Search This Blog

Monday, April 11, 2016

Top 5 BBI-ers Terfavorit

Sebenarnya sudah hampir nggak ikutan, namun sentilan Alvina di twitter membuat saya sadar, betapa saya harus menunjukkan apresiasi yang layak kepada para blogger yang telah menjadikan saya sebagai penimbun. Ya, kalian. Benar sekali. Kalian inilah yang telah tega menggoda saya dengan ulasan-ulasan racun kalian, sehingga membuat saya tidak ingat kalau belum beli hape baru, dan malah lebih memilih buku-buku yang kalian ulas. Dan inilah lima blogger BBI yang luar biasa racun itu saya suguhkan dalam rangka memperingati ultah BBI tercinta yang kelima





5. Ren's Little Corner

Ren ini termasuk yang paling aktif soal buku-buku baru. Walau saya sering kali harus pura-pura menutup mata dengan tebaran foto-foto cowok tangguh itu, ulasan dan info buku baru dari Ren termasuk yang saya tunggu, terutama buku-buku fantasinya--dan errr juga kuis berhadiah bukunya.

4. Mari Ngomongin Buku
Satu hal yang saya pelajari dari emak blogger yang satu ini adalah ketekunannya dalam memposting ulasan buku meskipun digondeli dua balita yang lucu kebangetan. Saya sering bertanya, kapan kiranya dia punya waktu buat baca buku karena tau-tau saja ulasannya sudah nongol di Goodreads. Ulasannya itu begitu membujuk sampai-sampai tangan ini gatal kalau nggak komen. Kepada Alvina juga saya sering curhat dan tanya-tanya soal buku-buku baru, apakah harus pinjem atau kudu beli. Kebanyakan sih pinjem ke dia akhirnya wkwkwk.

3. Fanda Classic Lit
Saya harus mengakui kalau saya adalah Sarjana Sastra Inggris yang pengkhianat. Dari 100 buku klasik Inggris, hanya baru baca tidak lebih dari sepertiganya (itupun beberapa baca versi simplified grade 2). Pertama kali bersalam sapa dengan Mbak Fanda, saya langsung teringat dosa, tentang buku-buku agung yang seharusnya sudah saya baca sejak dulu itu. Membaca blog mbak Fanda, saya seperti mengalami kegairahan kembali #haseg untuk membuka-buka buku klasik itu--yang dulu saya hindari. Saya selalu menantikan postingan buku-buku klasik di blog ini, dengan warna dan foto-foto klasiknya, sehingga saya tergerak untuk mencari bukunya di antara ratusan timbunan saya. Setelah itu, cukup dipandangi bukunya wkwkwk *dikeplak Mbak Fanda

2. Buku yang Kubaca
Inilah senior kami di BBI, sang pengulas andal yang ulasan-ulasan buku sejarahnya selalu racun bagi saya. Hampir semua buku yang diulas dalam blognya merupakan incaran saya yang juga sama-sama penyuka sejarah. Ulasan mas Tanzil yang kolektor buku-buku tentang Bandung ini selalu sarat informasi yang kaya, sehingga membacanya seperti mendapatkan hal yang baru. Selain tergoda buku baru, ulasan-ulasan suhu ini selalu menambah sesuatu yang baru kepada saya.

1. Blog Buku Helvry 
Inilah blog favorit saya, blognya Pak Korum BBI tercinta. Cobalah mampir ke blog istimewa ini, dan bersiaplah untuk membaca ulasan-ulasan yang sama kayanya dengan buku yang diulas. Bang Helvry selalu mengulas dengan riset yang mendalam. Beliau mungkin jarang posting ulasan buku, namun sekalinya posting langsung panjang dan sangat mendetail, kaya dengan data-data dan informasi yang  melimpah. Membaca ulasannya saja--bahkan tanpa harus membeli buku yang diulas--kita sudah dapat banyak. Tipe ulasannya benar-benar layak untuk dikirimkan ke media massa, tipe ulasan yang ditulis dengan detail fakta untuk mendukung opini si pengulas. Tidak hanya meracuni, ulasan-ulasan buku di blog ini selalu memberikan sesuatu kepada pembacanya. Cobalah.

Itu tadi lima blogger yang wajib disimak ulasan-ulasannya. Sebenarnya, masih banyak blog yang bagus-bagus, untuk memilih lima ini saja saya butuh waktu satu jam. Silakan teman-teman blogwalking ke www.blogbukuindonesia.com dan siap-siaplah dibanjiri dengan buku-buku yang racun banget buat dompet kita. 


 

11 comments:

  1. HAPE BARUU OH HAPE BARU KAMI MERINDUMU T_T

    ReplyDelete
  2. blog fav-nya kelas berat semua kecuali punya mbak vina yg kadang-kadang aku baca juga buku yg dia baca, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sebenarnya penyuka buku-buku berat Lis, tapi itu dulu, sebelum diracun sama BBI wkwkwk

      Delete
  3. Listnya banyak yang belum kukenal :D Kak Dion memang aslinya sekocak ini ya,, gyahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aslinya kalem kok, yuk kapan kapan ikut kopdar

      Delete
  4. Aaaak.... makasih Dion. Sekarang giliranku yg merasa berdosa karena udah lama ga bisa aktif ngeblog, hiks.... kapan timbunan kerjaan ini habis? Kapaan?? T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerjaan akan lebih mudah jika ditimbun dan ditinggal saja mbak *saran sesat

      Delete
  5. Belum pernah mampir sama sekali di blog nomor 1 dan 3. Merasa teramat kuper :')

    ReplyDelete
  6. Bang Epi emang dahsyat review2nya

    ReplyDelete