Search This Blog

Monday, May 23, 2016

Dongeng Merdu tentang Hati

Judul Buku : Gadis Penenun Mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang
Penulis : Gina Gabrielle
Penerbit : Nulis Buku
Tebal : 228 halaman, paperback
ISBN : 978-602-744-343-3

29941171

Perpaduan yang sangat manis antara sebuah kisah fantasi dan cerita cinta, inilah ungkapan yang pas untuk mengambarkan buku bersampul indah ini. Gadis Penenung mimpi dan Pria yang Melipat Kertas Terbang adalah sebuah cerita tentang hati yang terluka serta hati yang disembuhkan, juga tentang cinta yang menyakiti sekaligus meredakan. Dengan bahasanya nan liris, melalui novel ini, penulis seolah mengajak kita untuk sekali lagi menjadi saksi dari sebuah monumen cinta yang terwujudkan dalam sebuah kisah yang ditulis dengan sedemikian merdunya. Jika buku bisa bernyanyi, maka buku ini termasuk salah satu yang paling merdu bunyinya.

"Temanku, biar kuberi tahu sebuah rahasia: tak dikenal orang bukan berarti tidak penting." (hlm. 82)

Kekuatan utama buku ini ada pada imajinasi si pengarang yang sedemikian unik--bisa mengubah yang biasa menjadi menarik. Ini masih ditambah dengan teknik penceritaannya yang mengalun bak lagu. Kalau ada satu kata yang bisa menggambarkan, mungkin kata 'merdu' bisa mewakili novel ini. Membaca kalimat-kalimat dalam buku ini, kita seperti tengah dibuai dengan kata-kata serta kalimat-kalimat yang semanis madu namun anehnya tidak bikin eneg. Bukan hal yang aneh karena si pengarang rupanya konsisten dalam pemilihan diksi dan teknik berkisahnya, dari awal hingga akhir.  Alih-alih terasa membosankan, buku ini mampu menawan pembaca untuk terus membaca meskipun font-nya kecil dan cetakannya agak kurang tebal.

"Biar bagaimanapun juga, di dunia ini ada hukum-hukum yang cara kerjanya kurang bisa dipahami oleh akal pikiran." (hlm. 12)

Secara cerita, kisah di buku ini akan mengingatkan kita pada dongeng-dongeng dengan kastil serta hutan berkabutnya. Karakter-karakternya pun sangat dongengish dalam arti yang positif, dengan nama-nama perlambang. Kura-kura Pengembara, Gadis Penenun Mimpi, Kol. Ibri (yang berwujud burung kolibri berdasi kupu-kupu), Pangeran Landak, serta Putri Boneka. Begitu juga setting tempatnya yang walau terdengar pasaran namun digarap dengan begitu imajinatif, semacam Hutan Kabut dan Istana Masa Kini.  

"Tetapi Raja Harimau Putih kini sudah mengerti untuk tidak terlalu memerdulikan perkataan ornag lain tentangnya--mereka terlalu mudah berubah pikiran." (hlm. 154)

Dikisahkan, langit dunia mimpi mulai retak. Rupanya bukan retak yang biasa, karena retakan itu seperti memar yang semakin lama semakin meluas serta melebar sehingga memunculkan suara gemuruh dan celah besar di langit. Langit ibarat lengkung yang siap runtuh kapan saja. Runtuhnya langir dunia mimpi akan sangat berbahaya karena dunia mimpi tidak lagi terlindung dari pancaran matahari dunia yang dapat menghancurkan dunia mimpi. Kehancuran dunia mimpi akan berakibat pada hilangnya mimpi dari umat manusia.

"...Temanku, saat kau mempunyai seseorang untuk dicintai, kau akan memiliki keberanian." (hlm. 192)

Apa yang menjadikan runtuhnya langit dunia mimpi? Rupanya langit dunia mimpi sudah tidak kuat lagi menanggung harapan-harapan buruk manusia yang terus membumbung ke atas. Pikiran yang buruk, kemauan yang pesimis, dan harapan yang jelek terus memenuhi udara dan langit, membuat serta merusak struktur rapuh langit dunia mimpi. Ini diperparah dengan semakin langkanya bahan-bahan yang dibutuhkan gadis penenun mimpi untuk bisa menenun mimpi-mimpi yang baik. Padahal, untuk membuat satu mimpi yang baik, dia harus merelakan hatinya dihancurkan sebagai salah satu bahannya mimpi. Sampai kapan lingkaran setan ini berakhir? Akankah dunia mimpi benar-benar runtuh?

Saya suka dengan buku ini, sebuah kisah fantasi yang disampaikan lain dari yang lainnya. Kisahnya mungkin klise dan datar, tapi kisah ini dituliskan dengan indah, dengan merdu. Saya suka pilihan kata-kata yang digunakan penulisnya. Saya suka dengan kalimat-kalimatnya yang bersenandung merdu. Saya suka dengan alurnya yang lembut namun sangat menghibur. Saya juga suka dengan sampulnya. Andai saja buku ini melalui tahap editing yang lebih rapi, pasti akan semakin bagus.

"Untuk setiap permintaan ada jawaban. Untuk setiap ucapan syukur ada berkat yang turun menghampiri." (hlm     . 54)

5 comments:

  1. Sempat membaca reviewnya di blog tetangga dan saya justru menangkapnya akan sulit dipahami senadainya cerita di buku ini adalah dongeng. Bukankah dongeng itu cerita yang disampaikan dari mulut ke mulut. Lalu dengan bahasa yang liris dan merdu itu, bagaimana dongeng ini akan dimulai, berjalan dan diakhiri? Hehehe, hanya penilaian pribadi, soalnya belum baca bukunya..

    ReplyDelete
  2. Pengen ngutip banyak kalimat di buku ini deh. Cakep cakep gitu bikin baper

    ReplyDelete
  3. Pengen ngutip banyak kalimat di buku ini deh. Cakep cakep gitu bikin baper

    ReplyDelete