Search This Blog

Thursday, December 18, 2014

Made in Indonesia





Negeri kita ini sejatinya kaya. Kaya akan sumber daya alam, objek wisata, sekaligus kaya akan orang-orang kreatif. Salah satu buktinya ada dalam buku ini. Di dalamnya terangkum puluhan (atau ratusan) komik strip yang dirangkum serta disatukan dalam sejumlah bab sesuai dengan temanya. Total ada 36 kreator yang berkolaborasi membuat komik strip dan lalu kesemuanya digabungkan dalam satu jilid buku sehingga lebih enak dibaca dan dinikmati. Beragam komikus dari beragam genre dan latar belakang gabung dan kumpul jadi satu, menghasilkan sebuah perpaduan majemuk tapi tetap menyatu dalam bingkai satu buku, sebagaimana Indonesia yang berisi oleh bermacam-macam suku, golongan, agama dan budaya tapi semuanya tetap satu dalam bingkai NKRI.

Karena lintas genre dan gaya menggambar, pembaca harus bersiap dengan ketidakkonsistenan teknik menggambar dalam buku ini. Bagi mereka yang terbiasa membaca komik-komik manga, dengan gaya yang tetap serupa dalam satu buku, mohon jangan kaget jika menjumpai semacam gado-gado gambar dalam buku ini. Yah, namanya saja kumpulan komikus, jadi ada karya yang bisa dibilang sudah jadi dan ada juga yang masih setengah jadi. Ada yang goresannya sudah halus dan ada pula yang panelnya masih “penuh” sehingga sulit dinikmati. Tapi, bukan bagus atau tidaknya, melainkan semangat berkarya itulah yang harus kita apresiasi. Lebih baik menghasilkan komik yang masih kasar ketimbang tidak menghasilkan apa-apa.

Tema-tema dalam buku kumpulan komik ini juga bisa dibilang “Indonesia banget”. Khas karya anak-anak muda yang sering memajang panel-panel komik karyanya di media sosial. Ada tentang HUT Indonesia, trus kelakuan kita yang Indonesia banget, trus keistimewaan beberapa tempat di Indonesia, juga sindiran serta kritikan yang makjleb namun penting bagi kemajuan bangsa dan negara tercinta ini. Secara konsep, konsepnya simple tapi menghibur. Banyak yg goresannya masih kasar (beberapa panel malah padat merayap dan susah dibaca)tapi ... orisinalitas para komikus pemula yang berjuang mewujudkan impiannya terasa begitu nyata dan meluap-luap di buku kumpulan komik ini. Paling suka sama yang judul Bhinneka Tunggal Ika

Kemudian saya terpikir, daripada hanya mendapat like di media maya, kenapa tidak dikumpulkan saja karya-karya itu, lalu disusun dan dipadukan dalam satu alur yang setema sehingga bisa diterbitkan menjadi buku? Saya yakin, banyak anak-anak muda yang jago mengomik di luar sana, hanya saja mereka belum terarahkan dalam berkarya sehingga kadang karya-karya komik yang sebenarnya bagus itu tidak jarang hanya terpampang gratis di dunia maya. Si komikus kurang mendapatkan penghargaan yang semestinya (paling banter di-like-aja) sehingga kemauan untuk terus berkarya pun kurang menyala.

Para komikus yang karyanya masuk dalam buku ini adalah mereka yang telah melangkah lebih depan dari teman-temannya. Mereka berani berkarya, walau beberapa masih apa adanya. Tetapi, yang apa adanya itu sejatinya masih lebih bagus ketimbang tidak ada apa-apa. Goresan yang masih kasar akan semakin menghalus seiring banyaknya latihan. Dan, sekali lagi, bukan bagus atau jeleknya, melainkan berani berkarya, itulah yang patut diapresiasi dari penerbitan kumpulan komik ini. Dan, selain itu, masih ada bonus berupa hiburan yang lucu, nasehat sederhana namun mengena, serta hal-hal lain yang mendukung jargon bahwa satu gambar bernilai seribu kata (meskipun saya pribadi masih menyangsikan jargon ini karena sejatinya baik gambar maupun kata-kata adalah sama-sama bermakna, yang satu melengkapi yang lainnya). Selamat kepada para komikus yang karyanya turut dibukukan dalam karya ini. Sebagaimana Indonesia, kalian hebat! (Ini perasaan review komiknya malah dikit ya?)

No comments:

Post a Comment