Search This Blog

Saturday, March 16, 2019

Kisah Tanah Jawa, Menguak Tabir Mistis Pulau Jawa

Judul: Kisah Tanah Jawa
Penulis: Tim @kisahtanahjawa
Editor: Ry Azzura
Sampul: Rezky Mahangga
Ilustrator Isi: Day
Penerbit: Gagas Media
Tebal: vi + 250 hlm




Tanah Jawa selalu menarik sejak dulu kala. Bukan hanya karena keindahan alamnya, tetapi juga misterinya. Seolah tidak ada habisnya misteri yang digali dari pulau tua ini, terutama terkait hal-hal mistis yang melingkupinya. Sejak zaman kolonial hingga era Jembatan Suramadu, Jawa senantiasa menyuguhkan aneka misteri yang tidak hanya membikin orang penasaran, tetapi juga malah menjerumuskan. Tidak sedikit mereka yang kemudian tersesat dengan dalih mencari kehidupan yang lebih baik ataupun semata dendam. Nafsu duniawi membuat segelintir manusia mengambil jalan yang keliru dengan meminta bukan kepada Tuhan, melainkan mahkluk-mahkluk dari golongan setan yang seharusnya kita jauhi.

Mereka yang besar di Jawa pasti akrab dengan tumbal, aji pengasihan, pesugihan, dan juga Kejawen. Buku ini memaparkan hampir semua yang sering ingin kita tanyakan (tetapi nggak jadi-jadi karena takut) tentang hal-hal mistis yang terjadi di Tanah Jawa. Dengan metode retrokognisi, para penulis @KisahTanahJawa ini mencoba menguak selubung misteri dari tumbal jembatan, kisah horor di rumah sakit, penghuni rumah tua, pocong, kuntilanak, pesugihan, asal muasal jenglot, ritual seks di Gunung Kawi, misteri Alan Roban,  penglaris, ajian jaran goyang dan semar mesem,  hingga perbedaan antara pocong beneran dengan jin yang menyamar jadi pocong. Haduh .... naudzubillah moga jangan kejadian deh. Tapi, tidak melulu horor yang disuguhkan. Buku ini semakin berbobot dengan sajian sejarah kolonial di Jawa yang dibahas dengan lumayan lengkap.

Buku ini sudah bikin merinding sejak dari halaman pertama.  Sudah lama saya mendengar desas-desus penanaman tumbal kepala kerbau di setiap proyek pembangunan berskala besar. Tetapi, tumbal kepala manusia? Sulit membayangkan betapa hal kebiadab ini masih dilakukan (walau dengan diam-diam) di abad 21 ini. Dalam bab pertama, Napas Tiang Pancang, pembaca diajak menerawang proyek pembangunan berskala besar di Jawa. Diantaranya adalah pembangunan jembatan kereta api yang melintas di atas Sunga Serayu, Terowongan Lampengan, dan Stasiun Tugu. Dalam setiap pembangunan, selalu ada yang dikorbankan,. Hati ikut teriris membaca kebiadaban segelintir manusia yang dengan teganya mengorbankan manusia lain yang tidak bersalah sebagai tumbal agar pembangunan jembatan bisa berjalan lancar tanpa adanya gangguan dari mahkluk gaib.

Bagi pembaca yang suka wisata kuliner, bab Penyedap Komposisi Dosa mungkin akan terasa kurang mengenakkan. Tetapi, tidak ada salahnya kita berhati-hati dalam menyantap makanan karena tidak semua pedagang makanan memiliki sifat jujur. Masih ada juga yang menghalalkan segala cara agar dagangannya bisa laris. Salah satunya, dengan bekerja sama dengan mahkluk gaib untuk menarik pelanggan. Caranya bagaimana? Cukup menjijikkan sebenarnya, di antaranya dengan media ludah pocong atau dengan mencemplungkan celana dalam bekas dipakai pada kuah makanan. Konon, makanan yang dibeli  di warung yang menggunakan pesugihan ilmu hitam seperti ini akan terasa kurang enak jika dibungkus atau dimakan di rumah. Di bab dua ini, banyak hal tentang ilmu penglaris dibuka untuk pembaca agar kita semua waspada.

Sesuai judulnya, Harta Berujung Petaka, bab 3 membahas tentang ilmu pesugihan. Dalam upayanya menjadi sukses dan kaya raya, tidak sedikit orang yang menggunakan jalan pintas dengan meminta kepada mahkluk gaib. Ini yang kemudian kita kenal sebagai pesugihan. Bab ini mengulas cukup rinci tentang sejumlah pesugihan populer macam babi ngepet, nyi blorong, gunung Kawi, dan Jembatan Setan. Selanjutnya, tentang tentang ajian pengasihan dan ilmu pelet dibahas lumayan mendalam di bab Merapal Kata Terlarang. Pada dasarnya, setiap ucapan adalah mantra, termasuk doa. Hanya saja, jika doa ditujukan pada hal-hal baik, maka mantra digunakan untuk memohon pertolongan dari mahkluk gaib. Di bab ini kita bisa membaca sekelumit sejarah ajian jaran goyang yang sangat terkenal itu. Ternyata, konon pelakunya benar-benar ada dalam sejarah. Tetapi, tentu saja setiap ajian sesat memiliki konsekuensi buruknya.

Tidak hanya mengupas kisah horor dan mistis, Kisah Tanah Jawa juga banyak mengupas perihal sejarah Jawa. Bagian paling sering diterawang adalah era 1800-an ketika Jawa masih di bawah pimpinan penguasa kolonial Belanda. Salah satunya yang paling meninggalkan jejak berdarah-darah adalah Daendels dengan proyek Jalan Raya Pos Anyer - Panarukan. Bagaimana rute legendaris ini dibangun dan berapa persisnya jumlah rakyat jelata yang menjadi korban. Tim @KisahTanahJawa berusaha menerawangnya dengan metode retrokognisi yang memunculkan hasil mencegangkan. Bagian lain yang cukup menarik adalah pembahasan tentang ilmu Kejawen dan filosofi orang Jawa. Di bab ini, dibahas juga filosofi rumah Joglo, juga makna dari sesaji atau sesajen, serta makanan Jawa. Bunga kenanga salah satunya, memiliki filosofi bahwa kita harus mengenang kebaikan para leluhur.

Beberapa misteri memang sebaiknya tetap menjadi misteri. Tetapi, tidak ada salahnya tahu sedikit rahasia dari dunia lain sebagai bentuk upaya kita menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan mengetahui, kita saekaligus bisa menghindari melakukan hal-hal yang pada akhirnya menjerumuskan kita. Buku ini mengajarkan kita untuk mawas diri karena, kita tidak hidup sendirian di Tanah Jawa ini. Ada mereka yang telah tinggal dan berdiam di pulau kuno ini jauh lebih lama dari kita. Sepantasnya kita sebagai 'tetangga yang baik' saling berusaha untuk tidak mengusik antara satu dengan yang lainnya.

6 comments:

  1. Yuk segera join di KHARISMAPOKER situs poker terpercaya, teraman dan tercepat. Pelayan terbaik dan tercepat oleh CS yang berpengalaman dan ONLINE 24 jam.

    PROMO TERBARU KHARISMA POKER:

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0,5% Setiap Harinya

    KEUNGGULAN KHARISMA POKER:

    * SEMUA BANK KAMI ONLINE 24 JAM !!
    * NO ROBOT & ADMIN
    * 100% Fair Play Member Vs Member
    * Proses Withdraw & Deposit Tercepat
    * Customer Service yang baik, ramah dan cantik.

    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :

    * BCA
    * BNI
    * BRI
    * MANDIRI
    * DANAMON

    Dengan syarat minimal deposit hanya Rp 20.000 !!

    PENDAFTARAN GRATIS HANYA DENGAN MENGISI DATA DI : http://www.kharismapoker.com/Register

    SITUS POKER ONLINE TERPERCAYA

    LIVE CHAT ; DISINI
    Telp :+85587983703
    BBM ; khpk02
    WA : +85587983703
    LINE ; khpk02


    DISINI


    DISINI

    ReplyDelete
  2. Yuk segera join di KHARISMAPOKER situs poker terpercaya, teraman dan tercepat. Pelayan terbaik dan tercepat oleh CS yang berpengalaman dan ONLINE 24 jam.

    PROMO TERBARU KHARISMA POKER:

    * Bonus Referral 20% Seumur Hidup
    * Bonus Turnover 0,5% Setiap Harinya

    KEUNGGULAN KHARISMA POKER:

    * SEMUA BANK KAMI ONLINE 24 JAM !!
    * NO ROBOT & ADMIN
    * 100% Fair Play Member Vs Member
    * Proses Withdraw & Deposit Tercepat
    * Customer Service yang baik, ramah dan cantik.

    MELAYANI TRANSAKSI VIA BANK :

    * BCA
    * BNI
    * BRI
    * MANDIRI
    * DANAMON

    Dengan syarat minimal deposit hanya Rp 20.000 !!

    PENDAFTARAN GRATIS HANYA DENGAN MENGISI DATA DI : http://www.kharismapoker.com/Register

    SITUS POKER ONLINE TERPERCAYA

    LIVE CHAT ; DISINI
    Telp :+85587983703
    BBM ; khpk02
    WA : +85587983703
    LINE ; khpk02


    DISINI


    DISINI

    ReplyDelete
  3. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete
  4. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  5. Makasih reviewnya kak. Pengen beli bukunya tapi masih maju mundur, takut hahaha

    ReplyDelete
  6. Ini sepertinya komplit banget, buat yang pengen belajar dan mendalami tentang klenik dan mitos-mitos

    ReplyDelete