Search This Blog

Wednesday, May 20, 2015

Weird Things Customers Say in Bookshop

Judul : Weird Things Customers Say in Bookshop
Pengarang : Jen Campbell
Tebal : 128 hlm (Kindle edition)
Tahun Terbit : 2012
Penerbit : Constable

14290063


CUSTOMER: Do you have any old copies of Dickens? 

BOOKSELLER: We’ve got a copy of David Copperfield from 1850 for £100. 
CUSTOMER: Why is it so expensive if it’s that old? 


Membaca buku ini, saya jadi teringat pada buku Miminlicious yang agak-agak mirip. Aneka kisah lucu dan tak terduga yang dialami oleh sejumlah profesi tertentu, yang kadang bikin menderita si pelaku, tapi bikin ngakak orang lain yang membacanya. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah kumpulan pengalaman kocak para pemilik toko buku saat tengah menghadapi para konsumennya yang ajaib. Beragam orang, beragam pula sifat dan tindak tanduk mereka. Misalnya saja, ada pelanggan yang entah terlalu jenius ataukah kebligger karena kebanyakan baca buku filsafat ini:

CUSTOMER: Where do you keep Hamlet? You know ‘to be or not to be’? Is it in philosophy? 


Ada juga pelanggan yang masuk ke toko buku hanya untuk menunggu bus, numpang berteduh kala hujan, bahkan ada yang sampai mengira toko buku adalah kamuflase dari tempat jual beli narkoba. Sering kali, yang membuat kisah-kisah keseharian itu menjadi lucu adalah karena para pengunjung tersebut kurang tahu banyak tentang dunia 'pertokobukuan'. Ada loh yang melamar kerja ke toko buku bukan karena dia suka baca buku, tapi karena toko itu dekat dengan rumah tinggalnya. Ada juga surat lamaran dengan 'nb' yang bikin ngakak jungkel beginian:



Dear Sirs,
I am writing to see if you have any positions available at your bookshop. I really love your shop, and the personalised service I get from you when I’ve been in previously. Your shop is one dear to my heart.
I have attached my CV.
Best.
(Someone who CC’d this email to every bookshop in North London).
Ada juga pengunjung yang bertanya, seolah pemilik toko buku tahu segalanya, mentang-mentang setiap hari kerja bareng buku.

CUSTOMER: I don’t know why she wants it, but my wife asked for a copy of The Dinosaur Cookbook.
BOOKSELLER: The Dinah Shore Cookbook?
CUSTOMER: That must be it; I wondered what she was up to.


Pokoknya, baca buku ini bikin pengen ngunyah itu pengunjung. Selalu ada cerita mengesalkan di balik meja, dan alih-alih kecewa atau terganggu karenanya, mengapa tidak terhibur olehnya?

8 comments:

  1. Ide yang menarik. Hal apa pun, kalo kita kreatif, bisa aja dibukuin. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, ide-ide simpel tapi orisinal kayak inilah yang banyak dicari

      Delete
  2. Yey, dibaca juga akhirnya. Nais ripiu, Bang! So much better than me yang isinya lebih banyak kutipan isi bukunya ketimbang ngebahas bukunya sendiri. XD

    ReplyDelete
  3. judulnya aja udah bikin meringis.. klo baca buku ini ketawa nggak mas? klo ketawa aku baca deh.. heheee

    ReplyDelete