Search This Blog

Monday, November 12, 2012

Gembira Ria dan Kalap di Jogja Book Fair Nov 2012


http://m.adadiskon.com/static/promo_pics/original_10603_18199-thumb-jogja-book-fair-30.jpg


Pesta Buku kembali menyambangi kota Jogja untuk yang kesekian kalinya. Terlepas dari banyaknya pameran buku (baca: obralan parah) yang sudah sering menggoda dompet para penimbun, Jogja Book Fair 2012 ini unik dan juga sangat berbeda dari obralan-obralan buku sejenis yang sering kita liat di toko-toko itu.  Dengan tema “Buku Menciptakan Masa Depan”, ajang ini bukan sekadar sarana penerbit menghabiskan stok gudang dengan diskon yang benar-benar “rusak”, Jogja Book fair juga menjadi ajang bertemunya seluruh pelaku, penikmat, pembuat, penulis, pecinta, dan tentu saja penimbun buku eaaaa. 

Untuk moment JBF kali ini menurut saya kurang seramai JBF Februari 2012 lalu yang begitu “Jogja”. Jika di pamrean sebelumnya kita bisa melihat meniatur tugu dan juga gunungan buku, maka di event kali ini hanya ada gerbang buku dan pameran lukisan. Tapi, ada satu pemandangan menarik yang menyambut di pintu keluar, yakni becak buku. Becak berisi buku ini ibaratnya perpustakaan keliling tapi dengan dikayuh. Hebat bener ya pak pengayuhnya. Sekitar dua minggu lalu, becak ini berkeliling kota Joga dan berhenti di titik-titik tertentu agar masyarakat luas bisa ikut membaca buku-buku yang ada di becak buku ini. 

Ini foto becak buku tersebut:



Dan ini foto saya yang ganteng bersama si becak buku *dilempar ban bekas



            Kebetulan, saya dan Desty berjanji untuk mengunjungi pameran pada hari ketiga, yakni Jumat (9/11/2012) malam, bertepatan dengan bedah buku agak  Uhuk Uhuk alias Sweet Sins terbitan kantor sendiri. Sekali masuk, dua atau tiga timbunan pun di dapat, itulah motto saya waktu itu. Di samping bisa kalap, sekaligus bisa menghadiri acara peluncuran buku kantor. Jadilah saya ketemuan sama mbak Desty di panggung utama. Perlu saya jelaskan bahwa sebelumnya saya kejar tayang ke InteeshirT demi mengerjakan kaos BBI. Jadinya, janji awal ketemuan jam 6 jadi molor hingga jam 6.45.


Ini si penulis The Sweet Sins yg dipadukan sama Herlinatiens, penulis Garis Tepi


  
Baru bertemu mbak Desty, saya sudah disodorin boxset titipan mbak Peni dan mbak AS. Dewi. Dan, beliau juga menunjukkan hasil kalapnya sore itu (yang asli bikin mengiler) dari stan Yayasan Obor Indonesia. Setelah puas menyaksikan bedah buku itu, kami memulai ritual kebangaan BBI, apalagi kalo bukan muter-muter demi mencari buku bacaan (dan menambah timbunan). Ternyata, walau stan ngak sebanyak di IBF, tapi godaan yang ditawarkan sama saja besarnya sehingga mbak Desty kalap juga hihihi.

Berikut ini pemandangan-pemandangan bagus yang pasti akan membuat para pecinta buku kumat penyakitnya hihihi.
  
 
  Hah ada ya buku serebuan?

             












Yang ini tiga rebuan hmmmm

 












Nah ini hasil kalap saya




 Eh nemu buku ini juga

yang ternyata adalah buku:

 Rata2 buku di atas seharga 5k -20k, paling mahal adalah Sampar yang 33k. 

Seneng, dapat pengalaman baru, plus bisa mendapat buku bagus dengan harga rusak, itulah keindahan mengunjungi book fair.
horeeee \(^0^)/

16 comments:

  1. Wow, 13 buku!! Aku tertarik sama Odyssey sama Illiad Homernya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10k doank lo ki, tp kmaren cuma tinggal dua

      Delete
    2. SAMAAAA KYYY.... aku juga pengen... kkk

      Delete
  2. uwoow kalap beneran :D
    di sini saya sedang deg2an nunggu Indonesia Book Fair

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bingung nih, mau ke IBF apa ngakk hiks hiks

      Delete
  3. Eh.. saya kalapnya karena titipan *hiks* Yang kalap itu Ndari.. :)
    jadinya saya cuman kebagian buku Tanah Tabu @ IDR 15,000 aja.

    Btw, Agatha Christie dapat dimana? berpaan jadinya?

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. mantap kalapnya.
    mantap reviewnya #eh

    ReplyDelete
  6. keren ya, semua buku itu didapat 'hanya' seharga 135rb. Antara bersyukur dan gak terima kemarin gak mampir ke sana, huft!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya sekitar itu mbak, etapi bukannya IBF nalah lebih dahsyat mbak? *nitippppp

      Delete
  7. ehm. jadi itu penulisnya? *salah fokus

    ReplyDelete
  8. woaaahhh timbunannya coba diukur dulu nambah berapa meter yon =D yukk IBF dateng lagi donk, sapa tau bisa ketemuan...

    ReplyDelete