa memperlakukan kucing juga berbeda-beda, ada yang baik dan penuh kasih sayang, ada juga yang merasa iba tapi ‘mau-gimana-lagi-tapi-saya-tidak-bisa-menerimamu-meski-kamu-lucu’. Kisah tentang dua kucing yang bertahan hidup menjadi cerita terakhir buku ini, yang mengingatkan kita pada tulisan-tulisan dari Amerika Latin tentang manusia ketika ditulis dari sudut pandang yang unik. Kucing—seperti juga manusia—juga memiliki keinginan untuk bertahan, juga untuk menyerah.

Bonus dari buku ini adalah satu bab terakhir berisi Pidato Nobel Doris Lessing 2007. Dikisahkannya sebuah cerita dari pelosok Zimbabwe, sekelompok orang tengah menanti pembagian jatah air. Pemandangan biasa di pedalaman Afrika: wanita-wanita kurus kering menjinjing wadah air dar plastik, muka-muka berdebu dengan pandangan cekung, anak-anak kurus yang mengerumuni ibunya demi meminta seteguk air di tengah embusan debu gurun yang kering kerontang. Tetapi ada satu hal yang tidak biasa: salah satu wanita itu tengah membaca sehelai kertas yang tampaknya disobek dari sebuah buku. Perempuan itu sedang membaca Anna Karenina. Membaca sebuah cerita bahkan dari buku yang dia tidak pernah atau belum membaca keseluruhan cerita, ini membantunya bertahan melawan kerasnya kehidupan. Selembar tulisan ini juga yang membuatnya bertekad untuk menyediakan buku bagi anak-anaknya kelak, meskipun dirinya belum diberi kesempatan menikmati membaca buku. Wanita seperti inilah, dan juga mereka yang masih membicarakan buku serta pendidikan meskipun sudah tiga hari mereka belum makan, yang lebih pantas diganjar penghargaan sekelas Nobel Sastra.

"Cerita-cerita kitalah yang akan menciptakan ulang diri kita, ketika kita compang-camping, terluka, atau bahkan hancur. Phoenix kita adalah sang juru kisah, sang pencipta mimpi, sang pencipta mitos, yang merepresentasikan diri kita yang terbaik dan yang paling kreatif." (hlm. 250)

4 comments:

  1. Rasanya mengetahui buku yang diterbitkan Basabasi selalu terkesan berat. Bahkan untuk buku ini saja, rasa berat itu tampak sekali dengan harus memahami kisah kucing-kucing. Walah, apakah bisa saya membaca buku type begini ya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini nggak berat kok, cuma ... agak ngebosenin kalau dibaca tanpa selingan

      Delete
  2. Ini berarti tokohnya doank kucing, ceritanya mah manusia banget ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Vin, ini yang cerita si Lessing kok, dia mengamati kucing-kucingnya

      Delete