Search This Blog

Thursday, May 30, 2013

Mary Poppins

Judul     :  Mary Poppins
Pengarang         : P.L. Travers
Penerjemah       : Desak Pusparini
Penyunting        : Prisca Primasari
Ilustrasi             : Rizki Goni
Sampul                 : Windu Tampan
Cetakan               : 1, Agustus 2012
Halaman              : 226 halaman
Penerbit               : Qanita

Mary Poppins


                Kisah tentang pengasuh ajaib yang datang ke sebuah rumah yang kacau dan kemudian ia ikut memperbaiki keadaan keluarga itu dari dalam selalu menjadi kisah yang hangat dan menyenangkan. Selama bertahun-tahun, kisah-kisah sejenis telah diangkat dalam film dan serial TV, dan rata-rata senantiasa mendapatkan sambutan menyenangkan dari penonton. Pengasuh ajaib, demikian anak-anak menyebutnya, itu adalah Mary Poppins. Ditulis pada awal abad ke-20, kisah tentang pengasuh yang datang dan pergi seiring hembusan angin ini telah menjadi salah satu kisah yang hangat dan dirindukan pembacanya.

                Mary Poppins datang ke rumah keluarga Banks di Cherry-Tree Lane nomor 17. Tidak ada yang tahu darimana ia berasal yang jelas seluruh keluarga Bank sepertinya setuju agar wanita itu bekerja di rumah itu. Anak-anak keluarga Banks, yakni Jane, Michael, John, dan Barbara sama sekali tidak mengetahui bahwa hidup mereka tidak akan pernah sama lagi setelah Mary Poppins menjadi pengasuhnya.

                Ada yang aneh tentang Mary Poppins dan anak-anak sudah lama mengetahuinya. Wanita itu selalu pendiam dan ketus, namun ia seolah bisa menangani semuanya. Anak-anak tidak suka dengan sikapnya yang keras dan kadang galak, tapi entah dengan cara bagaimana mereka tetap menyayanginya. Beberapa kali, anak-anak juga menyaksikan hal-hal ajaib ketika tengah bersama Mary Poppins, mulai dari berkeliling dunia dalam satu menit, minum teh sambil melayang di udara, hingga berbelanja Natal dengan seorang eh sebuah bintang. Peristiwa puncaknya adalah hari perayaan ulang tahun Mary Poppins yang diadakan di kebun binatang. Semuanya selalu menyenangkan bersama Mary Poppins, dan anak-anak menyukainya. Namun, angin berganti arah dan si pengasuh ajaib harus pergi dari rumah itu. Tugasnya sudah selesai dengan keluarga Banks dan angin akan membawanya ke tempat lain yang membutuhkannya.

                Sungguh, kisah tentang Mary Poppins begitu hangat dan menakjubkan, niscaya menimbulkan lagi gelora keindahan masa kecil kepada para pembacanya. Mary Poppins membuat hal-hal biasa menjadi luar biasa, seperti tengah mewujudkan imajinasi anak-anak. Sebuah bacaan yang sangat tepat untuk keluarga.
               


No comments:

Post a Comment