Search This Blog

Thursday, August 23, 2012

Neo Werewolf

Judul:Neo Werewolf
Pengarang: Ali Reza
Cetakan: Pertama, Juli 2012
Penerbit: Laksana (DIVA Presss)



Manusia serigala di Indonesia? Premis ceritanya sendiri sudah cukup menarik dan mengundang rasa penasaran. Bisakah makhluk-makhluk yang berjuluk “para putra rembulan” itu beraksi di negeri tropis seperti di Indonesia? Bagaimana cara menyatukan mitologi asli dari Eropa dan Amerika itu ke dalam setting nusantara yang notabene memiliki latar belakang budaya yang sangat berbeda? Lalu, bagaimana ceritanya manusia serigala yang buas itu bisa sampai di Indonesia? mari kita simak alurnya. Dikisahkan, Junaedi adalah seorang anak SMA yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti semacam “beasiswa studi” untuk belajar selama 6 bulan di kota kecil Vowelsville, di Amerika Serikat. Di kota ini, ia tinggal bersama keluarga Smith yang sangat baik kepadanya, yang merawat dan menjaganya seperti anak mereka sendiri.

Sementara, di kota itu sendiri tengah santer beredar rumor tentang kembalinya si manusia serigala, yang berkeliaran membunuhi mangsa di malam hari. Ternyata, masa lalu kota Vowelsville sendiri memang kelam. Nama Vowelsville berasal dari anagram kata wolves ville atau desa serigala. Dulu, pernah terjadi peristiwa mengerikan sehubungan dengan pembunuhan yang dilakukan oleh seorang eh seekor manusia serigala terhadap seorang dokter muda yang brilian. Ternyata, dokter itu tengah berupaya menemukan serum untuk mengobati temannya yang terkena gigitan werewolf. Malang, serum itu gagal bekerja dan sang dokter pun tewas dicabik-cabik oleh temannya yang keburu berubah menjadi manusia sergala. Begitu mengerikannya kejadian itu sehingga penduduk kota Vowlesville tak akan pernah melupakannya.

Lima belas tahun berlalu. Malam itu, Jun sedang mengayuh sepedanya menuju ke toko Mr. Chua karena dimintai tolong oleh Mrs Smith  untuk membelikan bahlam lampu dapur yang putus. Tepat jam 12 malam ketika Jun menyadari bahwa malam itu adalah malam bulan purnama, malam ketika manusia serigala berubah wujud. Dikayuhnya sepeda dengan bergegas ketika di tengah jalan ia menyadari ada sesuatu yang aneh. Alam tampak sepi tak seperti biasanya, dan ada bayangan berkelebat di balik pepohonan pinggir jalan. Dan sedetik kemudian, bayangan hitam itu menyambar dadanya, membuatnya terjatuh tak sadarkan diri ke aspal dengan tubuh berlumuran darah. Ia telah dicakar dan digigit oleh seorang werewolf. Beruntung ada seorang polisi yang tengah berpatroli. Ia menembaki serigala jadi-jadian itu sebelum sempat memangsa Jun.

Segera, Jun dibawa ke rumah sakit. Lukanya sangat parah dan malam harinya Jun mengalami mimpi buruk yang berkaitan dengan  darah dan bulan pernama. Paginya, ia dinyatakan sebuh karena luka-luka di tubuhnya telah sembuh dan hilang sepenuhnya. Dokter menyebutnya keajaiban medis, tapi Mr Smith dan sejumlah tetua di kota Vowelsville tahu yang sebenarnya, Jun kini adalah seorang penjelma. Ia telah menjadi manusia serigala dan Jun tidak mengetahuinya.

 Beberapa minggu setelah kejadian itu, Jun menyelesaikan masa belajar di Vowelsville. Ia harus kembali ke Indonesia. Dengan terharu-biru, ia berpamitan dengan keluarga Smith dan warga kota yang telah sangat baik kepadanya. Setting kemudian berpindah ke Jakarta, tepatnya ke Bekasi di mana Emaknya sudah menanti. Jun pun kembali ke hari-hari biasanya sebagai anak SMA kebanyakan. Pulang-pergi naik angkot, meminjam buku ke perpus, sesekali  main ke mal, dan berjalan-jalan dengan temannya. Tapi, Jun yang sekarang berbeda dengan Jun yang dulu. Di samping lebih cerdas, lebih berpikiran terbuka,  dan juga lebih tajir (ia dibekali uang saku dalam jumlah yang sepertinya terlalu banyak oleh Mr. Smith), Jun yang sekarang jauh lebih kuat dan lebih buas. Ia sama sekali tidak menyadari bahwa dalam dirinya kini bersemayam mahkluk buas yang siap menguasai dirinya saat purnama tiba.

Jun menganggap semua perubahan yang sebenarnya luar biasa itu sebagai hal yang biasa. Ia memang menjadi lebih kuat, lebih gesit, dan juga lebih pandai berkelahi. Namun, ia juga menyadari bahwa dirinya menjadi lebih gampang marah, cepat emosi, dan menimbulkan aura ketakutan pada sekitarnya. Semuanya mungkin akan tetap demikian hingga Mr. Smith dan beberapa temannya datang ke Jakarta. Peristiwa ini juga didahului oleh pembunuhan seorang profesor terkenal dari AS yg juga baru berkunjung ke Jakarta. Dia dibunuh dengan peluru perak. Sekarang, serigala yg dulu melukai Jun di Vowelsville datang ke Jakarta. Ia hendak  menantang Jun—yang saat itu belum sempurna tahapan perubahannya. Mampukah Jun melawan balik? Bagaimana dengan emak dan teman-temannya, apakah mereka juga akan menjadi korban dari manusia serigala jadi-jadian dari AS itu? Lalu, seandainya pun Jun selamat, bagaimana jika kelak ia berubah jadi werewolf dan melukai orang-orang dekatnya? Baca sendiri ya wkwkwk.

Novel kecil ini mirip dengan serial Teen wolf (yang kok ya nggak diputer di Indonesia ya?), tentang remaja yang jadi manusia serigala namun dia tidak jahat-jahat amat (ya iya donk kan tokoh protagonist). Novel ini alurnya sudah dapat, untuk karya sastra lokal novel ini terbilang cukup berani karena mengangkat mitos manusia serigala yang notabene asing di Indonesia. untungnya, si penulis cukup pandai berlogika  dengan mengubah settingnya ke sebuah kota kecil di Amerika Serikat, jadifeel­ werewolf  ala Baratnya dapat lah. Kekurangannya mungkin pada alur logika di belakang yang agak dipaksakan cepet rampung (walaupun bisa dinikmati lah) serta sejumlah bagian-bagian dalam cerita  yang tidak berkaitan dan seharusnya bisa dihilangkan. Tapi, secara overall, novel ini layak dikoleksi bagi para penggemar fiksi-dark-fantasi karya lokal.

20 comments:

  1. Simply wish to say your article is as astounding. The clarity to
    your post is simply nice and i can think you're a professional on this subject. Fine along with your permission allow me to clutch your RSS feed to stay up to date with imminent post. Thank you a million and please carry on the gratifying work.

    Also visit my site - Chestfatburner.com

    ReplyDelete
  2. Heya i am for the primary time here. I found this board and I
    in finding It really useful & it helped me out much.
    I'm hoping to provide one thing back and aid others like you helped me.

    Here is my page: chestfatburner.com

    ReplyDelete
  3. I think the admin of this web site is actually working hard for his website, for the reason that here every stuff is
    quality based data.

    Have a look at my web page :: http://chestfatburner.com/risk-factors-associated-with-gynecomastia/

    ReplyDelete
  4. Normally I don't learn article on blogs, however I wish to say that this write-up very forced me to take a look at and do so! Your writing taste has been amazed me. Thanks, very great article.

    Look at my web-site Tone your reduce chest along together using workouts and diet plan

    ReplyDelete
  5. Greetings from California! I'm bored to death at work so I decided to check out your website on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you provide here and can't wait to take
    a look when I get home. I'm shocked at how quick your blog loaded on my cell phone .. I'm not even using WIFI, just 3G .

    . Anyhow, wonderful site!

    My weblog: Carry out normal treatment options work with " moobs " sufferers?

    ReplyDelete
  6. It's great that you are getting ideas from this post as well as from our argument made at this time.

    Here is my web-site :: How could i identify gynecomastiain your own home?

    ReplyDelete
  7. It's great that you are getting ideas from this article as well as from our argument made here.

    My web-site ... Experiencing moobs? Understand how to discuss it with your medical professional

    ReplyDelete
  8. Great blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple tweeks would really make my blog shine.
    Please let me know where you got your design. Thank you

    Here is my webpage - chestfatburner.com

    ReplyDelete
  9. Right here is the perfect website for everyone who really wants to find out about this topic.

    You understand so much its almost tough to argue with you (not
    that I actually will need to…HaHa). You certainly put a brand new spin on a topic that's been written about for ages. Excellent stuff, just excellent!

    my web-site Abnormality withinside Age of teenage life as well as Old Age

    ReplyDelete
  10. Admiring the time and effort you put into your site and in depth information you provide.
    It's nice to come across a blog every once in a while that isn't
    the same out of date rehashed material. Wonderful read!
    I've saved your site and I'm including your RSS feeds to my Google account.


    Feel free to visit my blog Will Turmeric root extract Assist in Loosing Moobs?

    ReplyDelete
  11. I am regular visitor, how are you everybody?

    This article posted at this website is truly fastidious.


    my site; How to get rid of moobs throughout 30 days

    ReplyDelete
  12. I loved as much as you'll receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an shakiness over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this increase.

    Feel free to visit my blog post :: Utilizing surgery Regarding treating gynocomastia

    ReplyDelete
  13. What's up to all, the contents existing at this website are really amazing for people knowledge, well, keep up the nice work fellows.

    Also visit my weblog - Will certainly sporting the bra aid when you have moobs?

    ReplyDelete
  14. Howdy, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just
    wondering if you get a lot of spam comments? If so how
    do you protect against it, any plugin or anything you can recommend?
    I get so much lately it's driving me insane so any help is
    very much appreciated.

    Feel free to surf to my web blog; blog content writing services

    ReplyDelete
  15. I have learn some just right stuff here. Definitely worth bookmarking for
    revisiting. I surprise how much effort you set to create one
    of these excellent informative site.

    Also visit my web-site - asian singapore escorts
    (http://Connect4Heal.com)

    ReplyDelete
  16. It's a pity you don't have a donate button! I'd definitely donate to this superb blog!
    I guess for now i'll settle for bookmarking and adding
    your RSS feed to my Google account. I look
    forward to fresh updates and will talk about this blog with
    my Facebook group. Chat soon!

    Here is my homepage: phytoceramides nihfcu

    ReplyDelete