Search This Blog

Thursday, September 27, 2012

Fablehaven 5, Keys to the Demon Prison

  Judul  : Fablehaven 5, Keys to the Demon Prison
  Penulis : Brandon Mull
  Penerbit : Shadow Mountain, Salt Lake City, Utah
  Tebal : 416 pages, 2010
  



Seri yang benar-benar memuaskan, begitulah pendapat saya ttg 5 seri fablehaven ini. Plotnya begitu meliuk-liuk, penuh dengan aksi dan mahkluk2 fantastis, susah sekali menebak plotnya. Bahkan, dengan mengutip sinopsisnya sendiri akan menghasilkan spoiler kejam yang pasti akan dikritik habis-habisan oleh para penggemar yg belum membacanya. Seri terakhir ini belum diterjemahkan ke B indo (saat saya menulis review ini) sehingga jika diceritakan alur ceritanya, pasti pada mencak-mencak. Karena twist dan belokan mendadak pun sudah muncul di awal-awal cerita. Musuh jadi teman dan teman jadi musuh, yang dikira sudah mati ternyata masih hidup, dan yang dikira musuh tersulit ternyata adalah kawan paling karib.

Dari segi cerita, tampaknya seri kelima ini akan menjadi yg paling tebal mengingat ceritanya yang begitu padat. Dari halaman ke halaman, penuh dengan aksi dan pertarungan, perebutan kelima artefak antara Ksatria Bintang Fajar dan Perhimpunan Bintang Malam. Pembaca juga akan dipuaskan dengan penggunaan kelima artefak yang benar-benar diobral habis-habisan dari seri ini.

Sedikit plotnya saja, Seth, Kendra, Mara, tanu, Trask, dan Vincent pergi ke suaka rahasia di Australia, di mana pusaka keempat disimpan. Mereja menjelajahi batu obsidian raksasa yg byk dipuja suku aborigin. Ternyata, suaka itu juga telah jatuh ke tangan musuh karena mereka langsung disambut serangan dari Mirav dan Torina. Pertempuran berlangsung sangat seru, dan ini baru yang pertama. masih akan ada banyak lagi pertempuran di halaman2 berikutnya.

di seri kelima ini, artefak terakhir juga ketemu, yakni ****** yg ternyata sudah dikuasai oleh Sphinx ... dia rupanya bersembunyi di suaka rahasia kelima. Aduh, mau bikin reviewnya susah ...banyak spoiler pasti hahaha

Membaca Fablehaven mungkin akan menimbulkan banyak pertanyaan bagi para pembaca yang kritis, mengapa penyihir bisa menciptakan Chronometer yang dpt memanipulasi waktu, mengapa Translocator yang bisa memindahkan max 3 orang itu hanya bisa memindahkan orang ke tempat yang ia kunjungi, mengapa mantra perlindungan itu bisa tetap bertahan walaopun ribuan tahun berlalu ...bla bla bla banyak sekali pokoknya. Tapi, mending jgn jd pembaca yang cerewet saat membaca seri ini. Just enjoy, relaks dan nikmati keseruan yang ditawarkan.

Buku ini menawarkan perjuangan yang berat, tapi dengan imbalan yang memuaskan. Awalnya, mungkin agak suram dan Ksatria Fajar seolah hampir runtuh, tp percayalah ... dalam perang epik di bab-bab terakhir, seluruh tokoh akan menampilkan perjuangan yang luar biasa, bahkan Doren dan Newwel pun ikut berperang.

Mengakhiri membaca seri fablehaven seperti memberikan kepuasan tersendiri bagi benak, terutama kepuasan karena telah membaca satu cerita yang utuh sekaligus menghibur.

Bacalah, you will like it, hopely.

Testimoni para pembaca luar:

Fablehaven is exquisitely plotted. Mull left no questions unanswered.

This is the best novel of the series

Ayo Penerbit Mizan segera terbitkan versi bahasa Indonesianya (less)

7 comments:

  1. mau tanya dong, kalo warren masih hidup? dia tokoh favorit saya setelah seth :-D
    udah pegel nih nunggu terjemahan bahasa indonesianya, kalo baca yang bahasa inggris, kurang mahir :-D

    ReplyDelete
  2. tawanan yang sebelumnya ada d kotak hening yang digantikan sama vanessa apakah ada d seri lima? katanya tawanan kotak hening sebelum vanessa adalah sekutu terkuat perhimpunan bintang malam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih hidup dia.. Ane beli bukunya di gramed, dia masih hidup terus kayaknya dia ada sesuatu gitu sama Vanessa:D

      Delete
  3. tawanan yang ada di kotak hening kan uda di makan sama naga yang nyelametin si kendta di buku 4, jadi di buku 5 uda ga ada lagi kayanya (soalnya blm baca). Mau tanya juga dong, ini buku versi indonya uda keluar blm si? uda ditunggu dari tahun 2012

    ReplyDelete
  4. tawanan d kotak hening skrg stingbulb nya kendra :3

    ReplyDelete
  5. beli bukunya dimana? aq cari2 kq gag ada ya?

    ReplyDelete
  6. gw download kelima2nya di dropbox format mobi

    ReplyDelete