Search This Blog

Monday, May 2, 2011

Law of Magic

Detail Buku:



Judul               : The Laws of Magic #1: Blaze of Glory
Penulis            : Michael Pryor
Penerjemah    : Nina Setyowati
Penyunting      : Melody Violoine
Pemeriksa Aksara : Helena Theresia
ISBN                : 978-979-024-473-3
Tebal               : 554 Halaman
Harga               : Rp 79.900
Penerbit           : Ufuk
Cetakan           : I, Januari 2011


              Di masa Aubrey William, sihir adalah penjabaran dari hukum-hukum Fisika yang diikat oleh mantra-mantra yang sesuai dengan parameter yang telah ditentukan sehingga efek dan batasnya dapat dikendalikan dan diarahkan. Rumitmemang, namun itulah konsekuensi dari diterimanya sihir sebagai sesuatu yang dapat berdamai dengan ilmu pengetahuan, setelah penggunaannya yang kejam dan hitam di abad pertengahan. Inilah sihir versi termutakhir yang ditawarkan dalam novel seri The Law of Magic; Blaze of Glory karya Michael Pyor ini.

              Aubrey William adalah seorang siswa berbakat dalam sihir di Sekolah Stonelea. Yang saking berbakatnya, dia nekat melakukan eksperimen sihir maut demi menjelajahi sisi-sisi misterius dari sihir yang belum pernah diungkap sebelumnya. Sebuah tindakan yang berani, namun juga sembrono, karena kesalahan kecil. Entah dalam pelafalan suku kata mantra atau garis pentagramnya yang sedikit bercela, Aubrey hampir saja ditarik ke dunia kematian. Sejak itu, jiwanya labil dan ketika fisiknya lemah, tarikan dan sentakkan maut selalu berupaya merengut jiwa Aubrey dari tubuhnya yang lemah.

                Kondisi labil inilah yang mamacu Aubrey itu menimba ilmu sihir dan melakukan beragam eksperimen mantra demi menemukan sihir ikatan yang lebih kuat untuk tetap menyatukan jiwa dan raganya. Seakan keadaan belum bertambah buruk, muncul sesosok golem atau monster buatan dari tanah liat yang hendak membunuh Putra Mahkota Kerajaan Albion, yang juga sepupu Aubrey. Dengan bantuan George, sahabat terbaik  Aubrey, kedua pemuda itu berhasil menemukan sekaligus menjatuhkan golem hitam tersebut, tentunya dengan menggunakan kecerdasan Aubrey dalam memilih mantra dan menetapkan parameter-parameter yang sesuai.

              Setelah itu, Aubrey dan George masih harus terlibat dalam berbagai intrik politik serta pembunuhan seorang ahli sihir terkenal dari kerajaan, yang akhirnya menuntun mereka pada jalinan misteri yang jauh lebih pekat dan lebih kuat. Dari sini, yakni bagian tengah dari novel tebal ini, cerita mulai bergulir dengan cepat, melibatkan percakapan-percakapan diplomatis, intrik-intrik politik, penyamaran sebagai gembel, dan penggunaan eksperimen-eksperimen sihir asli yang belum pernah diceritakan dalam buku-buku lainnya. Aubrey dan George, serta teman baru mereka Caroline, terpaksa mengetahui kebenaran pahit dari sosok utama yang menggerakkan berbagai intrik dan kejahatan yang selama ini membayangi negara pulau Albion.

              Membaca Law of Magic; Anda akan disuguhi dengan wujud sihir yang benar-benar baru. Penulis tampaknya ingin memunculkan tipe sihir yang berbeda dari sihir tongkat ala Harry Potterataupun sihir kuno ala dewa-dewi. Dalam hal inilah novel ini pantas diapresiasi. Prior begitu lihai dalam menjabarkan sihir melalui hukum-hukum yang mirip dengan hukum Fisika. Perhatikan bagaimana Aubrey menjatuhkan si Golem hitam: Ia menggabungkan terapan Hukum Animasi dan Hukum Simpati. Karena yang mirip menjadi yang mirip maka ketika ia menembakkan senapan yang berisi tanah liat, maka gumpalan bola tanah liat juga akan mengikuti peluru yang ditembakkan ke golem yang juga dibuat dari tanah liat. Menarik, bukan?

             Hal lain paling menonjol dari buku ini adalah pembelajaran politik khas Inggris abad ke-19. Nuansa politik kerajaan begitu menguasai buku ini sehingga pembaca seperti dibuai pembelajaran dalam adat bersopan santun, kehidupan seorang politisi terkenal, dengan setting masa dan tempat yang tidak tanggung-tanggung. Halaman demi halamannya laksana buku sejarah yang terjabarkan dengan begitu runtut. Satu kata untuk novel ini, Baru!

3 comments:

  1. JIMAT CINTA, JIMAT JUDI
    JIMAT HypNotis, Minyak Cinta,
    ada di: www.dayaki.cjb.net
    ASLI DAYAK

    ReplyDelete
  2. sedang membaca novel ini untuk bahan penelitian kuliah saya.

    ReplyDelete
  3. Kenapa ya tidak ada lanjutanny?pdhl bagus banget isinya

    ReplyDelete