Search This Blog

Saturday, May 14, 2011

My Book

Judul                : Sumbangan-Sumbangan Karya Sains Super Dahsyat Islam Abad Pertengahan
Penulis              : Dion Yulianto & M.Saiful Rohman
Editor               : Abdul Azid Muttaqin
Penerbit            : DIVA Press
Edisi                 : I—September 2010
Tebal                :299 halaman


            “Ilmu pengobatan (niscaya) tidak akan muncul di dunia ini hingga ditemukan oleh Hippocrates, akan musnah sebelum dibangkitkan kembali oleh Galen, akan hilang berserakan jika tidak dikumpulkan kembali oleh Ar Razi, dan tidak akan berkembang sebelum akhirnya dilengkapi oleh Ibnu Sina” –De Poure

            Melihat judul buku ini yang begitu panjang, kamu mungkin akan malas untuk membacanya. Namun, sekali kamu membuka halaman pertama, dijamin isinya akan membuatmu melalapnya hingga habis (kayak kue serabi aja hehehe). Dari halaman pertama saja, kita sudah disuguhi fakta mencolok, bahwa kawah-kawah di Bulan ternyata memiliki namanya masing-masing, dan 24 di antaranya dinamai sesuai dengan nama-nama ilmuwan Muslim. Berturut-turut, kamu juga akan dibuat terngangga mengetahui bahwa kota Baghdad pernah memiliki perpustakaan terbesar di dunia, bahwa wilayah Spanyol Andalusia pernah menjadi wilayah pusat peradaban Islam yang gilang gemilang, bahwa istana dan kompleks masjid Al Hambra di Granada, Spanyol pernah menjadi salah satu tiruan 'surga di dunia’. Saking indahnya, Raja Spanyol sampai harus turun tangan untuk mencegah dihancurkannya istana ini oleh pasukan Inkusisi.


            Buku ini begitu kaya akan data dan fakta-fakta sejarah, yang entah bagaimana masih sering ditutup-tutupi sehingga umat Islam sendiri banyak yang tidak mengetahui kejayaan yang pernah dicapai oleh para cendekiawan dan ilmuwan pendahulunya. Membacanya, kamu akan tahu kalo Ibnu Sina pernah (dan mungkin masih) dianggap sebagai dokter terhebat dalam sejarah, begitu hebat hingga potret lukisan beliau, bersama Ar Razi dan Az Zahrawi bisa ditemukan turut menghiasi Katedral of Milano di Italia.  Kitab-kitab karya mereka bahkan pernah menjadi buku-buku best seller  di daratan Eropa selama beberapa abad. Columbus juga disebut-sebut berhutang banyak pada jasa para mualim muslim yang turut dalam pelayarannya menemukan benua Amerika.


            Walaupun buku ini tergolong buku sejarah, namun Anda dijamin  tidak akan bosan membacanya. Urainnya yang singkat, dipadukan dengan informasi dan kondisi terkini begitu menarik untuk diikuti. Hanya saja, mungkin ada beberapa uraian yang masih terbilang sesuatu yang kontroversial, misalnya peristiwa terbelahnya bulan, asal-usul Alchemy, dan penerbangan pertama dalam sejarah oleh seorang penemu muslim. Namun demikian, uraian-uraian tersebut masih asyik untuk diikuti. Jika kamu ingin tahu mengapa angka 1,2,3…9 disebut sebagai Arabic number, sejarah munculnya angka nol, kisah penemuan robot oleh ilmuwan muslim di abad ke-12, koin emas pertama di dunia Islam, bagaimana seorang novelis muslim menginspirasi penulisan novel The Jungle Book dan Robinson Crusoe, dan proses pembuatan sampo pertama dalam sejarah, bacalah buku ini.

Segera baca dan berbanggalah!

kover mangtaff

No comments:

Post a Comment