Search This Blog

Friday, May 30, 2014

K-Pop Salah Gaul

Judul : K-Pop Salah Gaul
Penulis : @vjheru93 dan @shaunmbeesheep, @DNRivernate, Widuri Astarini P dan yetsa Gustaviano (Buseyettt ini nulis buku apa mau tawuran yak?)
Penyinting eh penyunting : @andri_Nastar
Sampul : Kicky Maryana
Cetakan : 1. 2013
Penerbit : Wahyu Media





                Saya jarang bisa tertawa saat membaca buku humor. Entah humornya yang terlalu garing atau humornya terlalu berat, kemungkinan besar sih humornya sudah pernah saya baca. Tapi, segaring-garingnya manusia, lebih garing tahu kemul.Segaring-garingnya saya, lebih garing  Kpop Salah Gaul. Awalnya iseng baca buku ini di kantor, tak taunya saya ketawa sendiri pas jam kerja. Lebih hebatnya lagi, saya kemudian memburu seri buku ini dan bahkan iseng cari tahu di googling siapa itu Yoona, Amber, Sulii, Boa, Taemin, Chang Min, Jesicca, dan Sungjae. Nggak tau kan mereka? Sama, setelah googling dan nonton videonya, saya juga susah membedakan orang-orangnya yang kayaknya serupa tapi tak berbeda itu. Yang jelas, saya suka F(x) #halah


Yoseob             : Ya Tuhan Bang. Gue terharu banget. Sekian lama  lost contact sama Nyokap akhirnya dia sms gue juga
Junhyung       : Sms apaan?
Yoseob             : Mama minta pulsa. (hlm 41)
                               
                Ngahahaha, saya nggak tahu siapa itu Yoseob dan yang mana Junhyung. Entah mereka potongan belah tengah atau gaya mandarin (ceile mandarin, 90-an banget), yang jelas saya langsung ketawa spontan membaca humor yang garing ini. Siapa itu Kris dan apa itu Lee Jon saya juga ngak peduli. Yang jelas ketika para penulis memparodikan bintang-bintang Kpop itu dalam acara “Termehek-mehek Salah Gaul” mau tak mau saya harus ngampet ketawa juga.

Kris: Park Lee atau Om Joon. Saya harus memanggil Anda dengan sebutan apa nih?
Lee Joon: Panggil saja saya, Cinta
Kris: Ah, nampan kayu! Kami akan bantu lo buat menemukan sesuatu yang berharga itu. Lu nggak perlu khawatir karena ada gue dan Tao yang akan membantu pencarianmu.
Lee Joon: Gue nggak sanggup kehilangan itu.
Tao: Sabar Joon. Orang sabar pant*tnya lebar, idungnya mekar #buset
Kris: Coba  ceritakan sedikit kisahnya. Biar kita bisa mulai ensiklopedi ini.
Tao: EXPEDISIIIIII … EXPEDISIIIII
Kris: Iya itu maksud gue. Ah berisik aja lo Tao
Lee Joon: Udah kalian berkelamin saja. Eh berkelahi saja. Ini saya mau cerita. Dengerin ya, duduk semuanya.
Tao: Ini udah kayak denger ceramah saja disuruh duduk.
Lee Joon: Waktu itu sih gue naik delman di situ tuh *tunjuk-tunjuk
Tao: Oh di situ *melet-melet
Kris: Di situ ya? *kedip kedip
GUE: *kejang-kejang*   (hlm 104 - 107)


Yang ini juga agak lucu (kalo kata saya sih):
Ilheon                  : Ntar Minggu, Gikwang ngajak gue flashmob nih dek.                  Mau ikut?
Sungjae                : Flashmob song apa?
Ilheon                  : poco-poco
Sungjae               : Yassalam ----- (hlm 42)

Sebenarnya, banyak guyonan garing dalam buku ini. Misalnya saja model humor-humor “dihatimu #eaaaa”. Tapi, karena pengemasannya beda, yakni menjerumuskan artis-artis Kpop yang manis-manis plastic itu (eh) ke dalam humor, jadinya sih ya agak lucu. Sebenarnya, humornya akan tambah lucu bila kita tahu siapa  orang-orang yang diparodikan dalam buku ini. Dan, ngebayangin mereka berbuat seperti dalam parodi ini memang sukses bikin ngakak. Salah satunya adalah Hyorin yang entah mengapa sering dipanggil “melon” dalam buku ini. Setelah saya googling ternyata … *keselek sapu*.

Hyorin                  : Kok mahal banget mba harga melonnya?
Mbk Kasir            : Lho, kan emang ibu belinya 3 buah
Hyorin                  : Gua beli cuma satu
Mbk Kasir            : *mikir keras* ----- (hlm 5) *maaf agak seksis*



Seenaknya sendiri ini para admin salah gaul, memplesetkan nama-nama boy band dan girlband Korea, yang malah bikin saya melongo ngak mudeng. Tapi, setelah saya tanya ke sodara yang Kpoper mutlak (haiyah bahasanya),  saya baru mudeng.  2 PM jadi Tupiyem, 2 am jadi Tuayam.


Joo, solois JYP yang cantik. Nama Panjang: Joooooooo. Fansclub: Sahabat Joo. Official lightstick: Abu-abu nyamuk kebon.



Begitulah dunia penerbitan. Sekarang ini, pembacalah yang lebih sering menentukan buku apa yang sebaiknya dicetak penerbit. Kesuksesan seri Kpop Salah Gaul sehingga bisa terus cetak ulang adalah karena kreativitas pada admin dan juga kejelian pihak penerbit dalam membidik pasar serta memanfaatkan tren yang baru. Industri kreatif memang terus bergerak, dan setiap kemungkinan bisa jadi merupakan celah keberhasilan selanjutnya. Seperti biasa, walau ini review buku humor tetap saja saya tidak bisa tidak berceramah di akhir review ck ck ck. 

sumber foto: smtsg.wordpress.com

11 comments:

  1. Cuma bisa geleng-geleng kepala saya baca resensi ini, Mas Dion... =__= garing segaring-garingnya garing :p
    Btw, Lee Joon itu yang main di film Ninja Assassin lho...jadi Raizo waktu masih remaja. #gapenting #abaikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh siapa lagi itu? AKu pas baca ini pertama kali ga mudeng, trus iseng googling dan entah kenapa bayangin orangnya ngomong garing gitu jd ikut ketawa juga

      Delete
    2. Lha...itu Mas Dion sendiri yg nyebut2 Lee Joon di atas sono... wkwkwk lupa ingatan ya :p

      "Lee Joon: Panggil saja saya, Cinta"

      Delete
  2. Haha... pernah baca buku sejenis punya ponakan (SM Salah Gaul) dan... kurating 1 bintang. Selain ga mudeng referensi orang2nya, lawakannya juga garing abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku juga ga ingat orang2nya yg mana LOL

      Delete
  3. Kalau baca ini dijamin roaming keknya, habis aku ga tau dunia perK-Pop-an sih XD. Lagian kayaknya emang garing ya lawakannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ren, garing habis ... mana agak2 kasar nih. Tp asik kalo sambil googling2 orangnya wkwkwk

      Delete
  4. Hahaha... Kayaknya grup kita joglo lebih bikin ngakak non garing ya, Yon... Bikin ketoprak yuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yook wkwkwk iya ngakak spontan lebih elok #eh

      Delete
  5. hehehehe dion kayaknya bisa bikin buku yang lebih bikin ngakak deh XD buat non kpopers kayanya bakal gak mudeng baca buku ini yaaa

    ReplyDelete