Search This Blog

Sunday, February 18, 2024

Adulthood is a Myth

 Judul : Adulthood is a Myth

Penyusun: Sarah Andersen



Apa arti menjadi dewasa? Menjadi dewasa adalah melakukan hal-hal yang kadang nggak banget. Sarah Andersen  dengan jenaka menggambarkan bagaimana menjadi dewasa dengan tidak bersikap dewasa. Ini kita banget! Misalnya, sudah tahu besok harus kerja dan berangkat pagi, eh malah begadang sampai jam satu. Atau, kita tau olahraga itu penting tp masalahnya kita harus "berolah raga" dan itu capek hahah. Atau, jangan banyak makan kalau mau langsing. Masalahnya, makan makanan enak itu enak! Terus gimana dong? 



Membaca kumpulan komik strip di buku ini seperti membaca apa yang ada dalam pikiran kita ketika kita sedang/hendak melakukan sesuatu (dan biasanya keduanya saling berkebalikan). Ibaratnya gini Wir, kita lagi males ngomong tapi mendadak ketemu teman lama di jalan. Apa yang bisa dilakukan? Agar dianggap "dewasa", kita harus mau basabasi dan bersikap ramah (padahal dalam hati capek dan pengen teriak).

 Memang, menjadi dewasa dan jadi orang yang lebih baik itu tidak mudah, tapi kadang itu baik buat kita ke depannya. Jadi gimana? Ya begini, dalam hidup ini memang ada hal-hal yang walau kita tidak suka tapi kita cuma harus menjalaninya saja--mau tidak mau. 

Anggap aja gambar - gambar di buku ini sebagai pelampiasan sementara untuk rasa kesal yang muncul karena "tidak menjadi diri sendiri" ketika kita bersikap dewasa. Jadi dewasa itu mitos? Bisa jadi. Tetapi, buku ini dengan kocak menggambarkan kalau kita bisa tetap menjadi dewasa dengan tidak terlalu serius.



No comments:

Post a Comment