Search This Blog

Wednesday, August 28, 2013

Judul Buku Ini Rahasia

Judul                     : Judul Buku Ini Rahasia
Pengarang          : Pseudonymous Bosch
Penerjemah       : Susan Meliana Husen
Terbit                    : 2011, 330 halaman
Penerbit              : Elex Media Komputindo

http://d202m5krfqbpi5.cloudfront.net/books/1307672286l/11653736.jpg

Dari awal, judul buku ini saja sudah bikin penasaran. Ini, ditambah dengan sampul yang agak ribet alias bolong di tengah serta nama penulis yang menyerupai anonim, entah ini nama asli atau bukan, tapi sepertinya bukan. Untungnya, covernya bagus (lebih tepatnya indah-elegan) untuk dilihat sehingga tidak membuat buku ini semakin aneh (dalam arti nyentrik). Lihat juga bab satu, pasti bikin garuk-garuk tembok sambil bilang “errrr.” Judul Buku ini Rahasia sempat saya bawa ke rumah nenek pas mudik lebaran kemarin, dan buku ini memang WOW karena langsung mendapatkan perhatian dari sepupu-sepupu dan om-tante yang jarang banget perhatian sama buku yang saya miliki. Biasanya mereka cukup berkomentar, “Buku lagi buku lagi!” Tapi, kali ini komentarnya agak lain, “Ini buku apa?” “Ini bukunya siapa?” yang diikuti dengan acara buka-dan-penasaran-kemudian-letakkan. Mau tahu komentar mereka? “Buku ini gila”, “Penulisnya koplaks”, “Buku yang unik.”

Judul Buku ini Rahasia (sebagaimana judulnya yang aneh) juga memiliki karakter yang aneh-aneh, Dua karakter utama adalah Cass (yang seorang murid survivalis alias tipe anak Pramuka sejati) dan Max-Ernest (yang selalu berpikiran terlalu logis). Keduanya sama-sama anak yang unik, mungkin sedikit mendekati kurang umum. Tipe anak yang suka bertingkah konyol atau nyentrik tetapi sebenarnya mereka pandai. Max-Ernest (namanya terdiri dari dua suku kata untuk alasan yang bakal bikin pembaca geleng2 kalau saya jelaskan) memiliki pola pikir yang sangat faktahoid dan logikaisme, semuanya diukur dan ditimbang termasuk akibatnya. Bahkan saat membuat lelucon pun ia tetap pakai logika, yang ini mengakibatkan teman-temannya jarang tertawa saat mendengar gurauannya. Sebaliknya, Cass adalah tipe anak yang spontan dan cekatan, selalu to the point meskipun ia juga dianggap aneh karena sering memprediksikan bencana yang tak pernah terjadi. Dua karakter yang tak terlupakan sesungguhnya, namun masih ada karakter lain yang lebih menonjol.

Secara cerita, novel ini kurang terlalu menantang, lebih mirip versi modern dari serial Lima Sekawan. Mereka menemukan sebuah kotak misterius yang bernama Simponi Bau-Bauan, berisi aneka aroma dan wewangian, di sebuah rumah seorang pesulap yang dikatakan sudah meninggal. Tanpa disangka, ada pihak lain yang juga mengincar kotak itu. Tidak berapa lama, Benjamin Blake salah satu teman sekolah mereka juga menghilang dan keduanya menduga bahwa Spa Matahari Tengah Malam (yg juga mengincar kotak simfoni bau-bauan) sebagai dalang dibalik pertistiwa ini.

Blake sendiri adalah seorang anak dengan kemampuan di atas rata-rata. Ia mengalami disorientasi persepsi sehingga dikatakan kalau ia bisa mendengar gambar dan melihat suara. Gambar segitiga bagianya bisa beraroma kue manis sementara suara seseorang seperti asap kelabu. Keistimewaan inilah yang kemudian menjadikannya seorang siswa berbakat dalam lukisan abstrak. Sayangnya, kelebihan ini juga membuat nyawanya terancam. Ia diculik oleh orang-orang aneh untuk dijadikan sebagai bagian dari ritual kuno berusia ribuan tahun. Dan, Cass dan Max-Ernest harus saling berjibaku demi menyelamatkannya.

Kelebihan buku ini adalah kualitas kejutan-kejutan di dalamnya, bukan di cerita. Ceritanya mungkin sederhana dan klise, namun Anda akan menemukan berbagai hal unik dalam lembar-lembarnya, mulai dari font yang berbeda-beda, spasi antar kata yang mengikuti celotehan di tokoh, settingan halaman yang jungkir-balik, judul-judul bab yang bergambar, halaman yang kosong, hingga anagram dan teka-teki yang seru. Bagian akhirnya, oh ya, bersabarlah sedikit saat membaca bab terakhir karena ada sedikit kejutan di sana. Pokoknya, bersiaplah untuk mengalami pengalaman baru dalam membaca lewat buku ini. Nikmati saja, dan ikutlah larut di dalamnya, dan Anda tidak perlu senewen lagi dengan segala kenyentrikan buku ini.



1 comment:

  1. Baru ngeh kalo udah diterjemahin... :O
    Udah lama pula...di bukabuku juga udah out of print..
    mas dion dapet drmn? maulaaah.. >_<

    ReplyDelete