Search This Blog

Tuesday, May 24, 2016

Review and Pengumuman Pemenang Giveaway; Senja di Langit Ceko

Judul Buku : Senja di Langit Ceko
Penulis : Kirana Kejora
Penerbit : Dua Media
Jumlah Halaman : vi + 290
ISBN : 978-602-72707-1-8
Cover : ANS
Layout : Rio Maykha
Editor : Agus Mutaram



"Cinta itu ibarat mobil, ia tidaklah terlalu rumit. Yang menjadi persoalan hanyalah supir, penumpang, serta jalannya." (hlm. 174)

Kota Praha, Republik Ceko, merupakan sebuah kota monumen yang hampir seluruh bangunan di kawasannya antik. Berjalan di kota ini ibarat menyusuri bangunan-bangunan museum (bahkan meskipun bangunannya bukan bangunan museum) karena sedemikian indah serta artistiknya. Di kota seribu kastil inilah sebuah kisah cinta antara Senja Rinjani dan Bumi Saujana mekar bersemi serta mencapai puncak dari romantisme dua pasang hati. Seorang novelis dan ilmuwan cerdas yang semula rekan debat kemudian bertumbuh menjadi kawan karib sehingga akhirnya hubungan keduanya dipersatukan oleh ikatan pernikahan. Praha menjadi tempat pilihan bulan madu keduanya, selain untuk membuktikan romantisme kota tua ini juga sekaligus untuk mencari ayah kandung Bumi yang di eksilkan oleh negaranya sendiri.

"Cinta ... ia hanya bisa dirasa tak bisa kita tahu bentuknya kecuali mengikuti wadahnya saja."(hlm. 23) 

Sebagai seorang yang cerdas, Bumi cenderung kaku dan dingin saat berpacaran dengan Senja. Inilah yang membuat Senja greget banget sama cowok itu. Kalau istilah zaman sekarang, 'Dasar cowok nggak peka!'  Karena itulah, setelah menikah, Bumi sepertinya hendak membayar semuanya itu dengan sekuat tenaga berusaha romantis membahagiakan Senja. Dipilihnya seorang pemandu, Sam, seorang bule yang ternyata fasih berbahasa Indonesia, untuk menyiapkan segala keperluan selama di Praha. Senja sampai klepek-klepek terharu melihat betapa suaminya telah bersusah payah menyiapkan segala romantisme dunia untuk mereka berdua. Namun, ada alasan lain di balik segala kebahagiaan itu, sebuah ending yang mengejutkan telah menanti di penghujung cerita. Secara cerita, romantisme di buku ini terlalu pekat buat saya. Saya kurang suka dengan sosok Senja yang di pertengahan hingga akhir kok berubah menjadi--maaf--terlalu manja. Namun begitu, saya sangat menyukai segala tentang Praha dan Ceko di buku ini, mulai dari Jembatan Charles nan masyhur itu hingga Katedral St. Vitus.

“Senja, selama mata kita diberi kesempatan untuk memandang, gunakan dengan baik, untuk menangkap kebenaran. Demikian dengan telinga, bibir, dan hati, karena kita tak pernah tahu batasan waktu kita di bumi.” 

Hal lain yang sangat saya sukai di buku ini adalah penulis juga mengulas tentang tokoh-tokoh sastra, di antaranya Vaclav Havel, mantan Presiden Ceko yang juga seorang sastrawan dan penulis. Satu lagi, Praha tak bisa dipisahkan dari penulis legendaris Franz Kafka, yang menulis karya monumental Metamorfosa. Banyak sekali hal-hal unik tentang penulis besar ini di buku ini sehingga saya tergerak untuk mulai berani membaca karyanya.

Semua manusia dilahirkan bebas dan sama dalam martabat dan hak." (hlm. 82)

Novel yang terinspirasi kisah nyata ini ibaratnya adalah catatan perjalanan yang kemudian didramatisasi sehingga masih terasa banget aroma 'brosur perjalanannya', terutama ketika karakter-karakternya menjelaskan tempat-tempat menarik yang ada di Praha. Sungguh sangat disayangkan karena cara berceritanya jadi seperti membaca brosur, seharusnya penulis bisa mengolahnya lagi sehingga dapat menyatu dengan cerita. Selain itu, novel ini tidak diedit dengan baik. Sesekali masih saya temukan salah ketik serta kalimat-kalimat yang berpanjang-panjang padahal harusnya bisa dirapikan. Seandainya dirapikan lagi, saya yakin novel ini bakal bikin pembaca jatuh cinta sama kota Praha.


Pengumuman Pemenang Giveaway


Dan, satu buku "Senja di Langit Ceko jatuh kepada:
 
Nama: Hapudin
Twitter: @adindilla
 
Selamat kepada pemenang. Akan segera saya colek di DM twitter ya. Terima kasih buat teman-teman lain yang sudah ikutan.

23 comments:

  1. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Kabah, di Mekkah. karena Kabah adalah pusat peribadatan umat islam di dunia dan cinta adalah juga pusat segala rasa. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Kabah. sekali lagi.. ia adalah Kabah. Kabah adalah bangunan bersejarah yang dihormati dari tahun sebelum masehi pada tahun sebelum hijriah sampai nanti di akhir zaman. Simbol keagungan cinta... para pecinta ,para Hamba Hamba Tuhan di dunia. Siapapun setiap muslim di dunia pasti mengingibkan untuk dapat pergi ke Mekkah dan berada di Kabah.. bangunan yang diberkahi dan penuh sejarah.


    twitter @wulanchayaank

    ReplyDelete
  2. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Kabah, di Mekkah. karena Kabah adalah pusat peribadatan umat islam di dunia dan cinta adalah juga pusat segala rasa. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Kabah. sekali lagi.. ia adalah Kabah. Kabah adalah bangunan bersejarah yang dihormati dari tahun sebelum masehi pada tahun sebelum hijriah sampai nanti di akhir zaman. Simbol keagungan cinta... para pecinta ,para Hamba Hamba Tuhan di dunia. Siapapun setiap muslim di dunia pasti mengingibkan untuk dapat pergi ke Mekkah dan berada di Kabah.. bangunan yang diberkahi dan penuh sejarah.


    twitter @wulanchayaank

    ReplyDelete
  3. Nama : Asri
    Link share : https://twitter.com/princessashr/status/734931673213591554
    Akun twitter : @princessashr

    "Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu? Sertakan juga alasannya ya."

    Taj Mahal. Karena itu bukti cinta seorang suami kepada istrinya yang wafat. Walaupun istrinya wafat, namun cinta suaminya tak luntur.

    ReplyDelete
  4. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Candi Prambanan. Sebuah kisah pilu tentang cinta seorang arjuna kepada putri cantik yang tak terbalas mengiringi pembangunan candi. Hikmah yang dapat diambil dari kisah ini yaitu jangan menghalalkan segala cara untuk memenuhi keinginan tersebut seperti bekerjasama dengan jin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. twitter : @keyminoz
      https://twitter.com/keyminoz/status/734953775673151495

      Delete
  5. Jika Cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia maka dia adalah Menara Eiffel. Tempat dimana cinta setiap orang tertuju pada nya. Tempat dimana pasangan berbondong" untuk pergi kesana, berfoto dengan nya, dan menikmati keindahan nya. Tempat dimana banyak orang mengatakan bahawa ia adalah tempat paling romantis di dunia ini.

    Twitter. @awalia_sh

    ReplyDelete
  6. Novel ini pasti memikat untuk mereka yang mengharapkan romantisme di usia pernikahan. Mungkin, ada beberapa hal romantis yang bisa dijiplak. pernyataan yang gaya berceritanya menjadikan pembaca seprti membaca brosur, membuat saya penasaran separah apakah pilihan penulis menggunakan tipe menulis begitu.

    Nama: Hapudin
    Twitter: @adindilla

    jawaban; Boldt Castle, terletak di New York. Kastil ini sengaja dibangun oleh George Boldt untuk dipersembahkan kepada istri tercinta, Louise. Setahun sebelum pengerjaan kastil ini selesai, sang istri meninggal dunia di usia 41 tahun. Pukulan yang berat bagi George. Dan karena rasa sedih yang mendalam itu, pembangunan kastil ini tidak dilanjutkan.

    Namun jangan salah, sekarang ini bangunan kastil tersebut ramai dikunjungi dan dianggap bangunan romantis. Nilai romantis tersebut dipandang dari cerita yang melatarbelakangi dibangunnya kastil tersebut. Bahkan, kabarnya kastil ini kerap digunakan untuk melangsungkan pernikahan. Dengan harapan, kisah romantis pasangan George dan Louise akan menciprat kepada pasangan pengantin.

    ReplyDelete
  7. Twitter : @budiantyab_
    Link share : https://twitter.com/budiantyab_/status/734974943847284737


    "Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu? Sertakan juga alasannya ya."

    Monumen Lady Raffles di Kebun Raya Bogor. Sekilas monumen ini emg biasa aja. Dan orang2 yg berkunjung disana ngga begitu 'ngeh' dg monumen ini. Tapi, begitu tau ceritanya mungkin orang2 bakal nyesel pernah ngelewatin monumen ini. Monunen ini di buat oleh Sir Raffles utk mengenang mendiang istrinya. Disini ada prasasti yg isinya mengenai perasaan Sir Raffles ketika kehilangan istrinya. Sir Raffles merasa terpukul dg kematian istrinya sampai dia membuat monumen beserta prasastinya. Yang jelas monumen di buat utk mengenang cinta Sir Raffles ke mendiang istrinya.

    ReplyDelete
  8. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu?

    Monas. Karena di atas monas terdapat mahkota lidah api yang dilapisi lempengan emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menya - nyala. Sama seperti halnya cinta yang juga membutuhkann dan memerlukan sebuah perjuangan.

    Akun twitter : @dhedhea_98
    E-mail : dheanurainirachmayanti@gmail.com

    ReplyDelete
  9. Nama: Muhajjah
    Akun Twitter: https://twitter.com/pustaka_?lang=id
    Link Share:https://twitter.com/pustaka_/status/735016107304574976?lang=id

    "Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu? Sertakan juga alasannya ya."


    Kalau cinta adalah bangunan, mungkin dia adalah perpustakaan. Salah satu yang terkenal: British Library.
    Alasannya: Konon, pemilik koleksi terbanyak di dunia saat ini adalah perpustakaan yang ada di London ini. Artinya, koleksi selalu diperbarui. Seperti cinta, yang kudu selalu ada pembaruan biar nggak terasa membosankan.

    Salam kenal, semua... (^0^)/

    ReplyDelete
  10. Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah Taj Mahal, sebuah istana mahkota yang merupakan lambang cinta bernilai sejara, seni, dan budaya yang amat tinggi.
    Sejarah pembuatan yang membutuhkan waktu lama, 22 tahun, dua puluh ribuan tenaga kerja, mendatangkan arsitek ahli dan seniman, sungguh bangunan yang melambangkan cinta abadi seorang raja kepada istri tercintanya. Meski kisah raja Shah Jehan dan istrinya Mumtaz ul Zamani telah berakhir, namun kita masyarakat dunia masih bisa merasakan keindahannya lewat bangunan ini.

    @lisasent

    ReplyDelete
  11. Menurutku, jika cinta adalah bangunan, maka ia adalah Candi Prambanan. Kenapa? Candi Prambanan adalah salah satu simbol bagaimana seseorang bersedia melakukan apapun demi orang yang dicintainya, bahkan hingga meminta bantuan jin untuk melakukan sesuatu yang tidak masuk akal. Karena cinta, seseorang mau melakukan apa saja dan mampu bertahan dalam cobaan seberat apapun.

    Twitter: @sitasiska95

    ReplyDelete
  12. "Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu? Sertakan juga alasannya ya."

    Piramida Mesir.
    Karena piramida dibangun dengan susah payah berhari-hari sehingga terbentuk bangunan piramida yang megah dan kokh seperti cinta yang harus diraih dengn susah payah dan membutuhkan waktu agar terbentuk cinta yang kuat dan indah.
    Piramida juga dibuat dengan mengorbankan diri para pengikut Firaun dengan cara mengubur diri bersama raja mereka di dalam piramida. Ini saya analogikan dengan cinta yang pasti akan membutuhkan pengorbanan untuk orang yang kita cintai.
    Piramida menyimpan mumi sang pemimpin di tempat yang paling rahasia dan utama. Seperti cinta yang harus disimpan di tempat paling rahasia dan utama yaitu HATI.
    Piramida identik dengan segala misteri yang menyelimuti. Seperti cinta yang selalu berselimut mister karena sulit untuk diterka.
    Piramida selalu tampak elegan dari luar. Seperti itulah cinta.
    Piramida berdiri tegar sendirian di tengah gurun seperti cinta yang mampu berdiri tegar diterpa banyak godaan

    twitter @MukhammadMaimun

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Saya akan ibaratkan cinta dengan bangunan masjid Baiturrahman di aceh. Bangunan ini menjadi saksi bisu kekuasaan Allah atas segalanya. Saksi cinta Allah kepada umatnya, bahwa Allah maha segalanya, disaat bencana yang Allah berikan, dia menunjukkan cintanya, menyelamatkan 9 orang yang ada di masjid itu. Yang salah satunya adalah seorang bayi. Yang belum tahu apa-apa soal dunia. Agar kedelapan orang yang selamat bisa menceritakan kepada umatnya yang lain bagaimana kronologi kedasyatan tsunami aceh. Sungguh besar kekuasaan Allah, dengan caranya yang tidak dapat diduga, dari sejauh mata memandang, masjid Baiturrahman masih berdiri kokoh. Sungguh cinta Allah luar biasa, Allah berusaha menjelaskan bahwa dunia ini hanya ilusi dan yang abadi adalah menuju jalan yang benar kepada-Nya. Dia menyayangi umatnya, dan bencana itu hanya untuk menyadarkan umatnya untuk kembali ke jalan hidup yang benar. Karena cinta yang benar adalah yang diridhoi oleh Allah. Yang dapat saling mengingatkan akan perintah Allah. Agar bisa sama-sama bahagia didunia dan diakhirat.

    @Juliakartika326

    ReplyDelete
  16. @chynrm

    Great Wall in China.

    Tembok yang dibuat demi pertahanan perang dari musuh. Sebuah perisai raksasa demi melindungi rakyat yang dikasihi. Wujud sebuah kepedulian dan cinta dari sang raja kepada rakyatnya agar semua dapat merasa lebih aman. Tidak hanya karena alasan personal, melainkan persembahan kepada orang banyak. Bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan demi keselamatan bersama.

    That is love. Cinta akan membuat kita berusaha selalu melindungi karena rasa sayang yang berlimpah kepada orang-orang yang dikasihi.

    ReplyDelete
  17. Humaira
    @RaaChoco

    "Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan apakah itu? Sertakan juga alasannya ya."


    Ka'bah
    Ini bentuk nyata cinta dalam sebuah bangunan. Telah berdiri ribuan tahun yang lalu hingga sekarang. Tak mudah dalam pembangunannya, pernah diserang saat perang, lalu dibangun lagi. Bukan kah cinta itu suci, dan ini tempat paling suci nomer satu yang ada di muka bumi. Lalu setelahnya, masjid-masjid yang ada di seluruh dunia. Cinta bukan hanya sekedar pada pasangan atau lawan jenis. Cinta yang utama adalah kepada Allah Sang Pencipta Alam. Perasaan cinta saja masih diberi dan ditumbuhkan oleh Allah dalam diri untuk diberi kepada yang lain, masa berbagi cinta dengan Sang Pemberi kehidupan saja tidak mau. Cinta Allah tak perlu diragukan lagi, setiap detik kita hidup saja atas cinta-Nya.

    ReplyDelete
  18. Nama : Miftahur Rizqi
    Twitter : @MR_Laros

    Jika cinta adalah satu bangunan terkenal di dunia, maka bangunan itu adalah MASJID. karena di masjid, muslim selalu datang untuk mengungkapkan rasa cintanya kepada Allah SWT dan Rasulullah yaitu dengan Sholat. karena itu, setiap muslim memiliki perhatian dan cinta yang besar kepada masjid. Kecintaan yang besar kepada masjid akan membuat seorang muslim memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk mencintai-Nya.


    *bukan ceramah* :)

    ReplyDelete
  19. @hensus91

    Jika cinta adalah bangunan terkenal di dunia, maka cinta adalah Tembok Besar China. Karena seperti halnya Tembok Besar China yang dibangun oleh Shih Huang Ti untuk menyatukan China, cinta juga dibangun untuk menyatukan dua orang manusia dengan segala perbedaannya. Panjangnya yang 6.400 kilometer mengibaratkan perjalanan panjang yang harus ditempuh oleh dua orang asing untuk bisa menemukan cinta itu, bahkan setelah cinta itu bersatu pun masih panjang perjalanan yang harus ditempuh untuk mencapai ujung/puncak demi kebahagiaan yang abadi.

    ReplyDelete
  20. Twitter : @Fieyuu
    Jika cinta adalah bangunan terkenal di dunia, maka cinta adalah Piramida mesir.
    Karena setiap cinta yang utuh bukan hanya butuh rasa suka namun jg dibangun dengan banyak hal di antaranya peduli, setia, perhatian, mau menerima satu sama lain, dan sekian banyak lainnya yang diibaratkan sebagai bata2 pada piramida. Dimana setiap bata itu saling terikat tanpa pelekat, dan seperti itulah cinta, hal-hal tadi membuat selalu terasa dekat dan selalu kuat.
    Bahkan ketika panas begitu menyengat, piramida tetap megah seperti cinta yang tegar ditimpa masalah. Justru, panas itu yang membuat cinta selalu hangat.
    Adapun tingkatan pada piramida menggambarkan bahwa cinta pun memiliki urutan. Urutan teratas yakni cinta istimewa, cinta kepada sang Pencipta. Dan berturut di bawahnya adalah cinta kepada sesama manusia dan selanjutnya cinta kepada dunia. Dimana seperti kenyataan, tingkat bawah, ykni cinta sesama & dunia terkadang lebih dominan. Ya, maka dibutuhkan iman, Cinta yang mengantar kita menuju sbaliknya yakni puncak piramida, puncak kehidupan, yakni surga.
    Intinya cinta punya tingkatan seperti piramida. Tinggal kita yang hendaknya tau porsinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakbah. Karena kakbah merupakan pusat dari seluruh jagad raya. Cinta = kakbah sama saja dengan Kakbah = cinta. Sehingga kakbah akan mencintai dan dicintai seluruh jagad raya.

      Delete