Search This Blog

Monday, February 17, 2020

Memahami Generasi Phi: Memahami Milenial Pengubah Indonesia

Judul: Generasi Phi: Memahami Milenial Pengubah Indonesia
Penulis: Dr. Muhammad Faisal 
Tebal: 244 hlm
Penerbit:Republika Penerbit
ISBN: 139786020822891


37651434



Generasi phi adalah mereka yang lahir antara tahun 1989 - 2000 (walah, nggak masuk dong saya wkwkwk). Anak muda dari generasi inilah yg digadang gadang akan menjadi penerus sekaligus yang akan membawa Indonesia kepada kemajuan. Hal ini mengingat pada tahun 2030 sampai 2040 Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, yakni ketika jumlah penduduk usia muda lebih banyak dari usia lainnya. Disinyalir jumlahnya mencapai 40% dari total penduduk.

Disebut bonus karena dgn banyaknya penduduk usia produktif tentu diharapkan produktivitas pun meningkat. Kemajuan berjalan cepat, dan negara bergerak dgn penuh semangat sebagaimana anak anak muda yang menjalankannya. Namun, jumlah besar jika tidak diimbangi dengan kualitas juga kurang maksimal hasilnya. Di buku ini, penulis yang juga seorang peneliti mengungkapkan berbagai pandangan dan hasil penelitiannya terkait penduduk usia muda dari generasi phi ini.

Apa itu generasi phi? Rupanya ini adalah penggolongan yang dibuat penulis untuk membagi bagi generasi ke dalam empat masa. Jika kita mengenal generasi Milenial, penulis membaginya menjadi dua yakni generasi theta dan phi. Theta adalah kita eh kita yg lahir tahun 1980an. Generasi pertama adalah Alfa yg lahir di era perjuangan kemerdekaan, sementara generasi Beta lahir selepas kemerdekaan Indonesia. Dengan demikian, kurun masa dan peristiwa sosial politik yang melingkupinya menjadi dasar pembagian generasi ini.

Kembali ke generasi phi yang saat ini merupakan pangsa pasar terbesar, buku ini menjelaskan aneka ciri dan karakter khas dari generasi phi. Ini tentu sangat berguna bagi perusahaan atau produsen atau tokoh politik atau guru dan orang tua dalam menentukan bagaimana cara terbaik untuk bisa nimbrung dan kemudian memaksimalkan potensi generasi phi yg sangat besar. Untuk pembaca generasi phi, buku ini penting untuk mengenali diri lebih dalam sekaligus membandingkan kondisi terkini dengan kondisi generasi terdahulu sehingga masing masing bisa menjadi sinergi dalam memajukan Indonesia.

Dengan judul yang masa kini banget, bisa dipahami kenapa buku ini sempat hype banget pada awal-awal kemunculannya. Pembaca ingin tahu lebih banyak tentang Generasi Milenial. Buku ini pun menemukan momen yang tepat. Namun secara isi, buku ini lebih merupakan buku pembuka untuk penelitian dan pendalaman selanjutnya mengenai generasi milenial. Beberapa solusi yang dipaparkan masih setengah matang. Cara penyampaiannya pun agak sedikit mirip kumpulan jurnal penelitian sehingga kadang akan menimbulkan rasa bosan. 

Jika Anda mengharapkan sebuah buku yang praktis untuk bisa sukses bekerja sama dengan anak milenial, buku ini mungkin kurang memuaskan. Tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana karakter mereka dan bagaimana untuk bisa mulai mendekati generasi penting ini, buku ini bisa jadi bacaan yang menarik.  

1 comment:

  1. Did you realize there's a 12 word sentence you can speak to your partner... that will trigger deep emotions of love and impulsive appeal for you buried inside his chest?

    Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, treasure and care for you with all his heart...

    12 Words That Fuel A Man's Desire Instinct

    This impulse is so built-in to a man's mind that it will drive him to try better than ever before to build your relationship stronger.

    In fact, triggering this dominant impulse is absolutely mandatory to achieving the best possible relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

    ...You'll instantly find him open his heart and mind for you in such a way he haven't expressed before and he will distinguish you as the one and only woman in the universe who has ever truly fascinated him.

    ReplyDelete