Search This Blog

Monday, December 3, 2012

123 Anti Bego #1 dan #2


Judul               : 123 Anti Bego #1 dan #2
Penulis            : @alienstarstrek
Penyunting      : Gina S Noer dan Amelya Oktavia
Desain dan ilustrasi : Teguh Mashora
Cetakan                : Pertama, Agustus 2012                      
Penerbit                : @_PlotPoint dan Bentang Pustaka


Zaman baru, ABG baru, tentu nasihatnya pun juga harus baru. Kalau istilahnya anak abegeh zaman sekarang “harus up date. Hal ini penting agar nasihat yang sudah susah-susah kita pikirkan tidak sekadar  mendapat tanggapan norak semacam “Ciyus? Miapah?” dari anak-anak muda sekarang yang ajaib itu. Memandang anak muda sebagai sosok yang ajaib, mungkin masa remaja memang masa yang paling ajaib. Mungkin, anak-anak abegeh zaman sekarang kita pandang ajaib, padahal bisa jadi kita sendiri dulu juga “ajaib” dalam pandangan orang tua atau orang dewasa. Intinya, anak muda memang ajaib. Dan, untuk bisa mendekati mereka, bisa berinteraksi dengan mereka (baca: bisa gaol sama mereka), kita juga harus kreatif mencari cara-cara yang ajaib. Salah satunya lewat buku semi komik semi nggak komik karya pemilik akun @alienstartrek ini.

            Si penulis rupanya memilih jalur komik sebagai media penyaluran idenya. Rupanya, penulis yang satu ini seperti geregetan dengan anak-anak remaja zaman sekarang yang luar biasa pintar soal gadget terbaru tapi hampir nol besar untuk urusan pengetahuan umum. Anak remaja kebanyakan sekarang itu ya, paling susah kalau disuruh baca. Kalau sudah megang BB atau Android di tangan, dijamin deh lupa sama segalanya (ini saya yang lebai atau memang sudah demikian? *digebukin anak2 SMA*). Kalaupun baca, paling rajin mereka itu baca komik Naruto dan Topeng Kaca. Ayo ngaku?

 Nah, berkaca dari fenomena tersebut, si mas  @alienstartrek yang ngakunya sedang terdampar di Bumi ini (terdampar kok betah!) menggunakan jurus komik untuk mempengaruhi anak-anak muda di Bumi. Upps… tentunya mempengaruhi secara positif. Buku dengan judul unik dan cover sampul yang unik ini terdiri dari dua jilid yang saling bersambungan. Harganya cukup murah (ngak sampai rp 30.000) dan kertas serta fontnya juga enak diliat. Formatnya kecil dan dihiasi dengan komik strip yang lucu.


123 Anti Bego #1
            Materi-materi di dalamnya cukup beragam, mulai dari tips yang sangat berguna seperti tanda-tanda restoran yang makanannya ngak enak hingga tips luar biasa berguna tentang tips makan di warung pinggir jalan. Ada juga info-info berguna seperti masa kadaluarsa kosmetik (buru-buru ngecek lipgloss)  hingga informasi superduper berguna seperti fakta bahwa burung tidak bisa menelan di ruang hampa udara. Err… gimana mau menelan, wong udah keburu kehabisan napas duluan? Anyway, buku ini semacam cara kreatif untuk “memaksa” anak-anak muda agar mau belajar pengetahuan-pengetahuan umum yang sekarang mungkin banyak dilupakan. Tanpa kita sadari, di sekitar kita banyak sekali keajaiban. Dan, kita tidak akan pernah mensyukuri keajaiban ciptaaan Tuhan tersebut jika tidak mengetahuinya.

            Selain komik-komik stripnya yang lucu, dari buku ini saya jadi tahu bahwa cacing punya sepuluh jantung (duh hemat) dan bahwa Afganistan adalah satu-satunya negara yang diawali dengan huruf A tapi tidak diakhiri dengan huruf A (hmmm … Australia, Austria, Angola,  Armenia, emmm Azerbaijan?) dan bahwa madu adalah makanan yang paling tahan lama.  Kalau pun maksa ada quote, mungkin quote berikut ini adalah satu-satunya yang paling bener dan paling nampol dalam buku pertama ini.

DUNIA NGGAK MENGHARGAI KESEMPURNAAN.
DIA SADAR BAHWA NGGAK ADA HAL YANG SEMPURNA.
ALIH-ALIH, DIA LEBIH MENGHARGAI TINDAKAN.
AMBIL KEPUTUSAN, AMBIL TINDAKAN, BELAJAR DARI KESALAHAN,
ULANGI DARI LANGKAH PERTAMA LAGI.
Quote asyik di halaman 59.

123 Anti Bego #2

           
Jurus yang sama diterapkan kembali  oleh Mas Penulis di buku kedua ini (yaiyalah secara kan bersambung!). Cuma, di buku kedua ini penulis (maaf) sudah cukup insyaf dengan membagikan pengetahuan-pengetahuan umum yang lebih bermanfaat secara praktikal (aih). Entah kenapa, saya lebih sreg dengan buku kedua ini. Saya lebih suka dengan informasi yang dipilih Mas Penulis untuk disajikan kepada khayalak pembaca sekalian. Ada tips hemat dan selalu berguna, misalnya jangan belanja di mal saat habis gajian (setujuuuuuu), membeli sepatu di atas pukul dua siang, hingga segala tetek bengek tips perawatan motor dan mobil. Kalau di buku satu, banyak tips yang mengarah ke cewek, di buku dua ini porsi untuk cowok lumayan banyak.

            Diketengahkan pula pengetahuan praktis tentang grafologi dan juga bentuk wajah. Bahwa jika tulisan tanganmu miring ke kanan berarti kamu orangnya ekspresif dan bahwa jika wajahmu sempurna maka kamu cocok memakai kacamata model apa saja (--__--). Eit … ada juga informasi-informasi superduper penting yang tentu saja harus kamu ketahui, misalnya cara menghindar dari kejatuhan pohon yang akan ditebang, cara menghindari buta warna (yakni jadilah wanita dan dampatkan sekitar 500 gen tambahan), dan cara mengatasi cegukan. Satu info penting yang sangat saya catat adalah info tentang selingkuh, bahwa selingkuh itu menyakiti dua pihak. Juga, info tentang mau dibawa ke mana hubungan kita. Pokoknya begitu dah. Dengan segala keajaibannya, buku 123 Anti bego ini saya putuskan cocok untuk bacaan ringan anak-anak SMA dan kuliahan. 

2 comments:

  1. ahahha... kalo buat nenek-kakek boleh juga tak mas? :D
    gokiil gokil...:P

    ReplyDelete
    Replies
    1. emmm boleh ... tp bayangin nenek2 bilang "Miapah" gt kok kayaknya saya ngak tega deh :(

      Delete