Search This Blog

Sunday, February 9, 2020

Pengumuman Pemenang Giveaway: Anjing Iblis dari Baskerville

Judul: Anjing Iblis dari Baskerville
Pengarang: Sir Arthur Conan Doyle
Penerjemah: Dion Yulianto
Penyunting: Athena
Sampul: Suku Tangan
Cetakan: Pertama, 2020
Tebal: 268 hlm
Penerbit: Noktah



Sungguh luar biasa betapa sebuah buku masih bisa memukau pembacanya ratusan tahun setelah buku tersebut dituliskan. Buku-buku Sherlock Holmes karya Sir Arthur Conan Doyle adalah beberapa di antaranya. Kita semua pasti sudah sering membaca atau mendengar sosok Sherlock Holmes yang bersama rekannya, Dr. Watson, merupakan pasangan detektif fiktif paling legendaris sepanjang masa. Bukan hanya karena kenyentrikan Holmes yang suka merokok/mengisap madat, tapi juga karena kekuatan deduksi dan kemampuannya memilah-milah informasi dan logika. 

Pikirannya ibarat sebuah mesin yang bisa disetel otomatis untuk bekerja, pun lepas  istirahat jika tidak sedang digunakan. Yang utama adalah kemampuannya melupakan semua kerumitan yang ada dan bertingkah seolah tidak terjadi apa-apa, memilah mana yang fakta dan mana yang pemanis, dan senantiasa mengedepankan logika sepelik apapun masalahnya. Keren-keren ngeselin gimana gitu, tapi memang karakter khas ini yang menjadikan Sherlock Holmes seorang Sherlock Holmes 

Dalam The Hound of the Baskervilles (diterjemahkan menjadi Anjing Iblis dari Baskerville oleh Penerbit Noktah),  Holmes ditantang untuk tetap mengedepankan logika mestipun semua fakta yang muncul seolah tidak bisa dicerna akal sehat. Kali ini, kasusnya agak bernuansa takhayul. Sebuah generasi keluarga bangsawan tua di Devonshire tengah terancam oleh sebuah kutukan kuno. Kutukan yang membuat satu per satu ahli waris keluarga Baskerville meninggal secara mengerikan. Berawal dari sebuah perbuatan nista yang dilakukan sang buyut ratusan tahun sebelumnya, semua keturunan Baskerville harus menanggung sebuah kutukan maut dalam wujud seekor anjing iblis. Sir Charles Baskerville adalah korban terbaru, dan keturunannya yang baru datang dari Amerika Utara, Sir Henry Baskerville, adalah pewaris terakhir dari keluarga itu. Keberadaannya juga terancam oleh si anjing iblis.

Sejak awal, cerita sudah bergulir menegangkan sekaligus mengagumkan. dari lembar pertama pembaca akan disuguhi kepiawaian Holmes dalam membuat deduksi. Cerita semakin menarik sekaligus mencekam ketika kutukan yang menimpa Keluarga Baskerville disodorkan kepada sang detektif. Kali ini, Holmes ditantang untuk membuktikan bahwa ada kejahatan yang sifatnya manusiawi dalam kasus ini. Ada sesuatu yang berusaha menghabisi keluarga ini, dan dia adalah manusia bukan iblis dari neraka. Holmes lalu mengirimkan Dr. Watson untuk menemani Sir Henry pergi ke Devonshire. Mereka berdua menempati sebuah kompleks rumah bangsawan yang berada di tepian rawa-rawa berkabut di padang-padang terpencil, tidak jauh dari rawa-rawa Gripen tempat si anjing iblis diduga bersemayam.

Di buku ini, sebagian kisah ditutukan lewat sudut pandang Dokter Watson. Justru inilah yang membuat ceritanya semakin seru karena pembaca diajak mengalami kengerian demi kengerian yang dialami Watson. Sulit membayangkan kisah Baskerville ini menjadi populer jika dikisahkan dari sudut pandang Holmes yang terlampau logis dan tanpa emosi. Tidak heran jika The Hound of Baskerville menjadi salah satu kisah horor klasik. Dengan rinci, Watson menggambarkan kengeriannya terhadap rawa-rawa yang memiliki jebakan maut, suara-suara mengerikan di tengah malam, hingga penjahat misterius yang suka berkeliaran di antara kabut di malam hari. Pada akhirnya, ketika misteri tersebut mulai tampak jelas, Holmes dan Watson harus berjibaku menghadapi musuh yang benar-benar tidak mereka duga. Di saat yang sama, Sir Henry Baskerville tengah terancam oleh keberadaan anjing hitam raksasa yang konon menjadi kutukan bagi keluarganya. Berhasilkan Holmes memecahkan misteri kali ini sekaligus menyelamatkan satu-satunya ahli waris keluarga Baskerville?

Kisah ini dianggap sebagai kisah penyelidikan Holmes yang paling misterius karena membawa elemen supranatural. Ceritanya bergulir sangat menegangkan, dari awal sampai akhir. Aroma misteri dan kegelapan terasa sekali dalam jalinan ceritanya, sehingga pembaca dipaksa untuk terus menerka apakah yang terjadi sebenarnya. Tidak heran jika novel ini masuk dalam salah satu cerita paling seram dalam khasanah Sastra Inggris. Dijamin pembaca akan susah melepaskan diri dari cengkeraman rawa-rawa Devonshire yang muram. Sebuah kisah misteri klasik dengan kelimpahan detail yang menakjubkan. Sttt ... berhati-hatilah jika Anda mendengar suara langkah anjing hitam misterius yang bersembunyi di balik kabut.






KUIS BUKU GRATIS

Penerbit Noktah menyediakan tiga novel Anjing Iblis dari Baskerville gratis untuk tiga orang yang beruntung. Salah satunya bisa didapatkan lewat blog Baca Biar Beken. Simak syarat dan ketentuannya berikut ini:

1. Wajib follow Twitter Penerbit Noktah dan instagram @fiksi.noktah. Boleh twitter atau IG saja, tapi kalau bisa dua-duanya.

2. Follow Twitter atau IG saya di @dion_yulianto 

3. Wajib membagikan postingan kuis ini di media sosial kamu, minimal satu kali.

4. Menjawab pertanyaan berikut di kolom komentar, cukup satu kali saja:

"Menurut kamu, daerah mana di Indonesia yang cocok dijadikan latar untuk menulis cerita horor. Sertakan alasannya ya.


PENGUMUMAN PEMENANG

Terima kasih kepada 10 peserta giveaway yang masng-masing memberikan jawaban yang panjang lebar serta detail banget. Saya jadi sadar kalau selama ini ada begitu banyak tempat mistis yang belum terjelajahi, belum digali, dan sekaligus malah bisa jadi setting atau sumber inspirasi untuk menulis kisah misteri. Semoga, makin banyak penulis lokal maupun internasional yang mengangkat wilayah di Indonesia dalam karyanya. Langsung saja, saya langsung etrpaku pada salah satu jawaban yang entah mengapa membacanya memunculkan sensasi merinding. Selamat untuk:

Nama : Yenny


Twitter : @ichbinY98

Saya akan menghubungi pemenang lewat media sosial. Terima kasih kepada teman-teman yang sudah ikutan kuis buku di blog Baca Biar beken. Untuk yang belum beruntung, kamu masih bisa ikut kuisnya di Blog Kak Nurina.  

10 comments:

  1. Nama : Riza Putri Cahyani
    Twitter : @Zhaa_Riza23
    Link share : https://twitter.com/Zhaa_Riza23/status/1226478275125370881?s=19

    Jawaban : Menurut aku sih ada salah satu desa (bahasa Acehnya Gampong) di tempat asalku yang cocok sebagai latar cerita horor yaitu Gampong Alur Jambu. Kata ayahku sih desa ini penuh cerita mistis dan kabar terakhir yang aku tau udah ditinggalkan sama penduduknya dan jadi desa mati. Sejak merantau aku gak pernah lagi main ke desa ini tapi dulu waktu masih zaman sekolah sering banget sama teman-teman main petak umpet malam-malam dan cari tempat persembunyian sampai ke desa ini. Pernah temenku hilang pas lagi main dan ditemuin esoknya di bawah pohon kapuk. Pas ditanya, dia bilang kalau dia ngeliat semua orang nyariin dia tapi gak ada yang bisa ngeliat bahkan dengerin dia minta tolong. Ayahku juga pernah pulang kerja gitu ada yang minta dianterin ke desa ini tapi katanya udah muter-muter tapi gak ditemuin desanya padahal Ayahku sering lewat sini udah hafal banget wilayahnya. Pokoknya masih banyak banget deh cerita miatis di Gampong Alur Jambu ini sampai akhirnya jadi Gampong mati kayak sekarang.

    ReplyDelete
  2. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/1226480081347858433?s=19
    Jawaban: beberapa waktu lalu aku sempet liat video tentang kota2 misterius di Indonesia. nah pas banget sama pertanyaannya nih. aku langsung kepikiran kota Saranjana yang ada di Kalimantan. kota ini gak ada di peta tapi udah tersohor sebagai kota misterius yang ditinggali para jin. cuma orang2 terpilih yang bisa kesana. yang pernah bikin heboh, pernah ada orang Saranjana pesen alat2 berat dari Jakarta. pas udah sampai dan mau cari alamat pengirim, eh gak ketemu dong karena kota Saranjana gak ada. anehnya, alat2 yang udah dipesen itu udah dibayar lunas. sebenernya gak cuma itu aja sih kejadian2 aneh mengenai Saranjana. bisa dibilang banyak banget kejadian misterius di sana. jujur, aku kepikiran andai ada kisah yang mengangkat tentang Saranjana pasti menarik. soalnya kota ini sangat misterius dan kabarnya peradabannya sangat maju.

    ReplyDelete
  3. Nama : Yenny

    Twitter : @ichbinY98

    Link Share : https://mobile.twitter.com/ichbinY98/status/1226760439964499968?p=v

    Jawaban :
    Omong-omong tentang spot atau tempat di Indonesia yang cocok buat dijadikan latar menulis cerita horor, menurutku kalau dijabarkan satu-satu mungkin akan banyak banget. Mengingat, kalau setiap tempat di Indonesia itu punya sisi horor tersendiri. Tapi yang familiar buatku ada sih di kota tempat tinggal aku di Garut, diantaranya : Leuwi jurig. Kalau dilihat dari namanya, tempat ini berarti "Sungai Hantu" dan menyimpan mitosnya tersendiri. Anehnya, tempat ini malah lebih populer dijadikan tempat wisata ketimbang latar cerita horor. Mungkin karena pemandangannya yang lumayan bagus kalau di TV.
    Selain itu, ada Gunung Gelap. Mitos yang terkenal adalah tempat ini dulunya dijadikan tempat pembuangan mayat-mayat korban penembakan misterius pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Jalur pendakian Gunung Cikuray, Gunung Guntur, dan Tanjakan Panganten.
    Dari ke sekian tempat itu daerah pedesaan memang pas dijadikan latar cerita. Selain iklim berkabut yang memberikan efek dramatis buat cerita, kalau sedang musim hujan, paling parah ada angin kencang disertai bunyi petir yang kadar kekagetannya melebihi ketika kita dengar suara orang batuk berdahak. Belum lagi listrik yang padam mendadak hampir satu perkampungan.
    Pernah juga salah satu hutan di Garut-yang aku belum tahu apa namanya- dijadikan tempat shooting buat film Rasuk-nya Shandy Aulia.

    ReplyDelete
  4. Nama: Maulana Abdul Azis
    FB: Abdul Aziz Al-Maulana

    tentu saja tempat yang paling horor adalah gunung Rinjani. bisa bayangkan? dibalik keindahan yang menyeruak, yang mengundang keingintahuan, terdapat kesakralan yang tidak mampu dipecahkan oleh orang-orang. sedari dulu, orang yang hilang di Segare Anak tidak pernah bisa ditemukan kembali karena konon segare anak langsung tembus kedalam samudera. terlebih pulau Lombok adalah pulau yang membentuk tubuh jamur. jadi ketika batang jamurnya patah, maka musnahlah pulau Lombok.

    ReplyDelete
  5. Nama: Alfath
    Twitter/FB/IG kamu: @alfari_12 (twitter)/ @alfathfr (instagram)
    Link share:https://twitter.com/alfari_12/status/1227473595523309571
    Jawaban:Jakarta. Sebagai kota metropolitan, pasti ada bagian-bagian tertentu yang dikenal menyimpan cerita mistis. Misalnya kawasan Kota Tua. Sudah banyak artikel yang memaparkan gangguan-gangguan makhluk ghaib terhadap para pengunjung. Apalagi kalau ibu kota sudah dipindah ke Kalimantan, kawasan kota tua (dan yang lain) pasti akan semakin meninggalkan kesan bersejarah nan mistis.

    ReplyDelete
  6. Nama: Puji P. Rahayu
    Twitter: @Purahayu
    Link share: https://twitter.com/Purahayu/status/1227522035334561792?s=20

    *aku sampai buka gembok buat ikutan. Haha.

    Aduh. Sebenernya kalau ditanya tempat yang pas dibuat setting horor, aku bingung. Aku memang suka novel misteri/thriller. Tapi enggak, horor :(

    Mungkin kalau disuruh milih, aku mau pilih Malang saja. Banyak banget daerah-daerah mistis di Malang. Kita ambil contoh daerah sekolah tugu di Malang. Dengan berbagai bumbu zaman kolonial, tempat ini jadi layak untuk dijadikan setting horor. Apalagi, banyak banget cerita-cerita kejadian aneh di sana. Mulai dari tangga yang menghilang, penunggu aula tugu yang misterius, dan darah di lantai yang nggak pernah bisa dihapus.

    Lumayan lah buat film atau novel tentang MOS yang serem banget di kawasan sekolah ini.

    ReplyDelete
  7. Nama: Wardani Pus
    Twitter/FB/IG kamu: @wardanipus
    Link share: https://twitter.com/wardanipus/status/1227915307634659328?s=01
    Jawaban : jawa tengah masih kental dengan leluhur2nya

    ReplyDelete
  8. Nama : Dedik A
    Twitter : @ardeto_khan
    Instagram : @deto_khan
    Link Share : https://twitter.com/ardeto_khan/status/1226629371294703616?s=19
    Jawaban : Tentu saja, tempat tinggalku, Lamongan, sangat layak dan cocok dipakai sebagai setting cerita Horror/Misteri/Thriller. Hehehe..., Lamongan, banyak menyimpan rahasia. Kalau dibuat cerita mistik, banyak legenda menarik di sini. Horror klenik tentang asal usul Lamongan hingga Joko Tingkir. Kalau Thriller, jelas punya potensi, siapa sih yg enggak kenal dengan "Trio Bom Bali" pelaku bom Bali itu asli Lamongan. Hehehe..., eh, aku bukan pendukung terorisme ya, atau mengakui bahwa Lamongan kota teroris. Tapi, kisah sejarah ini, tak mudah dilupakan. Ide tentang terorisme ini bisa kan, dijadikan cerita? Bahkan akan sangat seru. Dan satu lagi, kenapa aku lebih memantapkan diri menjawab Lamongan! Sebab kalau aku membanggakan daerah lain, sepertinya tidak etis. Wkwkwkw,.. aku harus bangga dan mengagumi daerahku sendiri, terlepas dari berbagai macam sejarah yg tersimpan didalamnya. Bagaimana pun tempatku lahir dan tinggal kalau bukan aku yg mengharumkan namanya, siapa lagi coba?

    ReplyDelete
  9. Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla
    Link share: https://twitter.com/adindilla/status/1227597575076765698
    Jawaban:
    Daerah yang kental dengan cerita horornya dan memiliki ragam cerita, serta klniknya lumayan banyak, tentu saja daerah sendiri, Cirebon. Kalau diurut dari ketenaran cerita mistisnya, Cirebon memang bukan yang paling unggul, daerah jawa sana biasanya paling kenceng.

    Hanya saja Cirebon ini jarang di angkat ke film. Kalau sekalinya dijadikan setting film, pasti akan membuat banyak orang pengen nonton karena pasti merupakan sesuatu hal yang baru.

    Misal, mengupas klenik pemilik usaha batik. Atau bahkan efek melakukan pesugihan di petilasan Pelangon (pemakaman yang masih banyak dihuni monyet). Atau soal macan yang kerap muncul saat Pelal Muludan.

    Dan keunggulan lain Cirebon sebagai setting horor, karena di Cirebon masih banyak banget bangunan lawas, yang kalau kita masuki akan kerasa atmosfir yang beda. Bikin begidik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Farah Isna Nurkamila
    Twitter/Ig : @kamila947 / @farahisnaaa (A nya 3 ya bang)
    Link share:
    https://twitter.com/kamila947/status/1228543554697383938
    Jawaban : daerah di Indonesia yang cocok buat jadi cerita horror menurut aku ya bang, yaa ini si nggak daerah yang ku sebut tapi provinsi. Menurutku prov. Jawa Timur, karena dilihat dari segi sejarah, geografis, cerita-cerita angin, karena aku sendiri nggak tau itu bener apa enggak. Jawa Timur termasuk provinsi yg punya jumlah gunung terbanyak di Indonesia, bisa dibayangkan, menurut ku gunung itu tempat yang sakral, nggak boleh sembarangan, nggak boleh sambil nyombongin diri ketika muncak, harus jaga sopan santun, dan tau diri. Yang kedua dari segi sejarah, ini lebih ke daerah. Banyak banget kota-kota di Jawa Timur yang jadi saksi bisu pembantaian, pertempuran. Yaa walaupun banyak juga kota-kota lain yang punya cerita yg sama. Di Jawa Timur contohnya Madiun, Surabaya. Dan yg terakhir aku juga belum tau ini bener apa enggak, yaitu cerita KKN desa penari. Kata mas @simpleman yg bagi cerita si ada di Jawa Timur, meski nama kotanya di tutupi.
    Menurutku itu bang, daerah yg cocok buat dijadiin cerita horror, semoga aku bisa menang GA dan dapet buku ceritanya detektif yang di kagumin sama Conan edogawa 💕 salam Sherlock Holmes 😘

    ReplyDelete