Search This Blog

Wednesday, September 27, 2023

More Weird Things Customers Say in Bookshops

 More Weird Things Customers Say in Bookshops
Penulis: Jen Campbell
Illustrator: Brothers McLeod
Tebal: 128 halaman
Terbit: April 18, 2013
Penerbit: Constable

 


CUSTOMER: I’m looking for a book for my son. He’s one of these weird people who still like the paper ones.

Masih seperti buku pertama, banyak cerita dan kejadian lucu, unik, aneh, hingga menyebalkan di toko buku. Mirip seperti buku kumpulan curcolan admin dengan berbagai komentar warganet yang dibukukan, hanya saja ini di toko buku. Entah kenapa, masih lucu buku pertama meskipun kejadian dan cerita di buku ini lebih banyak dan lebih bervariasi. Cuma rasanya ada beberapa cerita yang sengaja ditambahin agar jadi lucu seperti itu padahal aslinya mungkin tidak seperti itu. Kayak hobi banyak dari kita: suka menambah-nambahi. Tetapi walau begitu, buku ini cukup menghibur generasi yang pernah muda di toko buku, pernah dan masih menyisihkan waktu setiap minggu ke toko buku, atau menjadikan toko buku sebagai tempat tujuan ketika gabut dan tidak tahu harus ke mana. Toko buku bagi banyak orang memang senyaman itu. Tapi mungkin tidak selalu begitu buat kasir atau pemilik toko buku sebagaimana ditulis di buku ini.

CUSTOMER: If I had a bookstore, I’d make the mystery section really

hard to find. (Anonymous)

Seperti kebanyakan toko, kita akan menemukan beragam orang dan pelanggan yang berkunjung ke toko buku. Permintaannya pun aneh-aneh, mengingatkan saya pada betapa randomnya warganet dan follower beberapa tahun lalu. Seorang pelanggan hendak meminjam buku ke toko buku, pelanggan lain pengen meet and greet dengan JRR Tolkien, ada juga yang masuk ke toko buku tapi berikrar kalau dirinya bukan pembaca buku. Kisah tentang buku Fifty Shades of Gray banyak muncul (kejutan!). Salah satunya, alasan kenapa orang tidak mau membeli buku bekas atau secondhand untuk buku ini. Kenapa hayo? Banyak juga celetukan-celetukan yang sepertinya konyol tetapi kalau dipikir, iya juga ya. Tapi, ya memang seperti buku-buku yang beragam, begitu juga orang yang berkunjung ke toko buku.

"CUSTOMER (holding up a book): What’s this? The Secret Garden? Well, it’s not so secret now, is it, since they bloody well wrote a book about it!

Mungkin tidak semua cerita lucu, tetapi kisah-kisah ini saya yakin punya kaitan dengan kita yang pernah dan masih dekat dengan kunjungan ke toko buku di era gempuran toko buku daring yang semangat live tiap jam delapan malam. Salah satu yang lumayan, ketika seorang pelanggan menyerobot antrean di kasir hanya untuk bertanya: "Di sini ada buku tentang etika nggak ya?"

"CUSTOMER: Do you have Harry Potter and the Prisoner of

Abracadabra?"

 

"CUSTOMER: Do you have the new Lady Gaga book by Terry Pratchett?

BOOKSELLER: ..."

NB: The author of this book would probably be shocked if I told her there are some bookstores in Yogyakarta that provided groceries and fresh vegetables at their counter.

No comments:

Post a Comment