Search This Blog

Wednesday, July 25, 2012

Kristalisasi

Judul       : Kristalisasi
Penulis   : Ami raditya dan 9 pemenang cerpen favorit pembaca
Cetakan : Pertama, 2012
Penerbit: Gramedia










Sepuluh kisah terpilih dari sepuluh penulis pilihan. Satu buku, dengan 10 warna yang masing-masing adalah berbeda, tapi kesemuanya menampilkan setiap sisi yang luar biasa dari semesta Vandaria. Sebuah semesta rekaan karya anak bangsa yang terbukti begitu dicintai begitu rupa, sehingga menghasilkan aneka hikayat dan legenda menakjubkan yang mewarnai sekaligus mengisi lini masa di bumi Vandaria. Jika Anda masih bingung dengan seri Vandaria ini, atau hendak bertanya apa dan mengapa ini dan itu terjadi di Vandaria, maka Kristalisasi adalah awal yang tepat sebelum Anda memasuki dunia Vandaria, dan ikut mengkristal di dalamnya—seperti 10 penulis kisah dari buku ini.

Kristalisasi adalah kumpulan cerita dari para penulis yang ceritanya telah terpilih oleh pembaca. Kesepuluhnya adalah yang terbaik dalam menampilkan sejumlah peristiwa seru yang terjadi di semesta Vandaria. Mulai dari hikayat pertempuran antara negeri Edenion dengan bangsa manusia, hingga perburuan harta karun nan melegenda, semuanya tersaji komplit dalam buku ini. Acungan jempol perlu juga diberikan pada para illustrator yang telah berjuang keras menangkap sosok-sosok fiktif dalam cerita dan kemudian mewujudkannya menjadi goresan-goresan ilustrasi yang mampu bercerita. 

1. Bisikan Sang Angin
Disetir dengan seru sekali oleh adegan peperangan. Para maniak game dan cerita fantasi dengan setting laga pasti akan menyukai ini. Pertempuran digambarkan begitu rupa dan detail, dan kemudian dibumbui kisah “simpati” dari seorang musuh kepada lawannya.

2. Padamnya Bintang-Bintang Vaeran
Kisah ini adalah yang paling puitis menurut saya. Tentang penyanyi dan penyair dari seorang frameless penyihir alam nan termasyur, Vaeran, yang akhirnya dihukum oleh sang penyihir sendiri. Dari sini, kita bisa menyaksikan “kelemahan” dari bangsaa frameless yang serba-sempurna itu. Kisah ini juga memiliki kaitan dengan salah satu seri novel Vandaria Harta Vaeran karya Pratama Wirya. Lalu, apakah Melviola itu sebuah kode bagi penulis cerita ini?

3. Batu Filsuf
Seorang anak remaja harus menyaksikan betapa setiap sebulan sekali seorang anak manusia dibawa ke Kastel Deimos sebagai bahan untuk membuat Batu Filsuf. Apakah tujuannya dan bagaimanakan nasibnya ketika ia akhirnya malah menolong salah seorang anak yang handak dijadikan persembahan? Cerita ini bersetting semasa pertempuran antara negeri Edenion yang tiran dengan gabungan pasukan manusia dan frameless yang menjunjung kesetaraan.

4. Musim Gugur
Settingnya mirip dengan kisah Harry Potter (lengkap dengan menara astronomi danrumah kacanya), yakni tentang seorang murid di sekolah sihir yang tiba-tiba menyadari bahwa dirinya diikuti oleh seorang naga bening nan misterius. Apa sebenarnya naga itu? Dan apa yang ada dibalik sekolah kuno mereka? Cerita ini rupanya agak menyinggung peradaban kerajaan Hastin, salah satu kerajaan di bumi Vandaria yang muncul di buku Ratu Seribu Tahun.

5. Nyanyian Alam
Entah kenapa saya paling suka dengan kisah ini. Penulis dengan lihai mampu menyisipkan pesan tentang pelestarian hutan melalui setting cerita fantasi yang dituliskan dengan lembut sekali. Kisah ini adalah tentang seorang wanita yang dapat berbicara dengan tumbuh-tumbuhan. Tak dinyata, nyanyiannya nan merdu itulah yang berjasa menyelamatkan seisi desa dari bencana.

6. Padang Hijau Atap Merah
Cerita ini juga sangat bagus, ditulis dengan rapi dan endingnya menyenangkan. Beginilah model kisah fantasy yang saya suka, yang tetap membawa unsur muram dan ngeri namun ditutup dengan bijaksana sekali sehingga pembaca puas. Kisahnya adalah tentang seorang anak manusia yang ingin belajar sihir pada seorang frameless penyihir nan sombong. Dari cerita ini, kita bisa tahu kenapa frameless jago sekali soal sihir dan bagaimana seorang manusia (yang sebenarnya tidak berbakat sihir) bisa menjadi seorang penyihir di Vandaria.

7. Relik Agung Gallizur
Bagi pecinta cerita petualangan dan pencarian harta karun, kisah ini bisa menjadi jagoan utama. Alkisah ada tiga orang pencari pusaka yang menemukan seorang asing tengah memegang salah satu pusaka yang mereka cari. Siapakah pria asing yang mengalami amnesia dan tidak tahu siapa dirinya itu? Dan, mengapa salah satu relik agung Gallizur bisa berada di tangannya? Jadilah saksi sebuah novel yang terangkum dalam sebuah cerita, plus bonus twist yang menyenangkan di bagian penghujung.

8. Di Bawah Bulan Separuh
Kisah ini adalah yang paling muram di antara 10 cerita dalam Kristalisasi. Ditulis dengan sudut pandang orang pertama, kisah ini sukses mengobok-obok batin pembaca dengan kondisi psikologis seorang anak remaja yang terbuang. Penulis menyorot batin si anak, dan sepertinya dengan cara itu berusaha menunjukkan sesuatu yang penting kepada pembaca. Sayangnya, endingnya agak menggantung sehingga efek “memberi tahu secara tersirat” itu jadi kurang terasa geregetnya. Mau tanya: Si Anak itu sebenarnya siapa? Kasihan yang belum terlalu akrab dengan dunia Vandaria karena mereka pasti bertanya-tanya (atau saya nya saja yang terlalu telmi kali ya? hehehe).

9. Beri Kami Damai
Sang penyusun hikayat, Ami Raditya, rupanya tidak mau ketinggalan. Karyanya ini seperti mengungkapkan tujuan atau maksud dirinya menciptakan Vandaria dengan perang-perang besar di dalamnya. Secara apik, melalui peran seorang penyair yang bertugas menyemangati (atau memanas-manasi) prajurit yang hendak terjun ke medan perang. Bahwa perang itu sia-sia, hanya membawa kesedihan dan luka, itulah yang mungkin hendak ditekankan oleh sang penulis.

10. Pentagon
Karena penulisnya sama dengan penulis Takdir Elir, tentu saja kisah ini memiliki keterkaitan erat dengan buku itu. Di dalamnya, Anda yang sudha lebih dulu membaca Takdir ELir akan mengetahui masa kecil Liarra serta awal mula pertemuan dan persahabatan antara pangeran ALthor dan Pangeran Xaliber. 

Selamat kepada 10 penulis yang telah terlebih dulu membuktikan secara nyata bahwa mereka benar-benar jatuh cinta dan berhasil melebur dalam dunia Vandaria. Kisah-kisah mereka yang terkumpul dalam buku ini membuktikan bahwa Vandaria menawarkan dunia dan cerita yang tak habis-habis untuk dituliskan dan diceritakan ulang, bukti bahwa Vandaria memang benar-benar mengajak siapa saja untuk turut mengkristal dalamnya. 

2 comments:

  1. thank u dion atas ripiunya ;)
    jangan bosen2 ya

    ReplyDelete
  2. arigatu gosaimasu

    ReplyDelete