Search This Blog

Friday, September 12, 2014

Come On Over (CO2)

Judul: Come On Over (CO2)
Penulis: Christian Simamora
Penerbit: Twigora, 2014
Tebal: xiv + 436 hlm.

ISBN: 9786027036208






Setelah membaca All You Can Eat, Guilty Pleasure, dan Come on Over (semuanya sebagai haisl meminjam, mohon dicatat ya *plak), sepertinya saya memang kurang cocok membaca atau mengikuti serial #JBoyFriends dengan pakem cerita yang seperti itu-itu melulu. Totally westernized lifestyle, bitchy but sexy, and over sixpacked mens in three books, I think is enaf for me. Gaya penulis yang senggak kreatif ini memang ok dan beda, dan sepertinya ChrisMor telah menemukan gaya menulis yang akan selamanya menjadi ciri khasnya (sebagai sesuatu yang dia bilang bilang “I discover it” in the future, nay be), yakni … ya dengan serial #JBoyFriends ini. Dengan lelaki sukses dan bertampang atletis serta wanita (yang lebih seringnya biasa), seri ini sepertinya memang cocok menjadi bahan bacaan kaum hawa ketimbang kaum Adam (Elu ya Yon, udah tau it’s not your cup of tea tapi teteup aja mau baca! Habisnya seru dan asyik sih ceritanya *ditampar lagi).

Ok, kali ini kita bertemu lagi dengan cowok kaya dan atletis bernama Jermaine yang adalah perpaduan bule Jerman dan Indo Indonesia (karepmu ki piye to, Yon? #editorgagal) dengan wanitanya adalah sebagai Tata, seorang gadis pemberontak yang seganas-ganasnya tetap deh takluk sama kodrat alam. Agak beda dikit dengan seri #JBoyFriends sebelumnya, si Tata ini ogah banget dijodohin (jadi inget Shit happens) sementara Jermaine malah sudah punya pacar. Keduanya dipertemukan saat si bule indo lagi mencari sebuah kotak music kristal di toko Kristal milik kakaknya Tata. Rencananya, kotak music itu akan digunakan sebagai wadah persembahan untuk meletakkan cincin pertunangan, iya, Jermaine pengen melamar ceweknya, sementara Tata gigit-gigit gelas kristal karena cowok incerannya sudah punya pacar. Maka, curcol jomblo sedunia pun ter RT habis-habisan.

Kenapa ya cowok sempurna itu seringnya sudah ada yang punya? (hal. 10)
Jawab saya: Iya, yang punya cowok juga *plakkk #eh hihihihi

Tapi, oh tetapi, bukan ChrisMor namanya kalau tidak bisa membuat yang biasa menjadi istimewa. Dari tangannya yang terlatih selama puluhan tahun jadi editor di Gagasmedia, sebuah tema sederhana seperti tabrakan atau cinta beda usia atau cinta bertepuk sebelah dada eh tangan pun bisa berubah menjadi romansa yang memabukkan. Saya contohnya, jelas-jelas gak suka baca romance, eh tapi rampung aja baca buku ini dalam 2 hari (padahal baca The Hobbit aja seminggu). Ini bukti bahwa ChrisMor adalah seorang peramu cerita yang jumawa. Kalimat-kalimatnya lincah dan menyenangkan. Aroma metropopnya kental banget. Dan cara dia menggambarkan dunia high class itu entah bagaimana terasa sangat nyata dan imaginable. 

Favorit saya tetap satu, quote-quote yang sungguh makjleb di buku ini. Ketidakcocokan saya juga masih sama: banyaknya tulisan yang westernized banget. Tapi, kepiawaian penulis dalam meramu cerita sudah tidak perlu diragukan lagi. Kisah cinta Jermain dan Tata ini enak banget diikuti, konfliknya emmm kurang nampol sih. Tapi, saya sangat suka sama kisah cinta Ada dan Nael, soalnya unyu-unyu begimana gitu (kayak saya *plak lagi)

Beneran lho, penulis harus segera mencari resep cerita lain yang lebih fresh atau dari sudut pandang yang lain karena semakin ke sini ceritanya kok semakin begitu begitu saja. Terlepas dari kutipan-kutipannya yang memang sangat quotable serta kepiawaian seorang ChrisMor dalam menulis cerita yang page-turner-able *haiah*, aroma bitchy, richy, highclassy, sexy, and over sixpacked men dalam novel-novel ini berpotensi membuat pembaca bosan. Saya baru membaca All U Can Eat, Guilty Pleasure, dan CO2 ... dan saya sudah bosan. Another refreshment story would be warmly welcomed. Sukses ya buat penulisnya. 

5 comments:

  1. Itu paragraf awal sambil ngantuk ya mas? banyak banget typonya?? :p

    ReplyDelete
  2. Mungkin mas Dion masih terpesona ChrisMor :D

    ReplyDelete
  3. ada yang tau ga bisa download ebook atau pdf novel2 Christian simamora, aku dah beli semua bukunya, tp mau simpen di hape biar bisa dibaca pas lagi diperjalanan hehehe.. thanks ya

    ReplyDelete