Search This Blog

Thursday, September 10, 2020

We Are Not The First

Judul: We Are Not The First

Penulis: Andrew Tomas

Tebal: 180 hlm

Cetakan: 1971

Penerbit: Bantam


Bagaimana orang zaman dahulu bisa membangun Piramida yang menjulang tanpa bantuan alat modern? Atau jangan-jangan memang ada alatnya hmm. Jalan raya yang dibangun suku Inca adalah yg terpanjang di dunia, melintasi ketinggian hingga 3000m MDPL dan masih awet dilewati truk dan bus sampai sekarang. Peta misterius karya Piri Reis yang menggambarkan daratan artartika sebelum tertutup lempeng es tebal. Mercusuar di pharos setinggi 120 m yang bertahan ratusan tahun. Gambar gambar misterius di dinding gua yang menggambarkan orang memakai helm astronot. Gambar menyerupai orang Eropa di dinding purba suku aborigin. Begitu banyak misteri dunia kuno yang belum berhasil dikuak.

Kita beranggapan bahwa orang zaman dulu masih primitif dan belum maju. Namun berbagai temuan kuno membuktikan bahwa manusia sudah mampu membangun peradaban yang semaju bahkan mungkin lebih maju dari peradaban modern. Sebuah bencana besar (hipotesis umum) kemungkinan menyapu bersih segala peradaban maju ini sehingga yg tersisa adalah remah-remah pengetahuan yang kini hilang. Bahkan hanya dari remah inilah, bangsa India kuno bisa membangun kota Mohenjo Daro yang serba teratur dengan jalanan yang mulus, bangsa Inca bisa membangun peradaban sosialis yang tanpa mata uang, bangsa Mesir bisa membangun monumen batu kolosal, dan bangsa Sumeria bisa menguasai ilmu hitungan.

Ini belum termasuk warisan yang diturunkan pada bangsa Yunani kuno. Pernahkah kita berpikir bahwa ada sedikit kebenaran dalam setiap kisah mitologis. Atau menurut penulis, mungkinkan kisah mitologis Yunani adalah cara orang dahulu menerima atau memahami alat-alat canggih. Jangan jangan, Icarus adalah orang kuno yang memiliki alat untuk terbang. Mungkinkah sepatu Hermes adalah alat teleportasi. Jangan jangan dewa dewi Mesir adalah manusia berperadaban tinggi yang turun dari pesawat ruang angkasa.

Lepas dari itu, ada begitu banyak keajaiban dunia kuno yang mungkin bisa dijelaskan oleh sains. Kaisar China di abad sebelum Masehi konon punya cermin besar yang mampu memantulkan gambaran organ dalam orang di depannya (sinar x pertama), ada kuil di Mesir yang patungnya bisa mengeluarkan bunyi ketika terkena sinar matahari, alat seismograf kuno yang dipahat di sebuah tebing di pantai Amerika Selatan, tiang antigravitasi di sebuah pelosok India, juga helikopter pertama yang dikisahkan dalam sebuah cerita Tiongkok dari abad pramasehi.

Semua kisah menarik ini masih diperkaya dengan sosok misterius dari dunia kuno, seperti Saint Germain yang menguasaiseni alkemi, perjalanan ke Shambala di Tibet yang menjadi pusat segala keajaiban dunia kuno, kebenaran tentang Nicholas Flammel, hingga sosok Appolonius dari Yunani kuno yang mengadakan perjalanan hingga ke India pada abad pertama Masehi. Benarkah ada peradaban maju dari dunia kuno yang kini menghilang? Yang jelas, dunia modern bukan yang pertama dalam penemuan berbagai peralatan modern. Orang-orang zaman dulu mungkin lebih dulu daripada kita. 

No comments:

Post a Comment